in

Melihat Keindahan Gunung Merbabu Dari Jalur Pendakian Selo

Sumber Gambar Dari Instagram @merbabuviaselo

Diantara semua jalur pendakian yang ada di Gunung Merbabu. Jalur pendakian via Selo menjadi yang paling diminati. Jalurnya cukup nyaman apalagi, bagi kamu yang sedang belajar mendaki keatas. Sayangnya, di tempat ini kamu tidak menemukan banyak sumber mata air. Jadi, air minum menjadi bahan yang paling penting.

Waktu tempuh dari Jalur Pendakian Selo kurang lebih 5 jam sampai 7 jam. Memiliki 5 pos dengan trek yang cukup berat di dua pos terakhir sebelum puncak. Jalur ini juga punya banyak tantangan terutama badai yang selalu datang. Tetapi, pesona yang dihadirkan cukup indah dan mampu mengalihkan perhatian lho.

Menuju ke Basecamp Selo

Sumber Gambar: merbabu.com

Basecamp Selo terletak di Desa Genting, Kabupaten Boyolali. Di mana menuju ke sana Anda harus naik sepeda motor terlebih dulu atau mobil. Bila tidak menggunakan kendaraan pribadi bisa sewa saja.

Karena, tidak ada akses transportasi menuju ke sana. Pos pendakian ini dekat dengan Pos pendakian lainnya yaitu Gancik. Memang sudah ada papan petunjuk hanya saja sedikit membingungkan titik belok.

Sebelum naik ke atas pastikan semua kendaraan dalam keadaan baik-baik saja. Karena, jalanan menuju ke sana mempunyai sudut kemiringan setidaknya 45 derajat dengan jalanan sempit dan belum terlalu bagus.

Tetapi, pemandangan berupa sawah terhampar luas di depan mata, warna hijau serta udara sejuknya mampu membius semua orang untuk menikmatinya. Sayangnya, pungli masih sering terjadi.

Mereka terkadang memberhentikan kendaraan dan meminta uang sebesar Rp5 ribu sebagai biaya masuk atau keamanan serta perawatan. Setidaknya, ada 4 sampai 5 kali. Jadi, siapkan dana lebih sebelum masuk.

Untuk menghindarinya, Anda harus memakai jasa guide sehingga, urusan pungli ini dapat teratasi dengan baik. Setibanya di atas Anda bisa memilih beberapa basecamp yang sudah tersedia. Disana, Anda bisa makan, serta mempersiapkan peralatan.

Menuju ke Pos 1, Pos 2, dan Pos 3

Sumber Gambar: merbabu.com

Berjalan menuju ke Pos 1 masih landai, setelah melewati tempat pengisian data dan sampah. Jalanan sedikit menanjak, memang jalur selo ini sedikit landai dan memiliki pesona luar biasa. Dari sini, Anda dapat mengatur nafas karena, waktu yang dibutuhkan sampai ke pos 1 adalah 60 menit. Ada tempat cukup lapang tetapi, harus hati-hati karena ada banyak kera berkeliaran disana. Beberapa orang memilih untuk lanjut tetapi, sebagian memutuskan untuk mendirikan tenda dan makan siang. Memang pos satu jadi lokasi tepat untuk mengisi sumber energi dalam tubuh.

Sumber Gambar: merbabu.com

Menuju pos 2 menempuh waktu 45 menit dengan tanjakan sedikit lebih curam, beberapa kali para pendaki harus berhenti dan menghela nafas sejenak. Pos ini cukup luas ada joglo untuk berteduh dari hujan,

Lanjut menuju ke Pos 3, membutuhkan waktu 45 menit. Trek masih belum lepas dari tanjakan, tetapi masih sangat ramah. Terutama bagi para pemula. Sebelum tiba, di Pos 3, Anda akan disuguhkan dengan hutan mati. Bila siang hari rasanya sangat panas dan gersang.

Sumber Gambar: Instagram @gunung.merbabu

Tiba di titik pos 3, banyak pendaki berhenti sejenak untuk menikmati keindahan alam. Anda dapat melihat pesona Gunung Merapi didepannya. Sungguh, panorama yang sempurna. Bila terlalu sore, banyak pendaki memutuskan camp disini dan jam 1 pagi bangun untuk summit attack.

Menuju ke Pos Sabana 1 dan Pos Sabana 2

Sumber Gambar: idntimes.com

Inilah ujian sesungguhnya bagi para pendaki, Menuju Sabana 1 dan 2 di mana, trek sangat terjal jalanan seperti tangga melangkah cukup tinggi. Sudah disediakan tali tetapi, tetap saja sulit.

Belum lagi bila jalanan licin mudah terjatuh jadi, hati-hati. Trek tersebut juga akan Anda temui di Sabana 2 walau tidak terlalu ekstrim. Untuk tempat camp pendaki bisa memilih sabana 2 atau 1.

Perlu diperhatikan, sabana 2 sudah dilengkapi dengan MCK tetapi, angin yang berhembus sangat kencang. Siap-siap bila terjadi badai karena, Merbabu terkenal dengan badainya. Jangan lupa keluar pada malam hari dan lihat milkyway di atas langit, cantik sekali.

Puncak

Sumber Gambar: Instagram @gunung.merbabu

Perjalanan menuju ke puncak bisa dimulai pukul 2 pagi. Di mana trek yang harus dilalui cukup sulit dan berliku. Butuh waktu hampir 2 jam untuk bisa sampai disana. Sekali lagi, hati-hati soal badai.

Terkadang saat pagi badai dan kabut sering muncul terutama saat musim kemarau. Udara juga sangat dingin, jangan lupa bawa perlengkapan. Ada 2 puncak yang bisa diraih, kenteng songo dan trianggulasi.

Sumber Gambar: Instagram @gunung.merbabu

Bila beruntung, Anda akan menemukan keindahan matahari tenggelam. Bila tidak, panorama dari puncak sini saja sudah sangat mempesona dan menawan. Anda juga disuguhkan dengan jajaran gunung seperti, Sindoror, Sumbing, Prau, Lawu, serta Merapi.

Walaupun, banyak pungli bertebaran menuju ke basecamp Selo, tetapi jalur ini tetap wajib kamu nikmati. Banyak hal menarik dan pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan selama mendaki tempat ini. Untuk waktu turunnya menempuh 4 jam perjalanan. Jadi, sudah siap mendaki Gunung Merbabu via Selo?