OUR NETWORK

Mengenal Hutan Wisata Tinjomoyo, Belantara Bekas Kebun Binatang

Source Image: Instagram @mazayagalva

Tidak banyak destinasi wisata alam di perkotaan, termasuk Semarang, karena mayoritas lahan sudah tertutup oleh gedung-gedung bertingkat dan jalanan beraspal. Oleh sebab itu, banyak warga Semarang yang memilih berlibur ke luar kota demi bisa menikmati kesejukan alam, menjauh dari hingar bingar perkotaan, dan polusi udara yang semakin menjadi-jadi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu kini mulai ada beberapa destinasi wisata berbau alam yang lokasinya tak jauh dari pusat Kota Semarang, salah satunya adalah Hutan Wisata Tinjomoyo.

Bagaimana, apakah kamu pernah berkunjung ke sana? Jika belum, kini saatnya kamu membuat kenangan manis dengan berkunjung ke Hutan Wisata Tinjomoyo, yang berada di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bekas Kebun Binatang

Sumber: duta.co

Meskipun berlabel hutan, namun tempat wisata ini tidak benar-benar rimbun atau bahkan ditumbuhi pohon yang lebat layaknya hutan pada umumnya. Kamu juga tidak perlu trekking selama berjam-jam untuk menembus hutan belantara, karena sebenarnya Hutan Wisata Tinjomoyo hanya bekas sebuah kebun binatang. Oleh karena itu, di hutan ini kamu akan menemukan banyak reruntuhan bangunan atau bahkan bekas kandang hewan.

Pada tahun 2006 yang lalu kebun binatang ini resmi ditutup setelah dilanda banjir besar luapan dari Kali Garang. Penutupan kebun binatang terpaksa harus dilakukan karena satu-satunya jembatan yang menghubungkan dengan pintu masuk putus diterjang derasnya arus sungai. Kemudian kondisi tanah yang labil dan mudah longsor juga menjadi alasan lainnya, yang membuat Pemkot Semarang terpaksa menghentikan operasional kebun binatang. Sementara itu, binatang-binatang koleksi milik Kebun Binatang Tinjomoyo juga dialihkan ke tempat yang baru di daerah Magelang, Jawa Tengah.

Rute dan Jalan Menuju ke Hutan Wisata Tinjomoyo

Sumber: Tribun Jateng/Shela Kusumaningtyas

Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Semarang, sekitar 7 km dari kawasan Tugu Muda yang terkenal itu dan berdekatan dengan Universitas Katolik Soegijapranta atau yang biasa dikenal dengan UNIKA. Tidak perlu takut tersesat, karena sudah banyak petunjuk arah yang akan menuntunmu menuju ke Hutan Wisata Tinjomoyo. Akses menuju lokasi juga sangat baik, jalanan cukup lebar dan teraspal dengan sempurna, sehingga para pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk bisa sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk

Setelah sampai di pintu masuk, para pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar 3 ribu rupiah per orang. Bagaimana, murah bukan? Dengan hanya uang sebesar itu kamu sudah bisa merasakan kesejukan udara di tengah-tengah teriknya Kota Semarang dan mendapatkan banyak spot foto yang instagramable.

Spot Foto Favorit di Hutan Wisata Tinjomoyo

Sumber: Photo by Eva Oktafikasari

Berkunjung ke Hutan Wisata Tinjomoyo tak lengkap jika belum berfoto di spot-spot yang instagramable, di tambah lagi area hutan seluas 57 hektar tersebut juga memiliki pemandangan alam yang menawan. Biasanya para pengunjung akan memanfaatkan sisa-sisa reruntuhan bangunan bekas kebun binatang sebagai latar belakang untuk berfoto.

Sumber: Instagram @hutanwisatatinjomoyo_smg

Ada juga yang mengabadikan potret diri mereka di tengah-tengah jembatan merah dengan latar belakang sungai sekaligus hutan. Saking instagramable-nya, jembatan merah ini sering kali dijadikan sebagai spot foto prewedding bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Misteri Hutan Wisata Tinjomoyo

Dibalik keindahan yang dimilikinya, Hutan Wisata Tinjomoyo ternyata juga diselimuti oleh misteri. Menurut informasi, hutan ini menjadi salah satu tempat favorit bagi paranormal, karena konon di tengah-tengahnya terdapat pesanggrahan gaib yang menjadi tempat berkumpulnya makhluk gaib tak kasat mata. Ada pula yang menyebutkan bahwa tepat di bawah jembatan Tinjomoyo ada gerbang gaib yang dijaga ketat oleh banaspati, makhluk gaib yang menyerupai gumpalan api. Gerbang tersebut juga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, hanya orang-orang pilihan yang mampu melihatnya. Oleh sebab itu, para pengunjung diharapkan untuk menjaga sopan santun dan tata krama selama berada di Hutan Wisata Tinjomoyo demi menghormati para penghuni lainnya.

Terlepas dari misteri yang menyelimutinya, Hutan Wisata Tinjomoyo tetap layak untuk menjadi destinasi wisata favorit di Semarang. Suasananya yang sejuk dan dipenuhi dengan pepohonan rindang sangat cocok bagi mereka yang ingin menghilangkan kepenatan dan menyegarkan otak dari penatnya aktivitas sehari-hari. Jadi tidak perlu berpikir terlalu lama, siapkan liburmu dan segera buat jadwal kunjungan ke Hutan Wisata Tinjomoyo.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…