in

Sunset Special Yang Menakjubkan Di Pantai Gu’u

Sumber Gambar: Google Maps @IMAN HALAWA

Pariwisata merupakan kegiatan secara langsung yang turut melibatkan dan menyentuh masyarakat. Dapat dikatakan pariwisata inilah yang mempunyai energi kuat dimana peranannya cukup besar dalam membuat perubahan di berbagai aspek kehidupan bagi daerah tempat wisata itu berada.

Contohnya seperti wisata di Bali yang sangat mendunia. Karena saking populernya hal tersebut pada gilirannya sangat berpengaruh pada ekonomi, budaya juga hubungan sosial masyarakat di Bali.

Tapi pada kesempatan kali kita tidak akan membahas wisata di Bali, melainkan wisata di Nias Barat. Yup, salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Utara ini sedang gencar-gencarnya mengupayakan agar wisata bahari mereka semakin dikenal luas secara nasional.

Nias Barat setidaknya memiliki 7 pantai eksotik dan 2 pulau yang memiliki potensi wisata besar untuk booming. Satu diantaranya adalah Pantai Gu’u. Bagi anda penggila sunset, wajib sekali ke pantai ini. Pasalnya panorama matahari terbenam di pantai Gu’u sangat menakjubkan. Tidak percaya? Yuk, intip potret sunset di Pantai Gu’u dalam ulasan special di artikel ini.

Sunset di Pantai Gu’u

Sumber Gambar: Instagram @pesona_tano_aekhula

Ada di mana Pantai Gu’u? Lagi-lagi pantai keren ini ada di Kecamatan Sirombu, Kecamatan di Nias Barat tersebut memiliki banyak sekali surga pantai tersembunyi yang seolah tidak ada habisnya untuk dijajal.

Pantai Gu’u lokasinya tidak jauh dari Pantai Sirombu. Pantai ini pun masih terjaga keasriannya. Sama seperti Sirombu, Pantai Gu’u juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Jalanan menuju pantai ini terbilang cukup bagus bisa dilalu baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Air di Pantai Gu’u sangat jernih. Saking jernihnya anda  bisa mendapati beberapa ikan kecil yang sedang berenang disekitar pantai. Mereka tampak begitu menggemaskan dan sangat menarik untuk difoto maupun direkam sebagai video untuk dokumentasi.

Biasanya Pantai Gu’u ini ramai pada hari sabtu dan minggu. Masyarakat berdatangan dari berbagai wilayah sekitar, bahkan dari luar Kabupaten Nias Barat. Nah, yang paling khas di pantai ini adalah anda akan melihat deretan perahu milik nelayan. Ada yang sedang berlayar sambil menangkap ikan, ada yang baru berangkat, ada juga yang telah menepi.

sumber: Instagram @margarethnamzai_

Di pantai inilah anda bisa leluasa melihat aktivitas yang dilakukan para nelayan dari saat mulai bekerja sampai mereka pulang. Beberapa perahu nelayan disana juga bisa disewa untuk membawa anda berkeliling Pantai Gu’u. Tidak ada tarif dasar yang tentukan, namun yang pastinya terjangkau. Intinya anda harus bernegosiasi terlebih dahulu. Harga yang dikenakan juga tergantung anda ingin diajak berkeliling ke mana saja.

Saat bekeliling dengan perahu anda akan disuguhi pemandangan laut yang sangat indah. Suasananya sejuk dan menyenangkan. Jika anda beruntung, bisa juga melihat dari perahu bagaimana cara cerdik nelayan menjaring ikan. Wih seru, ya.

Seperti yang telah disinggung di atas Pantai Gu’u adalah pilihan terbaik untuk menunggu dan menikmati sunset di Nias Barat. Moment sunset di pantai ini tidak biasa, terasa begitu special dengan hadirnya deretan perahu nelayan yang sedang berlayar dibalut nuansa senja.

Sumber Gambar: Instagram @visitniasbarat

Mereka sedang bergegas kembali menuju daratan karena matahari akan pulang dan digantikan oleh bulan. Keindahan sunset ini seolah menjadi lukisan alam yang sangat sempurna keindahannya.

Jika moment sunset belum tiba, banyak hal yang bisa anda lakukan. Misalnya berjalan kaki menyisiri pantai sembari menikmati panorama laut, sebab garis Pantai Gu’u terbilang cukup panjang.

Sumber Gambar: Instagram @visitniasbarat

Jika anda membawa banyak teman, bisa juga main voli pantai di tempat ini. Para nelayan disana pun biasanya menjual langsung hasil tangkapan mereka pada wisatawan, nah, anda dapat membelinya dan menggelar acara bakar-bakar ikan di sekitaran pantai.

Anda juga akan mendapati banyak anak remaja yang sedang berselancar. Mereka tampak bahagia terlihat dari wajahnya yang sumringah. Jika anda hobi berselancar juga, maka bisa adu kebolehan dengan warga di sekitar Pantai Gu’u. Tentunya moment ini akan semakin menambah seru suasana.

Saat moment sunset akhirnya datang, para wisatawan biasanya langsung mengambil kamera andalan mereka lalu berfoto dengan pose yang berbeda-beda.

Apabila membawa banyak teman biasanya pose favorit adalah berdiri sejajar di pinggir pantai lalu tangannya secara kompak diangkat ke atas, ada juga yang berfoto bersama perahu plus nelayannya, ada yang foto melompat, ada pula yang duduk bersama pasangan sambil bersandar dibahunya dan masih banyak lagi.

Ah, sungguh moment sunset yang tidak akan terlupakan.

Itulah potret sunset di Pantai Gu’u? Bagaimana sangat cantik dan menakjubkan, bukan? Nah, bagi anda pemburu sunset, jangan sampai melewatkan untuk menikmati matahari terbenam di pantai ini.

Akhir kata, semoga bermanfaat dan tunggu ulasan wisata menarik lainnya hanya di wisato.id

Salam hangat untuk seluruh traveller di Indonesia.