Melihat Pesona Jawa Tengah Dari Puncak Gunung Sindoro Via Ndoro Arum

Pesona matahari tenggelam dan matahari terbit memang masih menjadi salah satu wisata andalan di beberapa daerah. Pesonanya memang tidak ada yang bisa mengalahkannya. Termasuk alasan pendaki mengapa harus mencoba Gunung Sindoro Via Ndoro Arum. Tidak hanya soal indah saja, melainkan soal pengalaman yang sulit dilupakan.

Jalur ini memang tergolong masih baru. Sehingga, belum banyak pendaki yang mencoba naik dari sini menuju puncak tertingginya di 3153 Mdpl. Oleh karena itu, dari sisi waktu tempuh juga cukup cepat. Dari sisi jalur pendakian juga lumayan menantang. Bagi kamu yang hobi mendaki, rasanya rute satu ini perlu di coba.

Menuju Ke Basecamp Ndoro Arum

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Basecamp Ndoro Arum sendiri terletak di Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Menuju ke tempat ini sebenarnya sangat mudah. Kamu perlu masuk ke Kota Wonosbo terlebih dahulu. Bila naik transportasi umum turunlah di Terminal Mendolo. Karena, dari sini jaraknya hanya 7 kilometer. Maka lebih baik sewa angkot atau mobil. Harganya kira-kira 400 ribuan untuk pulang pergi.

Untuk Harga simaksinya hanya 10 ribu rupiah per orang. Di tambah dengan biaya parkir untuk mobil 5 ribu rupiah. Untuk Mobil 10 ribu rupiah. Di Basecamp sudah banyak fasilitas seperti warung, mushola, tempat istirahat, dan kamar mandi. Manfaatkan untuk membeli beberapa perbekalan sebelum naik ke atas ya.

Menuju Ke Pos 1 dan Pos 2

Sumber Gambar: pendakiindonesia.com

Berbeda dengan 3 jalur pendakian lainnya, yang melewati perkebunan warga, ladang, sawah dan mempunyai fasilitas ojek untuk mengangkut kamu. Di Jalur Ndoro Arum, kamu akan langsung bertemu dengan hutan dan bebatuan yang cukup terjal yang akan kamu dapatkan setelah 10 menit berjalan dari tempat pengecekan pendaki.

Di pos 1 disebut dengan Ngrata atau dalam bahasa jawa artinya rata dengan tanah. Disini kamu akan disuguhkan dengan pepohonan pinus. Biasanya, para pendaki akan berhenti lama disini setelah dari puncak. Menikmati hening hutan pinus dengan hammock, serta menikmati taman bunga yang cantik.

Menuju Pos 2, kamu akan disuguhkan dengan jalanan datar yang memanjakan. Disini, ada yang namanya pos bayangan. Maklum saja, perjalana yang dibutuhkan bisa mencapai 2 jam. Nah, di pos ini kamu bisa melihat pemandangan air terjun sirendeng. Dari sini, perjalanan sebenarnya sudah mulai dilakukan. Jalur menajak dan sempit yang bisa dilalui oleh satu orang saja, jalur ini disebut dengan jalur naga, dengan kayu-kayu yang berserakan. Sukses melewati ini, kamu akan mendapatkan hadiah tiba di Pos 2 Kayu Sawa.

Menuju ke Pos 3 dan Pos 4

Menuju ke Pos 3, perjalanan semakin menyenangkan butuh waktu kurang lebih 1 jam 10 menit untuk bisa sampai di Pos 3. Dimana, kamu akan melewati jalan yang bernama Rute ambal 1000 undak-undakan. Jalur tangga yang dibuat dengan jumlah tangganya mencapai 1000. Barulah kamu akan tiba di Pos Watu Putih.

Dari sini, perjalanan kamu sudah tinggal sedikit lagi, tetapi rasa lelah sudah mengancam. Apalagi, bagi yang memulai perjalanan malam. Pos 3 biasanya sudah susah untuk bernafas. Menuju ke Pos 4 kamu harus siap-siap karena Tanjakan Mertua Galak sudah siap menantimu. Mengaa disebut dengan mertua galak? karena, jalurnya sungguh sulit untuk dilalui. Dibutuhkan keuletan dan semangat pantang menyerah Untuk bisa menempuh waktu 50 menit hingga akhirnya kamu tiba di Pos Uci-Uci. Biasanya, banyak pendaki yang menikmati keindahan sunset dari sini. Mendirikan tenda dan menyeduh kopi hitam yang nikmat menggoda.

Puncak

Sumber Gambar: Instagram @sindoroviandoroarum

Bila kamu beruntung bangunlah sekitar pukul 2 pagi sampai 3 pagi. Sebelum summit attack tidak ada salahnya kamu melihat milky way yang sangat mengesankan. Sembari pemanasan menanjak selama 1 jam kedepan. Trek bebatuan yang cukup sulit dan oksigen yang menipis, udara dingin yang mengancam. Menjadi tantang terbesar menuju puncak.

Sumber Gambar: klenik.id

Tetapi, percayalah sampai diatas kamu akan disambut dengan Gunung Sumbing, Slamet, Merapi, Merbabu dan kalau beruntung, kamu juga bisa menyaksikan Gunung Lawu lho. Menarik sekali bukan, dengan gumpalan awan yang hampir sejajar dan matahari yang perlahan naik.

Kesimpulan

Gunung Sindoro Via Ndoro Arum adalah keindahan yang tidak bisa diduakan dengan apa pun. Walaupun, banyak rintangan dan halangan. Perjalanan 8 jam naik dan 7 jam turun menjadi sebuah pengalaman yang berkesan. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo coba Jalur Ndoro Arum dan nikmati sensasinya.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.