OUR NETWORK

Melihat Keindahan Bandung Dari Puncak Gunung Manglayang Via Batu Kuda

Sumber Gambar: Google Maps @Reni Purnama Sari

Melihat keindahan Kabupaten Bandung bisa dari sisi mana saja. Bisa melihat dari eloknya malam, atau dari berbagai kawasan pariwisatanya. Kali ini, kami akan ajak kamu melihat pesonanya dari atas Gunung Manglayang yang mempunyai ketinggian 1818 Mdpl. Tidak terlalu tinggi memang, tetapi kamu akan merasakan pengalaman mendaki yang luar biasa.

Ada dua titik pendakian yang bisa kamu pilih. Kalau saat ini, kami memilih titik pendakian via Batu Kuda. Jalur yang dilalui tidaklah mudah walaupun, untuk bisa sampai ke puncak hanya memerlukan waktu 3 jam sampai 4 jam saja. Tetapi, waktu sebanyak itu sudah cukup untuk menguras tenaga kamu.

Menuju Basecamp Batu Kuda

Menuju ke Basecamp Batu Kuda memang sedikit sulit bila harus naik transportasi umum. Oleh karena itum banyak pendaki yang memilih untuk naik kendaraan bermotor. Atau, kamu bisa naik transportasi umum, turun di Stasiun Kiaracondong kemudian, melanjutkan perjalanan dengan menyewa angkot.

Sumber Gambar: Google Maps @makanan zuq

Biasanya tarif yang ditawarkan mulai dari 700 ribu sampai 900 ribu untuk pulang pergi. Tetapi, bila kamu pandai menawar kamu bisa mendapatkan harga 500 ribuan lho. Untuk harga simaksinya sebesar 10 ribu rupiah. Bagi yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya sebesar 4 ribu rupiah untuk motor. Sementara, yang menggunakan mobil akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah.

Karena, waktunya yang cukup singkat. Banyak pendaki yang memulai perjalanan pada malam hari. Biasanya pukul 11 malam paling lama pukul 1 dini hari sudah mulai naik ke puncak.

Etape 1 Pendakian

Sumber Gambar: Google Maps @Dinan Permana Ramadan

Di Jalur pendakian Gunung Manglayang, kamu tidak akan menemukan pos-pos seperti di jalur pendakian Gunung lainnya, Jadi, bagi kamu yang merasa lelah dan ingin beristirahat. Kamu bisa memanfaatkan beberapa tempat yang mempunyai kondisi yang lapang. Dengan jajaran hutan pinus yang sangat mengesankan di kala siang hari.

Treknya memang cukup ekstrim jadi, kamu harus tahu benar-benar jalannya. Terkadang kamu akan menemukan akar-akar pepohonan yang menjalar kesana-kemari. Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah penerangan. Usahakan bawa senter dengan cahaya yang cukup untuk melintas tempat ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Rizki Maulana

Sudut kemiringannya sudah mencapai 60 derajat. Oleh karena itu, usahakan bawa minum yang cukup agar tidak dehidrasi selama perjalanan. Maklum saja, di jalur pendakian ini kamu tidak akan menemukan sumber mata air.

Etape 2 Pendakian

Etape ke 2 pendakian kurang lebih perjalanan sudah mencapai 1 jam 15 menit. Biasanya, para pendaki sudah mulai kelelahan. Maklum saja, salah satu hal tersulit melakukan pendakian pada malam hari adalah kadar oksigen yang harus berbagi dengan tanaman dan pepohonan.

Jadi, kamu harus bisa mengatur tenaga dan nafas dengan benar. Di Etape ke 2 ini, kamu bisa merasakan bagaimana kesulitan menuju ke puncak. Inilah mengapa, waktu ke atas membutuhkan sekitar 3 jam sampai 4 jam.

Sumber Gambar: Google Maps @Wahyudin SGD

Sudut kemiringannya kurang lebih 75 derajat. ada beberapa akar pohon yang bisa kamu jadikan untuk berpegangan. Akar-akar ini memang cukup kuat, hanya saja kamu perlu pintar dalam menjadikannya sebagai pegangan. Karena, bisa jadi akarnya tidak kuat dan bisa buat kamu terjatuh.

Puncak Gunung Manglayang

Sumber Gambar: Google Maps @ilham

Di Puncak kamu bisa mendirikan tenda. Hanya saja, kapasitasnya kurang lebih 10 tenda saja. jangan lupa bawa hammock. deretan pepohonannya menjadi menarik dengan hammock. Kamu juga bisa melihat city light kota Bandung yang tampak mengensankan. Bahkan sampai matahari terbit pun pemandangannya tidak luput dari kata cantik. Dengan lautan awan yang berada di depan mata.

Sumber Gambar: Google Maps @Ramdan Soebagja

Bila kamu datang saat siang hari, sempatkanlah untuk melihat bagaimana langit senja akan berubah perlahan. Menunjukkan bahwa tempat ini memang layak untuk kamu kunjungi bersama dengan teman-temanmu.

Sumber Gambar: Google Maps @Reni Purnama Sari

Biasanya, banyak pendaki langsung menyeduh kopi sembari menikmati suasana yang ada disini. Jangan lupa untuk bawa kantong sampah yang cukup besar. Untuk tempat sampah yang kamu cipatakan. Keindahan gunung Manglayang ini, salah satunya adalah tidak adanya sedikit pun sampah yang terlihat.

Kesimpulan

Gunung Manglayang memiliki pesona yang memang luar biasa. Waktu tempuh untuk perjalanan turun biasanya lebih dari 3 jam. Banyak para pendaki yang memilih berjalan santai dan mengambil beberapa spot foto yang ada di tempat ini. Jadi, sudah siap mendaki ke atas Gunung Manglayang?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…