OUR NETWORK

Melihat Keindahan Indonesia Dari Puncak Gunung Ciremai Via Linggasana

Sumber Gambar: exploremdpl.blogspot.com

Jawa Barat mempunyai banyak sekali Gunung yang bisa kamu daki. Salah satunya adalah Gunung Ciremai yang mempunyai ketinggian kurang lebih 3078 mdpl. Kalau ditanya soal jalur pendakian jangan ditanya. Hampir semuanya mempunyai tingkat kesulitan masing-masing. Seperti halnya Jalur baru Via Linggasana ini.

Sebagai Jalur baru, banyak pendaki yang tidak mau ketinggalan menikmatinya. Banyak pendaki sepakat jalur ini memang menyenangkan. Dalam artian bisa membuat lutut kamu terasa lemas. Penasaran dengan Jalur Linggasana ini, mari kita lanjutkan pendakiannya di bawah ini.

Menuju ke Basecamp Linggasana


Menuju ke Basecampnya kamu bisa menggunakan Bus dari jakarta atau Bandung menuju ke Kuningan. Biasanya kamu akan ditarik tiket sebesar 60 ribu rupiah. Turun di Terminal Kuningan. Selanjutnya, bisa naik ojek menuju ke Basecamp dengan harga 20 ribu hingga 30 ribu rupiah.

Disana, kamu akan disambut dengan lahan parkir yang sangat luas serta mushola kecil. Banyak pendaki muslim yang memilih sholat terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Harga simaksinya 50 ribu rupiah. Dan kamu akan di data sesuai dengan KTP.

Harga 50 ribu ini kamu akan mendapatkan fasilitas makanan dan juga teh hangat. Bisa kamu terima saat mendaki atau dibawa bekal. Bisa saja setelah turun asalkan tiket makannya tidak hilang. Enak sekali bukan?

Menuju Pos 1

Sumber Gambar: Google Maps @Muhamad Ryan Fardan

Dari Basecamp menuju ke Pos 1 tidaklah sulit jalurnya masih cukup landai dan tidak ada tanjakan yang berarti. Kurang lebih kamu bisa memakan waktu 1 jam 10 menit. Disini termasuk yang sangat ramah karena, sudah banyak papan petunjuk. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang sudah ada saja.

Sumber Gambar: Google Maps @Lis ind

Kamu bisa beristirahat di Pos 1 karena, pemandangan di sini cukup indah. Tempatnya juga cukup luas untuk sekedar melepas penat. Kadang, kamu juga bisa bertemu dengan pendaki yang lainnya.

Menuju ke Pos 2 Wirabuana

Menuju ke Pos 2 perjalanan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 10 menit. Treknya masih landai hanya ada tanjakan sedikit dan tidak terlalu menguras tenaga, Di Pos 2, kawasannya cukup luas. Kamu bisa berhenti untuk makan siang. Disini pula kamu bisa melihat mata air yang sudah disambung dengan pipa. Jadi, kamu bisa mengambilnya, mengisi air untuk bekal ke atas. Airnya sangat jernih dan bersih lho.

Menuju Pos 3, 4, dan 5

Menuju Pos 3 kamu akan disuguhkan dengan trek yang cukup menguras tenaga. Jalannya nanjak dan menanjak. Perlu waktu 1 jam 20 menit menuju ke Pos 4 dan 35 menit menuju ke Pos 5. Sebelum sampai di Pos 6 kamu akan menemukan Shelter Cakrabuana. Biasanya banyak pendaki yang memutuskan untuk bermalam di tempat ini. Karena tempatnya yang cukup luas. atau kamu bisa lanjutkan perjalanan menuju Pos 6 yang jaraknya hanya 15 menit.

Menuju Pos 6, 7, 8 ,9

Sumber Gambar: Instagram @rifqimau128

Semakin banyak Pos yang sudah dilalui, jalanan semakin menanjak. Seakan tidak bonus sehingga, kamu perlu mengatur nafas dengan baik. Di Pos 6 kamu akan menemukan percabangan dimana, belok kanan kamu akan menempuh jalur Linggasana lama melalui Linggarjati. Bila ke kiri menuju Jalur baru yang lebih menyiksa.

Di Pos ke 7 kamu sudah berada di ketinggian 2400 mdpl. Artinya masih kurang 648 meter lagi yang harus dilalui. ternyata perjalanan tidak semakin mudah. menuju ke Pos 8 dan 9, kamu akan mendapati jalanan yang naik dan turun. Sangat menguras tenaga dan juga melatih kesabaran.

Menuju Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Agung Yudhistira

Bagi kamu yang ingin summit attack kamu bisa melakukannya kurang lebih pukul 3 pagi. Karena, waktu tempuhnya bisa mencapainya 2 jam 30 menit. Sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati keindahan Bunga edelweis yang hanya tumbuh di bulan Agustus saja.

Kesimpulan

Total perjalanan menuju ke Puncak bisa mencapai 9 jam sampai 12 jam. Dan total waktu turun kurang lebih 6 jam hingga 8 jam. Walaupun lelah dengan tanjakan yang membuat lutut lemas. Namun, keindahannya tetap mengesankan. Jadi, sudah siap mendaki Gunung Ciremai yang membuat kamu tidak bisa melupakan setiap jalurnya

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…