in

Melihat Keindahan Gunung Lawu Via Cemoro Kandang

Sumber Gambar: Google Maps @Herry Siswoko

Diantara semua jalur pendakian di Gunung Lawu yang mempunyai ketinggian 3265 mdpl. Jalur pendakian Via Cemoro kandang menjadi jalur yang paling panjang menuju ke puncak. Tetapi, memiliki keindahan yang benar-benar menarik untuk dicoba. Tempat ini masih berada di Kabupaten Karanganyar. Dimana, tidak jauh dari basecampnya kamu bisa melihat warung makan, dan penginapan yang bisa kamu manfaatkan.

Jalur cemoro kandang memiliki ketinggian 1964 Mdpl. Kalau melihat dari petanya, kamu bisa melihat jalurnya yang sedikit lurus keatas. Terdiri dari 5 pos dengan perjalanan kurang lebih 5 jam sampai 8 jam lamanya. Semua tergantung dari langkah kamu berjalan ya.

Menuju ke Basecamp Cemoro Kandang

Menuju ke Basecamp cemoro kandang memang cukup mudah. Kamu bisa naik bus dari Terminal Tirtonadi menuju ke Terminal Tawang Mangu. Menuju ke Basecampnya kamu bisa carter mobil dengan harga 500 ribu rupiah sampai 900 ribu rupiah untuk pulang pergi. Di basecampnya sendiri sudah cukup lengkap dengan berbagai fasilitasnya.

Mulai dari kamar mandi, mushola, untuk harga simaksinya kamu akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah per pendaki. Nah, bagi yang membawa kendaraan kamu akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah per motor dan 10 ribu rupiah per mobil. setelah mengurus berbagai persyaratan administrasi. Kamu bisa memulai mendaki.

Menuju ke Pos 1, Pos 2, dan Pos 3

Sumber Gambar: Google Maps @Yanfa Januzaj

Menuju ke Pos 1, kamu akan disuguhkan dengan jalur tangga. Waktu perjalanan kurang lebih 2 jam lamanya. Jalur ini memang sengaja dibuat seramah mungkin. Karena, jalur pendakian melalui Cemoro Kandang menjadi jalur untuk peziarah yang ingin berziarah.

Di pos 1, kamu bisa beristirahat di sebuah bangunan. Tempat ini disebut sebagai Taman Sari Bawah. Menuju ke Pos 2, kamu akan disuguhkan dengan jalur yang sedikit menanjak. disini kamu mulai mencium bau belerang yang cukup menyengat. Menariknya, kawah ini terdengar bergemuruh. Kawah ini dinamakan kawah candradimuka yang menempuh waktu kurang lebih 1 jam 30 menit.

Di pos 2 ini kamu bisa berteduh di sebuah pondok kayu. Disini pula kamu bisa melihat warung yang berjualan. Nikmatilah segelas kopi dan makanan untuk amunisi menuju ke pos selanjutnya. Menuju ke pos 3, kamu harus melewati sungai yang tidak cukup besar.

Dari sini, jalan menuju ke atas sedikit curam. jalanan sempit dan jurang di kanan dan kirinya. Sampai di pos ini kamu bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa. Lautan awan sudah bisa terlihat mengesankan. Sayangnya, di pos ini kamu tidak bisa mendirikan tenda karena, areanya yang tidak terlalu luas.

Menuju ke Pos 4 dan Pos 5

Sumber Gambar: Google Maps @ari setiawan

Menuju ke Pos 4 jalur tanjakan tetap menghiasi. Tidak jarang pula kamu bisa melihat bunga edelweis yang banyak saat musim bunga ini tumbuh. Di sepanjang trek ini, kamu akan bertemu dengan sendang penguripan. Sebuah sumber mata air yang bisa kamu ambil airnya.

Tetapi, kamu harus berhati-hati karena, di sendang ini cukup dikeramatkan lho. Di pos ini pula kamu bisa melihat bangunan gubug. Dimana, kamu bisa mengenang beberapa pendaki yang gugur di Gunung Lawu. Menuju ke pos 5, kamu bisa melihat rerumputan yang berwarna hitam. Bekas dari kebakaran hutan yang pernah terjadi di tempat ini.

Menuju ke pos 5 membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 40 menit. Disini pula kamu tidak akan melihat bangunan. Ada pertigaan menuju ke puncak, lurus menuju Hargo Dalem, ke kanan menuju ke Hargo Tiling, dan ke kiri menuju ke Hargo Dumilah.

Puncak

Sumber Gambar: yukpiknik.com

Puncak tertinggi di Gunung Lawu adalah Hargo Dumilah, dimana kamu bisa melihat berbagai macam keindahan puncak-puncak ternama di jawa timur. Kalau kamu mau menikmati puncak sambil minum kopi. Kamu bisa menuju ke Puncak hargo dalem dengan warung mbok yemnya yang terkenal.

Disarankan untuk mendaki pada saat musim kering daripada musim penghujan. Hanya saja, kalau dimusim kemarau, suhunya akan semakin dingin. Jadi, siapkan benar-benar jaket dan selimut tebal agar terhindar dari dingin.

Kesimpulan

Gunung Lawu via Cemoro Kandang menjadi jalur yang menyenangkan untuk dilalui. Banyak pemandangan dan pesona menarik yang bisa kamu nikmati disini. Treknya yang menanjak tetapi, masih tetap ramah untuk mau lalui. Jadi, sudah siap menaki Gunung Lawu via Cemoro Kandang?