in

Melihat Keindahan Kabupaten Semarang Dari Puncak Gunung Telomoyo Via Arsal

Sumber Gambar: getlost.id

Gunung Telomoyo yang berada di ketinggian 1894 mdpl. Memang tampak mengesankan dengan panoramanya yang tidak akan terlupakan. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa kamu tempuh. Bahkan, ada yang memilih naik kendaraan untuk bisa sampai ke puncak. Tetapi, untuk naik kendaraan rasanya kurang afdol.

Kali ini, kamu akan mencoba mendaki melalui jalur Arsal. Dimana, jalur ini cukup favorit bagi para pendaki pemula yang ingin melihat 5 puncak sekaligus disini. Walaupun treknya tidak terlalu sulit tetapi jangan pernah meremehkan Telomoyo, karena tanjakannya sudah cukup membuat lutut kamu lemas.

Menuju ke Basecamp Arsal

Basecamp Arsal sendiri terletak di Kabupaten Semarang. Kamu bisa masuk ke Terminal Tingkir di Salatiga atau juga Terminal Bawen. Setelah itu, carilah mobil atau ojek yang bisa mengantar kamu menuju ke titik pendakian. Di Basecamp fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari tempat istirahat, warung, dan kamar mandi.

Untuk Harga simaksinya per orang dikenakan 10 ribu rupiah ditambah dengan uang parkir 2 ribu rupiah per kendaraan per malam. Setelah mengisi data diri, kamu bisa memulai pendakian Gunung Telomoyo. Perjalanan yang harus kamu tempuh kurang lebih 2 jam sampai 4 jam saja.

Sebelum mendaki, jangan lupa kebutuhan logistik terutama air minum yang menjadi penting. Bila kamu mendaki pada dini hari usahakan bawa lampu senter dengan kualitas nomor satu, karena suasana gelap membuat medan mendaki terasa cukup sulit. Disarankan pula olahraga terlebih dahulu. Terutama teknik mengatur nafas dengan baik, agar tidak lekas capek.

Jalur Pendakian

Sumber Gambar: Google Maps @Mf Zipo

Salah satu keunggulan dari Gunung Telomoyo sendiri adalah bisa digunakan untuk melihat sunrise dan sunset yang kece. Dalam perjalanannya menuju ke atas kamu akan disuguhkan dengan trek yang tidak terlalu terjal, tetapi udara dingin akan merasuk ke tulang.

Hal inilah yang membuat kamu harus bisa mengatur nafas dengan baik. Apalagi saat masuk hutan, oksigen yang ada akan semakin tipis. Bagi kamu pendaki pemula, diharapkan tidak terlalu bersemangat. Karena, rasa lelah yang berkepanjangan bisa membuat kamu gagal untuk bisa menikmati puncaknya.

Sumber Gambar: Google Maps @Liadewi Lili

Bila dibandingkan dengan Andong, jalur di Telomoyo lebih ramah. Jarak antar pos juga tidak terlalu panjang, kurang lebih 20 menit sampai 35 menit. Dimana, mempunyai 5 pos. Biasanya, di Pos 3, para pendaki baru merasakan lelah. Tidak yang berangkat pagi ataupun malam hari sama saja.

Di pos ini mereka bisa memulai membuka perbekalan yang dibawa. Di pos 4, kamu akan menemukan jalur persimpangan dan biasanya akan bertemu dengan para pendaki yang memilih memulai pendakian dari Watu Tumpang. Kenikmatan lain yang bisa kamu peroleh di pendakian ini adalah jarang sekali cuaca buruk seperti badai atau juga kabut.

Sumber Gambar: Google Maps @daniwae

Sehingga, pejalanan kamu benar-benar nyaman dan aman. Sampai di Pos 5 biasanya banyak pendaki yang mendirikan tenda disini. Jadi, jangan heran bila saat sabtu dan minggu, kamu akan melihat sebuah perkampungan pendaki yang cukup banyak.

Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Re Yant Gallery

Bagi kamu yang ingin menikmati sunrise yang lebih mengagumkan, disarankan untuk tetap berada di Pos 5 dan lihatlah betapa menakjubkannya pemandangan matahari terbit dari sini. Karena di Puncak view yang dihasilkan sangat berbeda.

Sumber Gambar: getlost.id

Tetapi, lain halnya bila kamu ingin menikmati pesona sunset. Langit senja akan lebih tampak hidup bila kamu berada di atas puncaknya. Warna jingga dan siluetnya benar-benar membuat kamu lupa diri. Pemandangan Gunung Sindoro, Sumbing, Prau, Andong, dan Merbabu tampak menarik dan benar-benar mengesankan.

Sumber Gambar: mounture.com

Dimana merapi? Gunung satu ini berada di belakang Merbabu, jadi tidak bisa terlihat. lautan awannya juga tampak mengesankan. Tidak salah bila mendaki gunung satu ini. Nah, disini kamu juga bisa melihat bibit edelwies yang baru ditanam lho. Jadi, jangan sampai kamu jahil ya, biar tumbuh dan menjadi pemandangan yang mengesankan disini.

Kesimpulan

Gunung Telomoyo menjadi saksi bahwa mendaki gunung itu tidak sulit. Lelah memang sudah pasti tetapi, keindahan yang akan kamu saksikan melebihi rasa lelah yang akan kamu rasakan. Jangan lupa untuk bawa kantong sampah dan ambilah sampah yang terkadang sering terlihat di sini. Jadi, sudah siap mendaki Gunung Telomoyo via Arsal?