in

Batu Masjid, Satu-Satunya di Indonesia dan Mungkin di Dunia

Sumber Gambar: correcto.id

Kalimantan Barat mempunyai keindahan yang memang patut diacungi jempol.  Selain itu, kamu juga bisa melihat panorama unik yang tidak bisa kamu sepelekan. Salah satunya adalah Batu Masjid yang tampak mengesankan. Kamu harus datang melihatnya secara langsung.

Tidak hanya menawan, di sekitar kawasan Batu masjid ini kamu bisa melihat objek wisata lainnya. Seperti Bukit Ambawang dan juga Air Terjun Gunung Ambawang. Penasaran dengan batu Masjid ini? mari kita simak hasil penjelajahannya di bawah ini.

Tentang Batu Masjid

Saran saya jangan terlalu berharap atau berekspektasi lebih mengenai objek wisata ini. Karena Batu Masjid ini bukanlah masjid yang terbuat dari batu, melainkan sebaliknya. Jadi, sebuah batu yang mirip dengan kubah masjid.

Di samping kanan dan kirinya, kamu bisa melihat perkebunan sawit dan perbukitan yang sangat menawan. Warna hijaunya membuat semua orang tampak terkesan. Suasana pedesaan pun akan sangat terasa disini. Ada satu hal yang menarik di tempat ini, dimana kamu bisa menikmati perhiasan emas bila memang beruntung. Perhiasan ini konon merupakan peninggalan dari pedagang china lho.

Sumber Gambar: amazingborneo.id

Bebatuan ini jumlahnya memang tidak banyak. Kamu bisa mengambil gambar sebagai tanda bukti bahwa kamu sudah pernah ke tempat ini. Perlu diperhatikan bahwa, Batu masjid ini hanya ada satu saja di Indonesia lho. Jadi, kalau kamu sedang berada di Kubu raya, sempatkan waktu ke tempat ini.

Sayangnya, tidak ada yang bisa menerangkan secara pasti bagaimana bisa batu ini memiliki kubah seperti masjid. Banyak warga sekitar percaya bahwa tempat ini terjadi begitu saja. Di dekat masjid ini, kamu juga akan disuguhkan dengan sebuah kolam yang sayangnya kolam tersebut berwarna coklat.

Cara Menuju ke Batu Masjid

Objek wisata ini terletak di Kabupaten Kubu raya. Menuju ke objek wisata ini kamu harus berjuang dengan sekuat tenaga. Pertama perjalanan pesawat menuju ke Pontianak, dengan harga kurang lebih 500 ribuan saja. Waktu tempuh dari jakarta kurang lebih 3 jam sampai 5 jam lamanya.

Dari bandara ini, kamu harus siap-siap menuju ke Kubu Raya. Dimana, di kawasan ini kamu harus menyeberang Sungai Kapuas terlebih dahulu. Perjalanan di Sungai Kapuas terkadang juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kesusahannya lainnya adalah setelah kamu berhasil menyeberang dari Sungai Kapuas. Kamu harus mencari alternatif kendaraan menuju ke Desa Bemban. Menariknya, banyak warga yang bisa kamu minta bantuan untuk mencapai desa ini. Bila tidak, kamu bisa naik ojek dan harga yang harus kamu bayar pun akan mahal.

Ujian lainnya adalah belum banyak peta yang bisa kamu jadikan patokan. Jadi, kamu harus banyak bertanya kepada orang-orang. Jalan Nya sendiri juga bisa dikatakan cukup. Jadi, siapkan benar fisikmu untuk perjalanan yang cukup panjang.

Bukit Ambawang

Batu Masjid ini terletak di kaki Bukit Ambawang. Akan sangat rugi bila kamu tidak mencoba menikmati keindahan bukit ini. Perjalanan dari batu masjid tidak terlalu jauh lho. Jadi, kamu bisa berjalan kaki setidaknya 10 menit hingga 20 menit saja. Kamu sudah bisa menikmati puncaknya.

Sumber Gambar: rumahkomunitas.com

Jangan lupa untuk membawa kamera dengan tingkat tinggi. Dimana, setiap kawasan yang ada disini mempunyai sudut-sudut yang instagramable. Sayang kalau kamu pakai handphone biasa saja. Disarankan untuk datang pada musim kemarau yah, karena bila datang di musim penghujan tempat ini akan sedikit licin. Jadi kamu harus berhati-hati ya, biar tidak terjatuh dan basah.

Kesimpulan

Menuju ke objek wisata ini jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan juga minuman. karena, belum banyak warung yang bisa kamu temui disini. Jadi, persiapkan benar perbekalannya agar tidak kehilangan bekal di jalan. Pakai sepatu yang nyaman ya. Serta, bawa kantong sampah untuk semua perbekalan sendiri agar tidak banyak sampah yang berserakan di sini.

Batu Masjid adalah keindahan di Kubu Raya yang tidak akan pernah kamu lihat di tempat lainnya. Jadi, tidak ada salahnya bila kamu sudah sampai di Kubu Raya berkunjung ke tempat ini. Jadi, kapan kamu siap mengunjungi tempat yang fenomenal dan menarik dengan mitos perhiasan emas.