in

Panorama Indonesia Dari Puncak Gunung Gede Pangrango Via Cibodas

Sumber Gambar: Google Maps @Johan Widya

Gunung Gede Pangrango menjadi sajian Gunung yang tidak bisa terlepaskan dari para pendaki. Letaknya yang berdekatan membuat tempat ini menjadi favorit. Biasanya, setelah mendaki Gunung Gede, mereka akan langsung melibas Pangrango yang hanya dipisahkan oleh lembah. Salah satu jalurnya yang terkenal adalah Via Cibodas.

Salah satu keunikan dari Gunung ini adalah jalur pendakiannya yang tidak terlalu sulit dan ramah bagi kamu yang baru belajar untuk mendaki. Penasaran dengan kedua Gunung ini dan apa saja yang akan kalian temui di Jalur Cibodas. Mari siapkan perbekalan dan berangkat menuju ke puncak.

Menuju Basecamp Cibodas

Basecamp Cibodas terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Letaknya jadi satu dengan Taman Cibodas yang sangat luas. Menuju kesana, kamu bisa menggunakan banyak transportasi umum. Paling gampang, kamu bisa naik Bus dan turun di terminal Cianjur. Setelah itu sewa mobil untuk diantar ke Basecamp Cibodas.

Biasanya kamu harus membayar 600 ribu untuk pulang pergi. Tetapi, bila pandai menawar kamu akan mendapatkan harga 500 ribu rupiah. Untuk biaya registrasinya kurang lebih 34 ribu rupiah per orang. Bagi kamu yang belum sempat makan. Di Basecamp sudah banyak yang menyediakan warung-warung siap saji.. Perlu diketahui bahwa kamu bisa melakukan pendaftaran online 30 hari sebelum pendakian lho.

Menuju Pos Pemandangan

Sumber Gambar: Google Maps @Dys

Menuju ke Pos pemandangan kamu akan disuguhkan dengan jalur yang masih landai. Maklum saja, di tempat ini masih zona wisata. Sehingga, banyak wisatawan yang akan kamu jumpai. Tidak jarang kamu akan menemukan wisata Telaga Biru yang mengesankan mata.

Kemudian, kamu akan masuk ke Rawa Panyangcangan. Disini, merupakan percabangan antara pendakian Gunung Gede Pangrango dengan Air terjun Cibeureum. Setelah itu, kamu akan disajikan dengan trek rawa-rawa yang mengesankan.

Sumber Gambar: Google Maps @khroel umam

Barulah setelah keluar dari rawa, kamu bisa menanjak ke atas dengan jalanan bebatuan dan tiba di Pos Pemandangan kurang lebih 45 menit dari jalan rawa yang sudah ramah untuk para pendaki.

Menuju Pos Kandang Batu, Kandang Badak

Menuju Pos Kandang Batu perjalanan kurang lebih 135 menit. Dimana, kamu akan disuguhkan dengan trek air panas. Uap panas dari Gunung Gede bisa kamu rasakan disini. Jalanan semakin tidak beraturan yang membuat kamu harus benar-benar mempersiapkan fisik. 

Sumber Gambar: Google Maps @M Ihsan Rahmatullah

Bila lelah, kamu juga bisa lho berendam di air panas sebentar sekedar untuk relaksasi. Sesampainya di Pos Kandang Batu kamu bisa beristirahat sejenak. Disini, kamu juga bisa mendirikan tenda karena tempatnya cukup luas.

Menuju ke Pos Kandang Badak waktu dibutuhkan 75 menit dan disini kamu bisa menemukan alir air kecil bernama pancaweuleuh. Dari Kandang Badak inilah kamu bisa memutuskan untuk melihat sunrise dimana, di puncak Gede atau di Puncak pangrango.

Menuju Puncak Gede

Sumber Gambar: Google Maps @Myshop martin

Menuju puncak gede, kamu akan melalui jalan bercabang. Dimana, satu jalan memutar dengan jalur yang sedikit ramah. Atau memilih tanjakan setan yang luar biasa dan mampu membuat lututmu merasa lemas. Biasanya para pendaki akan memilih jalan memutar terlebih dahulu, kemudian pulang melalui tanjakan setan.

Menuju Puncak Pangrango

Sumber Gambar: Google Maps @Richad Fernando

Bila kamu memilih puncak Pangrango, jalanan tidak kalah mengesankan. Kamu akan disuguhkan dengan batang-batang pohon yang tumbang. Dan jalur bebatuan yang tidak kalah sulitnya. Tetapi, semua rasa lelah itu akan terbalaskan dengan keindahan matahari terbitnya yang luar biasa.

Sumber Gambar: Google Maps @Muh Naufall

Dari sini, kamu bisa melihat puncak Gede sekaligus dengan kawahnya. Jalur alun-alun surya kencana juga tidak kalah menawannya. Semua tersaji di puncak ini. kamu juga bisa melihat hamparan Edelweis dengan turun menuju ke Alun-Alun Mandalawangi. Melihat hamparan edelweis yang cukup banyak.

Kesimpulan

Perjalanan menuju puncak Gede dan Pangrango memakan waktu kurang lebih 8 jam sampai 11 jam. Dan untuk turun kurang lebih 4 jam sampai 5 jam saja. Biasanya para pendaki akan memulai perjalanan pukul 8 pagi, agar tiba di camp kampung badak tidak terlalu larut malam. kelebihan dari jalur ini adalah banyak tempat wisata yang bisa kamu manfaatkan untuk relaksasi. Seperti air terjun cibeureum, yang sangat mengesankan. Jadi, sudah siap menaklukkan Trek Gede Pangrango dari Cibodas?