OUR NETWORK

Melihat Panorama Dieng Dari Puncak Gunung Prau Via Patak Banteng

Sumber Gambar: nadriputra.blogspot.com

Gunung Prau dengan ketinggian 2565 Mdpl menjadi tempat wajib bagi kamu para pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi naik Gunung. Dari sekian banyak jalur yang ada. Alangkah baiknya bila kamu mencoba Jalur Patak Banteng yang menjadi favorit hampir seluruh pendaki dari mana pun.

Mengapa Harus Jalur Patak banteng? Biasanya Jalur ini akan penuh dengan pendaki. Semakin banyak yang mendaki, akan semakin baik buat kamu apalagi pemula. Kamu bisa menyerap ilmu dari para pendaki pro. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan akan tertangani dengan cepat karena, hampir setiap detik ada orang di jalur pendakiannya.

Menuju ke Basecamp Patak Banteng

Sumber gambar: phinemo.com

Menuju ke Basecamp Patak Banteng kamu bisa masuk ke wilayah Wonosobo terlebih dahulu atau Purbalingga. Kemudian, sewa mobil untuk bisa mengantarkanmu menuju ke Basecamp. Harga mobil kurang lebih 600 ribu rupiah saja. Tidak terlalu mahal bukan bagi kamu yang datang membawa rombongan. Harga simaksinya 15 ribu rupiah per orang.

Disini, kamu bisa menikmati fasilitas seperti kamar mandi, tempat istirahat, warung, kamar mandi, dan juga mushola yang terawat dengan baik. Banyak pendaki yang memanfaatkan tempat istirahat ini untuk tidur, kemudian melakukan perjalanan pada dini hari pukul 12 malam sampai 1 malam.

Menuju ke Pos 1 Sikut Dewo

Sumber Gambar: indonesiakaya.com

Perjalanan menuju ke pos 1 kamu akan disambut dengan tangga yang menanjak ke atas. Waktu perjalanan kurang lebih 40 menit. Di pos ini kamu bisa menikmati kursi yang cukup panjang untuk beristirahat para pendaki. Di sepanjang jalur menuju ke pos 2, kamu bakal melihat banyak warung yang berjajar. Kamu bisa memanfaatkan warung ini untuk membeli segala kebutuhan seperti makanan dan juga minuman. Tetapi, perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kebersihan sampah dan tidak membuangnya sembarangan.

Menuju ke Pos 2 Canggal Walangan

Sumber Gambar: Instagram @saepuljoehard

Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan mendaki dari jalur ini adalah tanjakan berupa tangga yang sudah ramah untuk para pendaki. Setelah beberapa menit berjalan, kamu bisa menikmati trek terbuka. Bagi kamu yang mendaki saat malam hari. di Pos ini, kamu sudah bisa melihat milky way diatas.

Sumber Gambar: yukkuy.com

Tetapi, rintangan yang harus kamu hadapi adalah angin yang berhembus kencang dan udara dingin yang bisa mencapai suhu 5 derajat. Kalau musim kemarau bisa sampai minus lho. Jadi, disarankan untuk menggunakan jaket tebal dan terus bergerak, jangan berhenti agar tidak terserang hipotermia.

Menuju ke Pos 3 Cacingan

Sumber Gambar: umma.id

Menuju ke Pos 3 kamu sudah di suguhkan dengan tanjakan yang masih ramah bagi para pendaki pemula. Hanya saja, trek yang harus dilalui adalah akar pepohonan yang mengarah kemana-mana. Jadi, kamu harus berhati-hati terutama saat berjalan di malam hari.

Sumber Gambar: yukkuy.com

Waktu yang harus ditempuh kurang lebih 1 jam. Di pos 3, ada beberapa yang sudah mendirikan tenda. Biasanya, di pos ini pula para pendaki beristirahat. Bagi yang melakukan perjalanan malam, disarankan untuk beristirahat setidaknya 10 menit saja, karena suhu akan semakin dingin.

Puncak

Sumber Gambar: manusialembah.com

Dari pos 3 menuju ke Puncak atau Sunrise Camp membutuhkan waktu 45 menit. Trek yang harus kamu tempuh kembali jalur berupa tangga ke atas. Nah, di Sunrise Camp ini kamu bisa melihat pemandangan sunrise yang mengesankan. Tetapi kamu harus ingat ini bukanlah puncak, walaupun ada banyak pendaki yang mendirikan tenda di tempat ini.

Sumber gambar: wisatajateng.com

Di puncaknya kamu bisa melihat betapa menariknya pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing yang menjulang dan menyapa kamu. Selain itu, cahaya keemasan dari langit ditambah dengan matahari yang perlahan muncul membuat tempat ini seakan seperti surga yang harus kamu kunjungi.

Sumber Gambar: Printerest @Gambar Kata

Di Gunung Prau, kamu juga bisa menyewa jasa porter lho. Untuk sekali naik kurang lebih 200 ribuan saja. Untuk Pulang pergi kamu bisa membayar 350 ribu. Biasanya porter disini juga merangkap menjadi guide.

Kesimpulan

Gunung Prau menjadi salah satu Gunung yang mempunyai pemandangan yang mengesankan. Jalur yang landai dan banyak warung yang berdiri membuat Patak Banteng menjadi jalur favorit. Walaupun, tidak ada sumber mata air sama sekali disini. Namun, kamu bisa membelinya di warung-warung ini. Sehingga, mengurangi beban kamu menuju ke atas. Jadi, sudah siap mendaki sampai ke puncaknya?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…