in

Melihat Keindahan Kabupaten Semarang Dari Puncak Gunung Ungaran Via Mawar

Sumber Gambar: tenda-inspirasi.com

Walaupun, tidak mempunyai tinggi diatas 3000 mdpl. Namun, Gunung Ungaran tetap menjadi salah satu tempat favorit pendaki. Khususnya bagi mereka para pemula yang ingin belajar bagaimana sensasinya mendaki Gunung. Ada 3 Jalur yang kamu pilih Via Mawar, Via Peranturan dan Gedong Songo.

Untuk kali ini, kamu akan mengajak kamu pergi ke Puncak Ungaran di ketinggian 2050 Mdpl melalui Jalur Mawar. Konon katanya, jalur ini merupakan favorit para pendaki lho. Banyak yang mencoba naik dari tempat ini. Karena, jalurnya yang mudah dan cukup ramah apalagi, bagi para pemula.

Menuju Ke Basecamp Mawar

Sumber Gambar: blog.jadipergi.com

Menuju ke Basecamp Mawar kamu bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi. Tetapi, lebih disarankan menggunakan Bus. Kemudian, turun di Pasar Babadan. Lanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau juga mikrolet. Biar lebih enak lagi, kamu bisa menyewa untuk pulang pergi, harganya mulai dari 400 ribuan.


Untuk harga simaksinya sendiri 10 ribu rupiah per pendaki. Ditambah dengan uang parkir dengan tarif 5 ribu rupiah per motor per malam. Bagi yang naik mobil, kamu akan dikenakan tarif 10 ribu rupiah per malam. Setelah mengurus perizinan berupa perlengkapan dan KTP. kamu bisa mendaki ke atas.

Menuju Ke Pos 1

Sumber Gambar: Instagram @alii.m49

Di basecamp ini, sudah banyak warung-warung yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli berbagai kebutuhan logistik terutama minuman. Menuju ke Pos 1 akan ada banyak jalan percabangan. Bila kamu bingung membaca peta yang disediakan. Maka,tidak ada salahnya lho untuk bertanya ke penduduk sekitar.

Trek pertama yang harus kamu lalui adalah jalanan yang cukup licin dan sedikit menanjak. Bila turun hujan, jalanan ini akan semakin licin. Jadi, kamu harus berhati-hati agar tidak terjatuh. Perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 45 menit sampai 1 jam perjalanan. Sampai di Pos1 kamu akan disuguhkan dengan shelter yang bisa kamu manfaatkan untuk brteduh bila hujan datang.

Menuju Ke Pos 2

Menuju ke Pos 2, kamu akan disuguhkan dengan jalur sungai yang sangat jernih dan bersih. Sungai ini merupakan sumber mata air yang bisa kamu minum lho. Bila bekal air kamu sudah habis. Tidak ada salahnya untuk mengambilnya. Disini, ada banyak bebatuan yang bisa kamu manfaatkan untuk istirahat. Tetapi, jangan mendirikan tenda ya, karena perjalanan belum mencapai setengahnya ke Pos 2.

Setelah dari aliran sungai, kamu akan disuguhkan dengan tanjakan berupa bebatuan yang cukuo melelahkan. Dari sini, kamu sudah diuji dan diharapkan bisa mengatur nafas dengan baik. Rasa lelah, dan kaki yang sedikit berat biasanya akan terasa apalagi, bagi pendaki pemula.

Menuju Ke Pos 3

Sumber Gambar: bobobox.co.id

Menuju ke Pos 3 jalur juga tidak akan pernah ramah. Dimana, kamu harus menanjak ke atas dengan udara dingin yang sudah mulai terasa. Sementara itu, trek yang cukup licin, dengan akar-akar pohon yang terlihat ke tanah-tanah, menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Pos 3 merupakan perkebunan Kopi sikendil. Disini, kamu bisa juga menemukan sumber mata air yang terlihat seperti sebuah penampungan air. Lanjut naik ke atas, kamu bisa menikmati Perkebunan Teh yang mengesankan.

Pemandangan hijau dan beberapa petani teh terlihat sangat ramah. Banyak pendaki yang saat turun memilih untuk berlama-lama disini. Karena, keindahan dan kesegaran yang membuat mata enggan berkedip.

Puncak

Sumber Gambar: dolanyok.com

Menuju ke Puncak, persiapkan diri kamu. Karena, tanjakan berupa bebatuan akan menyambut kamu di depan mata. Tanaman perdu juga bisa kamu lihat disini. Inilah jalur terberat yang ada di Gunung Ungaran. Pepohonan besar memang begitu bermanfaat dijadikan sebagai pegangan naik.

Sumber Gambar: blog.jadipergi.com

Waktu terbaik untuk bisa menikmati Puncak Ungaran adalah pagi hari. Dimana, pemandangan matahari terbitnya membuat siapa saja wajib untuk melihatnya. Disana, kamu juga bisa melihat bendera merah putih yang menandakan perjuanganmu terbayar dengan sendirinya.

Tidak hanya saat pagi saja, pemandangan malam Kota Ungaran yang mengesankan juga bisa kamu nikmati lho. Jadi, lebih baik berangkat sore hari, bermalam di pos sebelum puncak dan summit attcak sekitar pukul 3 pagi.

Kesimpulan

Gunung Ungaran Via Mawar memang memiliki keindahan yang tidak akan pernah ada matinya. Pesona perkebunan kopi dan teh menjadi perpaduan yang sempurna untuk kamu nikmati. Jadi, Sudah siap mendaki Gunung Ungaran Via Mawar?