in

Melihat Keindahan Gunung Sumbing Via Jalur Pendakian Garung Baru

Sumber Gambar: Google Maps @Mario Kemes

Akhirnya setelah istirahat cukup panjang, kita bisa mendaki kembali menuju ke Jalur Garung Baru. Untuk Basecampnya tidak ada yang berubah tetap sama di Desa Garung. Cara menempuhnya juga sama dengan masuk ke Terminal mendolo Wonosobo. Untuk harga simaksinya sendiri mulai dari 10 ribu rupiah.

Bagi kamu yang membawa kendaraan, kamu akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah per pendaki per malam. Setelah mengisi seluruh data diri, kamu akan diberi tahu apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan selama di gunung. Terakhir, sebelum berangkat jangan lupa berdoa dan mintalah peta pendakian.

Menuju ke Pos 1 dan Pos 2

Menuju ke Pos 1 kalau kemarin kita berjalan menyusuri ladang warga. kali ini kita lebih memilih untuk naik ojek. Disini, ada pangkalan ojek seharga 20 ribu rupiah yang siap mengantar kamu menuju ke pos 1. Jalur yang ditempuh hanya perlu 15 menit, kalau kamu jalan kaki sekitar 3 jam lamanya.

Sumber Gambar: Google Maps @CHY TMG

Lebih hemat waktu dan tenaga dengan naik ojek. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk naik ojek saja. Menuju pos 2, inilah percabangan diantara Jalur yang baru dan lama. Beloklah ke kanan untuk masuk ke jalur yang baru. Dimana waktu tempuhnya bisa mencapai 3 jam 15 menit lho. waktu yang tidak sedikit bukan, untuk perjalanan menuju ke pos selanjutnya.

salah satu alasan mengapa lebih memilih jalur barunya Garung adalah pemandangannya sangat indah. Pemandangan hutan dengan trek yang dibilang cukup ramah. Perjalanan 3 jam seakan tidak terasa lho, karena suguhan pesona alaminya. Alasan kedua kenapa harus memakai jalur ini adalah waktu yang cukup singkat sampai di Pestan sekitar 20 menit saja.

Coba bayangkan kalau kamu masih di jalur yang lama. 3 jam 20 menit waktu yang dibutuhkan untuk kamu sampai di tengah-tengah perjalanan antara pos 2 dan pos 3. Belum kamu harus mendaki pos 3 ke Pestan dengan tanjakannya. Oleh karena itu, Garung baru lebih nyaman dan cepat.

Menuju Ke Pos Pasar Watu

Sumber Gambar: Instagram @sumbingviagarung

Menuju ke Pos Pasar Watu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit, nah jalur yang harus kamu lalui benar-benar tidak mudah, rasanya lutut mau copot dan lemasnya minta ampun. Oleh karena itu, disarankan untuk mendrikan tenda di Pestan dan beristirahat memulihkan tenaga kembali disini.

Menuju Watu Kotak dan Puncak

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Menuju ke Watu Kotak kamu masih disuguhkan dengan jalur yang tidak jauh berbeda. Kawasan ini merupakan pos terakhir sebelum kamu mendaki ke puncak. Dimana, kamu akan dihadapkan pada tiga pilihan. Lurus menuju ke puncak Buntu dan Puncak Sejati. Ke kanan Menuju ke puncak Kawah dimana kamu bisa melihat kawahnya Sumbing. Lalu belok kiri ke Puncak Rajawali.

Sumber Gambar: travel.tribunnews.com

Kalau kamu membawa peralatan lengkap, lebih baik lanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Sejati. Dimana, kamu bisa melihat pemandangan gunung-gunung tertinggi dan paling terkenal di Jawa. Mulai dari Merbabu, Sindoro, Salmet, Merapi, dan Andong. Total waktu tempuh melalui jalur lama ini kurang lebih 12 jam saja. Sedangkan jalur baru 9 jam perjalanan saja. Cukup singkat bukan untuk sebuah jalur baru.

Tips Mendaki Sumbing

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa mendaki Gunung Sumbing. Pertama, pastikan kebutuhan logistik kamu aman. Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah logistik, terutama untuk air minum. Karena di kawasan ini memang tidak ada sumber mata air sama sekali.

Kemudian, gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki kekinian. Mengingat jalur Garung menjadi jalur yang paling mengesankan. Terakhir persiapkan obat-obatan, karena udara dingin biasanya akan selalu mengancam para pendaki. Oleh karena itu, siapkanlah obat-obatan dalam tas kamu. Serta kebutuhan lainnya seperti jaket dan selimut. Semakin menanjak semakin dingin suhu udaranya. Bahkan pernah tercatat sampai suhu minus lho.

Kesimpulan

Perjalanan menuju ke puncak Gunung Sumbing melalui jalur Garung memang mengesankan. Keindahannya sekan tidak akan pernah terlupakan. Tetapi, satu lagi yang harus diperhatikan adalah cuaca. Mendakilah disaat cuaca dengan baik-baiknya. karena, keselamatan kamu nomor satu. Jadi, kalau kamu mau mendaki yang mana nih, baru atau lama atau mau keduanya?