OUR NETWORK

Melihat Keindahan Gunung Lawu Dari Bukit Mongkrang

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Pesona Jawa Tengah memang seakan tidak akan pernah ada habisnya. Karena, selalu saja ada kawasan yang menarik untuk dijelajahi. Seperti halnya, pesona Bukit Mongkrang yang menawan. Tempat yang paling pas menikmati pesona Gunung Lawu, selain itu bisa juga digunakan untuk para pendaki pemula belajar naik gunung.

Waktu terbaik untuk mendaki kawasan ini adalah bulan Mei sampai dengan Agustus. Pesona bukit Mongkrang memang belum terlalu dikenal. Maklum saja, tempat ini memang tergolong masih baru. Tetapi, pesona dan trek yang harus dilalui sangat mengesankan. Tidak salah bila setiap weekend, banyak pendaki yang mencoba berdiri di atas puncaknya.

Menuju Basecamp Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang ini sendiri terletak di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Menuju ke objek wisata ini sangat mudah. Kamu hanya tinggal berkendara menuju ke pos cemara kandang. Arah pertama adalah pasar Tawangmangu, kemudian lurus terus sampai di Pos pendakian di Cemoro Kandang.

Bagi kamu yang ingin naik transportasi umum. Kamu bisa naik bus dari Terminal Titonadi, menuju ke Terminal Tawangmangu. Selanjutnya, kamu bisa naik angkot atau carter mobil menuju ke Basecamp Bukit Mongkrang. Untuk area parkirnya semua akan difokuskan ke Tlogo Dlingo Karanganyar.

Dari sini pula kamu akan memulai perjalanan dan membayar simaksi sebesar 10 ribu rupiah per orang. Ditambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu rupiah per kendaraan. Bagi yang ingin camping disini, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar 7,5 ribu rupiah per tenda. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum mendaki keatas.

Bukit Mongkrang sendiri punya 3 puncak sekaligus ada candi mongkrang 1 dan 2 dan jobolarangan. kamu bisa memilih mau melihat keindahan Gunung Lawu dari mana. Perjalanan keatas kurag lebih membutuhkan waktu rata-rata adalah 2 jam.

Jalur Pendakian

Sumber Gambar: Google Maps @Iffat Abdul Ghalib

Bisa dikatakan Bukit Mongkrang benar-benar diperuntukan untuk para pendaki pemula. Disini, kamu tidak akan menemukan kesulitan berarrti. Seperti jalur tanjakan dengan sudut kemiringan mencapai 90 derajat, jalur sempit, jurang di kanan dan kiri, pepohonan yang tumbang kesana kemari sehingga, kamu harus melompat dan merangkak.

Semua trenknya sangat lebar dan sedikit menanjak tetapi, sudut kemiringannya sangat kecil. Jadi, tidak terlalu susah Walaupun, tanjakan sekecil ini sudah bisa bikin kamu lelah dengan nafas yang tidak beraturan.

Sumber Gambar: Google Maps @Luthfi Habiburrahman

Tetapi, setiap langkahmu akan ditemani dengan pemandangan yang mengesankan. Gunung Lawu seakan hadir dan memberikan semangat untuk kamu bisa sampai di atas. Spot yang paling menarik adalah adanya bukit ilalang yang mempesona. Jangan sampai kamu melewatkan pemandangan ini ya.

Ada dua pesona menarik yang bisa kamu temukan disini. Pertama, bila kamu datang saat musim penghujan kamu bisa melihat pemandangan hijau yang menakjubkan. Kalau dimusim kemarau warna kecoklatan bisa menjadi sajian yang sempurna menemani kamu sampai ke atas.

Kalau mau mendaki ke atas disarankan untuk menggunakan celana panjang. Karena, rerumputan kering yang ada disini bisa melukai kamu. persiapkan pula obat-obatan yang mungkin diperlukan. Satu lagi, jangan memaksakan diri, kalau memang kamu lelah istirahatlah

Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @randy al

Setelah menempuh waktu yang cukup lama kamu akahirnya bisa menginjakkan kaki di ketinggian 2197 Mdpl. Disini, pemandangan yang mengesankan. Bila kamu melakukan pendakian tektok kamu bisa melihat pesona senja yang sangat mengesankan.

Disarankan kamu untuk datang pada pukul 4 sore. Dimana, kamu bisa melihat pesona senja, pesona malam dengan milky way yang memanjakan mata. Selanjutnya, sang fajar yang juga tidak akan pernah ingkar menghadirkan keindahan Bukit Mongkrang yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Sumber Gambar: Google Maps @Anandia Fdp

Jangan lupa untuk persiapkan kebutuhan logistik kamu ya. Mulai dari makanan dan juga minuman. Karena, di atas puncaknya tidak ada warung yang akan menjajakan berbagai menu. Tetapi, jangan lupa bawa kembali sampahmu ke bawah dan buang ke tempat sampah ya. Agar pesona bukit ini masih terlihat sampai kapan pun.

Kesimpulan

Bukit Mongkrang salah satu keindahan di Karanganyar yang bagus untuk kamu kunjungi. Terutama bagi kamu para pendaki pemula yang ingin merasakan atmosfer dari jalur pendakian. Kalau kamu? Kapan nih kamu mau pergi ke tempat ini dan menikmati pesona Gunung Lawu dari tempat yang berbeda.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…