in

Memandang Hamparan Sawah dari Rumah Pohon Podorejo, Pringsewu, Lampung

Sumber: Instagram @rio_roberto01

Liburan merupakan suatu kegiatan yang amat diincar oleh tiap kalangan. Berbicara soal liburan memang tak lengkap rasanya jika kita sebagai penduduk Indonesia tidak melirik destinasi wisata dalam negeri terlebih dahulu. Sebagaimana kita ketahui bahwa Ibu Pertiwi menyimpan segudang keindahan yang mulai terkenal maupun yang belum sama sekali terjamah tangan manusia. Mulai dari pantai, pulau, gunung, bukit, lembah, sungai, air terjun, hutan bahkan keindahan alam lain yang mulai dipadukan dengan keindahan arsitektur didalamnya yang dapat menarik lebih banyak pengunjung. Salah satu potensi wisata kini dimenangkan oleh wisata rumah pohon. Mungkin sebagian traveller masih bingung sebenarnya apa sih rumah pohon itu? Dan apa daya tarik terkuat dari rumah pohon tersebut sehingga dapat mengundang banyak pengunjung?

Pada umumnya, rumah pohon sendiri merupakan bangunan yang dibangun di dekat sebuah pohon. Lebih tepatnya bangunan ini berbentuk layaknya rumah versi mini dan biasanya dibangun dinatara pohon yang satu dengan pohon yang lain. Rumah pohon kebanyakan terbuat dari material kayu sehingga membuat suasanya didalamnya pun terasa lebih sejuk. Rumah pohon telah dikenal sejak era 90an. Pada masa tersebut sudah banyak orang yang membangun rumah pohon baik itu di halaman rumah maupun di suatu pekarangan luas dan dijadikan sebagai tempat wisata. Ketika rumah pohon tersebut dibangun untuk tujuan wisata maka beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan pengunjung yakni untuk bersantai, menyantap makanan bahkan ada beberapa tempat yang menjadikan rumah pohon sebagai hotel. Tak perlu jauh-jauh untuk ke luar negeri untuk menikmati sensasi rumah pohon karena ternyata di Indonesia sudah banyak sekali tempat wisata yang mengusung ide rumah pohon lho traveler! Salah satu rumah pohon yang cukup terkenal yakni Rumah Pohon Podorejo. Yuk, kita simak info terkait Rumah Pohon Podorejo.

Rumah Pohon Podorejo – Layak Dijadikan Destinasi Wisata

Dari namanya pasti traveler menebak bahwa Rumah Pohon Podorejo ini berada di sekitaran Pulau Jawa bukan? Sayangnya tebakan traveler salah karena Rumah Pohon Podorejo ini ternyata berada Desa Rejosari, Pringsewu, Lampung. Pringsewu sendiri merupakan daerah hasil pemekaran dari Kab. Tanggamus. Berdasarkan keputusan pemerintah, Pringsewu dijadikan sebagai kabupaten tersendiri karena memiliki grafik perkembangan yang bagus. Pringsewu dinilai memiliki perkembangan yang meningkat dari sisi pendapatan daerah, taraf ekonomi dan pendidikan. Dari sisi pendapatan daerah sendiri ternyata didukung dengan banyaknya destinasi wisata yang bermunculan di Pringsewu sehingga banyak sekali traveler yang datang sekedar untuk berlibur. Rumah Pohon Podorejo kini mulai hits namanya khususnya ditelinga para kaula muda.

Sumber: Instagram @pringsewukeren

Mereka seringkali menjadikan Rumah Pohon Podorejo ini sebagai spot foto instagramable yang tentunya mendukung nilai aesthetic dari foto yang akan mereka upload nantinya. Rumah Pohon Podorejo ini memang masih sederhana dan masih jauh dari bentuk rumah pohon sesungguhnya karena bentuknya hanya seperti sebuah saung kecil dari bambu. Namun rumah pohon ini memiliki daya tarik tersendiri karena disana traveler dapat menikmati hamparan sawah yang luas disekitaran rumah pohon tersebut. Sawah nya pun adalah sawah yang bertingkat atau biasa kita kenal dengan terasering layaknya konsep persawahan di Bali.

Sumber: Instagram @rio_roberto01

Selain itu, rumah pohon ini ternyata dibangun oleh para pemuda karang taruna di Desa Rejosari dan pada akhirnya mereka memiliki inisiatif untuk menjadikannya tempat wisata walaupun sederhana. Pada awal pembangunan ternyata para pemuda karangtaruna hanya membangun satu rumah pohon saja namun kini seiring berjalannya waktu akan ada rencana pembangunan rumah pohon tahap berikutnya. Hal ini dimaksudkan agar dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi. Rumah Pohon Podorejo sendiri buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Traveler tak perlu khawatir karena harga tiketnya dijamin murah yakni sekitar Rp6.000 saja. Untuk mencapai lokasi dari kota Lampung sendiri memakan waktu sekitar 3 jam untuk tiba di Rumah Pohon Podorejo ini. Sedangkan bila traveler berasal tepat dari kota Pringsewu maka traveler hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja dengan berkendara. Selama berkendara menuju Desa Rejosari traveler tak perlu khawatir dengan keadaan jalannya karena kini beberapa daerah di Desa Rejosari telah di aspal sehingga jalanannya kini tidak berbatu lagi.

Bagaimana traveler? Sudah siap menikmati pesona Rumah Pohon Podorejo?