in

Menikmati Gagahnya Gunung Sindoro Dari Puncak Gunung Kendil

Sumber Gambar: Hipwee

Gunung Kendil, bagi sebagian wisatawan mungkin masih belum mengenalnya. Tetapi, bagi para pendaki pemula, tempat ini adalah kunjungan wajib untuk menikmati kemegahan Gunung Sindoro yang seakan masih mimpi bagi mereka. Maklum saja, Gunung Kendil hanya mempunyai tinggi setengah dari Sindoro yaitu 1800 Mdpl saja.

Dengan jalur dan trek yang cukup ramah, membuat para pendaki pemula bersemangat untuk bisa mencapai puncaknya. Tetapi, sebelum kamu mendaki tempat ini, disarankan untuk olahraga terlebih dahulu ya. Karena, tingkat kesulitan yang disuguhkan tempat ini lumayan berat lho.

Menuju Basecamp Gunung Kendil

Basecampnya sendiri terletak di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Menuju ke tempat ini tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu tiba di terminal Temanggung, kemudian bisa menyewa mobil dan mengantarkan ke pos pendakian.

Untuk harga simaksinya sendiri hanya 5 ribu rupiah. Karena, termasuk gunung yang kecil dan biasanya hanya membutuhkan paling lama 5 jam ditempat ini. Fasilitas basecamp kurang memadai. Hanya ada warung, kamar mandi, dan tempat untuk sholat saja. Tempat istirahat pendaki belum ada.

Perjalanan menuju ke atas hanya membutuhkan waktu 1 jam paling lama. Oleh karena itu, waktu paling ramai adalah pagi hari sekitar pukul 3 dini hari hingga 4 dini hari. Mereka mencoba mengejar pesona sunset yang menawan.

Jalur Pendakian

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Jalur pendakian Gunung Kendil memang tidak memiliki pos. Memiliki jalur pendakian yang juga tidak mudah, tetapi masih ramah bagi para pemula. Ada banyak percabangan, ada banyak pula papan petunjuk yang memudahkan kamu bisa mencapai sampai ke atas. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tersesat.

Jalur yang dilalui juga cukup lebar, menanjak dengan kemiringan yang masih bisa digunakan untuk berjalan. Biasanya, 10 menit pertama para pendaki sudah mulai merasakan kelelahan. Maklum saja, berjalan di pagi hari memang tidak mudah, selain harus berjuang menghadapi gelapnya malam, pendaki juga harus berjuang menghadapi minimnya oksigen.

Sumber Gambar: gunung.id

Jadi, pengaturan nafas juga sangat penting agar bisa sampai ke puncak. Selain itu, suhu dingin yang cukup kuat di musim kemarau. Angin juga berhembus kencang, tetapi tidak sampai menimbulkan badai. Jangan lupa bawa lampu senter dengan tingkat pencahayaan yang tinggi.

Sepanjang jalan kamu tidak akan menemukan penerangan. Jadi, menggunakan lampu senter sangatlah penting. Terkadang, tanjakan yang kecil bisa membuatmu terjatuh lho. Karena, sebelum puncak kamu akan disuguhkan dengan tanjalan dengan sudut kemiringan mencapai 50 derajat.

Untuk bisa mencapainya kamu akan disediakan sebuah tali webbing. Tanjakan ini tidak terlalu panjang, 7 menit mendaki kamu sudah bisa menghirup udara di puncak Sikendil. Jadi, jangan lupa gunakan sarung tangan agar tangan kamu tidak lecet.

Pesona Puncak

Sesampainya di puncak kamu akan disuguhkan dengan pesona Puncak Sindoro yang memang mengesankan. Kamu bisa duduk-duduk sembari melihat matahari terbit yang mempesona. Salah satu eloknya pemandangan Sindoro adalah adanya semacam aliran sungai raksasa yang konon datang dari hulunya.

Sumber gambar: travel.kompas.com

Alirannya ini tampak elok karena, terlihat berliku-liku dan membentuk sebuah lintasan. Terlihat pula beberapa pemukiman yang tampak kecil. Kalau kamu berjalan sebelum sinar matahari muncul. Kamu bisa melihat betapa indahnya gemerlap lampu yang bertebaran.

Kamu juga bisa mendirikan tenda di puncak yang cukup lebar ini. Melihat bintang-bintang diangkasa raya. Dimana, kamu harus bangun pagi pukul 3 pagi untuk bisa menikmatinya. Di puncak Gunung Kendil tidak ada warung ya. Jadi, kamu harus bawa semua keperluan logistik sendiri dari bawah.

Usahakan, bawa minuman yang cukup, Karena, menuju ke atas tanpa air minum juga tak baik. Wkatu terbaik menikmati Gunung Kendang ada dua. Pagi dan juga Sore. Bagi kamu yang ingin melihat pesona keduanya, maka disarankan untuk mendaki sekitar pukul 4 sore.

Kesimpulan

Gunung Kendil menjadi salah satu tempat yang bisa kamu coba untuk mendakinya. Pemandangan yang elok dengan trek yang ramah, menjadi sebab gunung ini selalu dikunjungi oleh para pendaki terutama saat weekend dan hari-hari tertentu. Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan dan bawa lagi sampah yang kamu hasilkan ke bawah ya. Agar pesonanya tetap megah dan mewah. Jadi, sudah siap berkunjung ke tempat ini?