in

Menikmati Wisata Bersama Ratusan Monyet di Goa Monyet, Nusa Tenggara Timur

Sumber Gambar: Google Maps @Oliver Kramer

Goa Monyet berada di Kelurahan Tenau, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Goa yang termasuk di dalam salah satu Goa terunik di Nusa Tenggara Timur ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama dengan keluarga, selain bisa berlibur menikmati keindahan pemandangan yang ada, anak-anak bisa sekaligus belajar mengenai satwa yang ada dan akan memiliki rasa peduli terhadap alam sekitar.

Objek wisata ini bisa anda kunjungi setiap hari, dimulai dari hari senin sampai dengan hari minggu. Akses menuju ke goa ini tergolong sangat mudah, anda bisa berkunjung menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Selain itu anda juga bisa menggunakan transportasi angkutan kota dengan jurusan Kupang – Tenau dengan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Alternatif lainnya anda juga bisa menggunakan ojek, namun dengan biaya yang lebih mahal yaitu sebesar Rp 20.000 per orang.

Karena akses jalan menuju Goa Monyet ini sangat mudah, bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini secara beramai-ramai juga bisa menggunakan kendaraan yang besar seperti Bus. Beberapa jasa travel sudah menyediakan akomodasi menuju ke goa ini jika anda berminat untuk menyewanya. Dengan menggunakan jasa travel anda juga bisa sekaligus berkunjung ke tempat wisata lain yang letaknya tidak jauh dari goa ini, terdapat beberapa pilihan tempat wisata di Kota Kupang. Jika anda memutuskan untuk menggunakan jasa travel pastikan anda juga mengunjungi tempat wisata lainnya karena sangat sayang jika dilewatkan.

Wisatawan Tak Perlu Khawatir Karena Monyet Tidak Liar

Sumber Gambar: Google Maps @maulana nur Ahmad fadoli

Karena terdapat ratusan monyet yang selalu berkembang dari tahun ke tahun, maka tempat ini dijuluki sebagai Goa Monyet. Meskipun goa ini menjadi habitat asli dari ratusan monyet yang ada, anda tidak perlu khawatir monyet-monyet yang ada disini akan liar dan agresif. Monyet-monyet yang ada tergolong sangat jinak dan tidak galak. Karena jinak para pengunjung bisa dengan bebas untuk memberi makan kepada monyet-monyet yang ada disana.

Sumber Gambar: Google Maps @travel.okezone.com

Bagi anda yang ingin memberi makanan kepada monyet yang ada, anda bisa membawa makanan tersebut dari rumah. Pasalnya di goa ini tidak disediakan makanan yang dijual khusus bagi para pengunjung yang ingin memberikan makanan kepada monyet. Biasanya pengunjung akan membawa kacang rebus, pisang, jagung rebus, serta umbi-umbian. Anda bisa dengan bebas memberikan makan kepada monyet-monyet yang ada, namun jangan lupa untuk menjaga barang bawaan yang lainnya untuk berjaga-jaga gar tidak dibawa kabur oleh para monyet yang usil.

Menjadi Sebuah Tempat Wisata Peninggalan Masa Penjajahan Jepang

Meskipun Kota Kupang terkenal dengan cuaca yang sangat panas, namun ketika anda berkunjung ke tempat wisata ini anda sama sekali tidak akan kepanasan. Pohon-pohon yang ada mengelilingi kawasan ini akan memberikan kesejukan bagi anda. Anda bisa berkeliling menjelajah Goa Monyet tanpa perlu khawatir kepanasan. Bagi anda yang ingin berkeliling di goa ini, Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur telah menyediakan fasilitas tangga yang akan memudahkan para pengunjung. Selain digunakan sebagai tempat wisata, goa ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melalukan foto prewedding karena memiliki beberapa spot foto yang menarik.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Jika anda berkeliling, anda akan menjumpai beberapa bangunan peninggalan Jepang. Salah satunya adalah goa yang diyakini dibangun pada masa penjajahan Jepang, goa tersebut konon dijadikan sebagai tempat penangkaran monyet. Oleh karena itu, objek wisata ini sangat ramai dikunjungi karena banyak dari wisatawan yang penasaran bagaimana bentuk dari peninggalan Jepang.