in

Objek Wisata Hutan Belian Sebagai Habitat Untuk Tanaman Langka

Sumber Gambar: kompasiana.com

Hutan Belian merupakan salah satu hutan yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya berada di Kabupaten Sanggau. Sebenarnya hutan ini dikenal dengan sebutan Pulo Mas, akan tetapi masyarakat mengubah nama tersebut dikarenakan kawasan ini ditumbuhi oleh Pohon Belian. Karena pohon ini merupakan salah satu tanaman yang terancam punah, maka hutan ini dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melestarikannya. Disini anda akan dapat menjumpai Pohon Belian yang menjulang tinggi ke langit dan sangat terkenal karena keindahan serta nilai jualnya.

Karena keindahan alam yang dimiliki oleh hutan ini, maka hutan ini dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Hutan ini terletak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Sanggau, anda bisa mengunjungi hutan ini dengan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 30 kilometer. Waktu yang akan anda tempuh untuk bisa sampai di hutan ini kurang lebih selama 30 menit tergantung dengan kondisi jalan. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, bahkan anda bisa memanfaatkan angkutan umum untuk bisa sampai ke hutan ini.

Sumber Gambar: wisatawestborneo.blogspot.com

Jika anda telah sampai di Hutan Belian, maka anda akan disambut oleh pemandangan alam yang sangat asri dan sejuk. Kawasan hutan ini dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang. Salah satunya adalah tanaman kayu Acasia dan Ecalyptus. Hutan ini juga dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan sebagai kawasan perkebunan. Sebagai salah satu objek wisata, hutan ini sering dikunjungi oleh beberapa sekolah sebagai salah satu sarana wisata edukasi. Karena dengan mengunjungi tempat ini, para pelajar dapat mengambil ilmu sejarah dari salah satu tumbuhan langka yaitu Pohon Belian.

Keistimewaan Pohon Belian Yang ada di Hutan Belian

Pohon Belian merupakan salah satu pohon yang paling diminati untuk dijadikan sebagai salah satu bahan bangunan. Hal ini dikarenakan Pohon Belian merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan kayu yang sangat kuat dan kokoh. Pohon ini sering disebut sebagai pohon besi karena kekuatan yang dimiliki dianggap sangat kuat seperti besi, bahkan kekuatannya melebihi besi. Jika besi bisa berkarat dan rapuh akibat dibiarkan terkena air hujan atau panas, maka Pohon Belian justru akan semakin kuat dan kokoh jika terkena air hujan dan panas.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Dulu daerah Kalimantan Barat dikenal sebagai surga dari Pohon Belian, anda bisa menjumpai tumbuhan ini hampir di seluruh daerah yang ada di Kalimantan Barat. Namun seiring berjalannya waktu, populasi Pohon Belian yang ada di Kalimantan Barat semakin sedikit. Meskipun masih ada, namun Pohon ini sangat sulit untuk dijumpai pada saat ini. Hal inilah yang menjadikan Pohon Belian termasuk dalam salah satu tumbuhan yang langka dan terancam punah.

Beruntung Kalimantan Barat masih memiliki salah satu hutan yang masih menjadi salah satu tempat habibat dari Pohon Belian ini. Hutan Belian saat ini sudah mendapatkan perhatian dari masyarakat dan pemerintah setempat karena hutan ini menjadi satu-satunya hutan di Kabupaten Sanggau yang masih memiliki beberapa Pohon Belian. Pohon Belian yang ada di hutan ini masih tergolong cukup banyak, oleh karena itu Pemerintah setempat memfokuskan tempat ini sebagai salah satu kawasan untuk melindungi dan melestarikan populasi Pohon Belian.

Dengan dijadikannya Hutan Belian sebagai salah satu objek wisata, diharapakan akan mengurangi jumlah penebangan liar terhadap Pohon Belian yang sudah terancam langka. Objek wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi saat hari libur bersama dengan keluarga, karena banyak sekali aktivitas yang akan anda dapat lakukan. Terutama untuk anak-anak anda yang bisa mempelajari berbagai macam tumbuhan dan hewan yang ada disana.