in

Menikmati Wisata Alam di Lubuk Baji, Kalimantan Barat

Sumber Gambar: kompasiana.com

Lubuk Baji berada di wilayah Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Objek wisata ini termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Palung. Sebagai salah satu objek wisata pegunungan, tempat ini sering sekali dikunjungi oleh klub pecinta alam. Meskipun jalur yang tergolong cukup landai namun keindahan yang disajikan sangat mencuri hati siapapun yang berkunjung.

Sumber Gambar: ksdae.menlhk.go.id

Karena termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Palung yang masih diawasi, maka anda harus mematuhi beberapa aturan dan syarat yang ada. Beberapa diantaranya seperti dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang melakukan camping atau berkemah di beberapa tempat yang ada, tradisi dari masyarakat sekitar yang perlu anda lakukan, dan lain-lain. Jadi pastikan anda mengetahui hal-hal yang penting sebelum anda memutuskan untuk berangkat.

Lubuk Baji  merupakan objek wisata air terjun yang berada di kawasan perbukitan dengan sungai yang mengalir dari puncak. Objek wisata ini masih tergolong baru dan belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Untuk bisa sampai di objek wisata ini anda perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih 8 jam terhitung dari pintu masuk Air Pauh Desa Sutra Kecamatan Sukadana. Karena memerlukan perjalanan yang sangat lama, lebih baik anda membawa bekal dan perlengkapan penting lainnya agar tidak kebingungan saat berada di tengah-tengah perjalanan.

Daya Tarik Lubuk Baji Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Meskipun memerlukan waktu selama kurang lebih 8 jam pada perjalanan awal, namun anda hanya memerlukan waktu selama kurang lebih 1,5 jam untuk bisa kembali. Selain perlu membawa bekal dan perlengkapan lainnya, anda juga perlu menyiapkan kondisi stamina tubuh yang fit dan kuat. Meskipun perjalanan yang akan anda tempuh cukup melelahkan, namun lelah tersebut pasti akan terbayarkan dengan pemandangan yang akan anda nikmati setelah sampai di Lubuk Baji. Pemandangan di saat perjalanan juga akan membuat anda semakin semangat untuk bisa segera sampai ke tempat tujuan.

Sumber Gambar: ketapangcityku.blogspot.com

Setelah sampai anda akan disambut oleh suara gemericik air yang sangat sejuk dan dingin. Anda bisa bersantai menikmati kesejukan dan keasrian alam di pinggir air terjun, atau anda juga bisa merasakan segarnya air terjun dengan berenang atau sekedar bermain air. Tidak lupa anda juga harus mengabadikan momen tersebut karena mengingat perjalanan yang anda tempuh cukup lama, sayang jika tidak diabadikan.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Keindahan alam yang ada serta jernihnya air terjun menjadi saya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Selain itu, jika anda beruntung anda bisa menjumpai orang utan liar di kawasan ini. Beberapa wisatawan mengatakan mereka pernah bertemu dengan orang utan liar di kawasan objek wisata ini, beberapa orang utan sempat mondar mandir melakukan aktivitasnya. Namun jika anda tidak bisa menjumpai orang utan liar tersebut, setidaknya anda bisa menjumpai bekas kaki dari jejak orang utan tersebut jika anda beruntung.

Selain orang utan liar, di kawasan ini juga terdapat beberapa jenis satwa liar lain seperti owa-owa, beruang madu malaya, monyet merah daun, burung pelatuk, rangkok, dan masih banyak lagi satwa lainnya seperti reptil dan satwa invertebrata lainnya. Banyaknya satwa liar di Lubuk Baji ini disebabkan karena memang kawasan ini termasuk dalam wilayah yang dilindungi karena letaknya yang berada di salah satu taman nasional. Karena banyaknya jenis satwa liar yang bisa anda jumpai di kawasan ini, maka akan lebih baik jika anda lebih berhati-hati dalam membawa barang bawaan anda. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika satwa-satwa tersebut mendekati anda kemudian tiba-tiba mencuri atau merampas barang-barang anda. Lebih baik pisahkan dan taruhlah barang-barang penting anda di tempat yang aman.