OUR NETWORK

Menikmati Kolam Renang Bernuansa Alam di Umbul Sidomukti

Source Image: Instagram @umbul.sidomukti

Sebagai ibu kota Jawa Tengah, Semarang dikenal sebagai kota metropolitan yang menawan. Bangunan-bangunan tuanya terlihat sangat klasik dan ikonik, seperti yang terdapat di kawasan Kota Lama dan juga Lawang Sewu. Sedikit menjauh dari pusat kota, tepatnya di Kabupaten Semarang yang berada di kaki Gunung Ungaran, wisata alam juga bertebaran di sana, mulai dari taman bunga, air terjun yang cantik, hingga kolam renang dengan pemandangan yang menawan pun ada di sana, seperti yang ada di Umbul Sidomukti.

Bagaimana, apakah kamu pernah ke sana? Jika memang belum, kini saatnya kamu membuat cerita dan kenangan indah di Umbul Sidomukti. Dalam KBBI, kata ‘umbul’ berarti sumber air dan ‘Sidomukti’ adalah salah satu nama daerah di Kecamatan Bandungan. Sehingga Umbul Sidomukti diartikan sebagai sumber air yang terdapat di daerah Sidomukti.

Sekilas Tentang Umbul Sidomukti

Sumber: instagram @elitatransport

Umbul Sidomukti adalah tempat wisata yang berada di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl, yang secara administratif berada di Desa Sidomukti-Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dan diresmikan pada tahun 2007 oleh wakil bupati Semarang kala itu, Ibu Hj. Siti Ambar Fathonah. Dari pusat Kota Semarang, jarak menuju ke Umbul Sidomukti adalah sekitar 23 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam.

Kolam Renang Bertingkat dengan Pemandangan Epik

Sumber: Instagram @semarang_ldk

Sesampainya di lokasi, para pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar 10 ribu rupiah untuk masuk ke Taman Renang Alam. Wahana ini menyuguhkan tiga kolam renang bertingkat dengan pemandangan alam berupa pegunungan dan areal persawahan milik warga, ketika melemparkan pandangan lebih jauh juga akan terlihat Rawa Pening yang legendaris tersebut.

Sumber: nativeindonesia.com

Sementara itu, ketiga kolam renang di Taman Renang Alam memiliki kedalam yang berbeda-beda, sekitar 1,5 meter untuk kolam renang dewasa dan 30 cm untuk anak-anak. Bentuk kolamnya pun sangat unik, karena tepian kolam dibatasi dengan bebatuan mirip menyerupai mangkok dan tidak berbentuk kotak atau pun persegi panjang seperti kolam renang pada umumnya. Para pengunjung juga bisa menyaksikan air mancur setinggi 1,5 meter di kolam renang tingkat paling atas.

Bermain Outbond

Sumber: Instagram@yuliati_ang

Puas berenang, para pengunjung juga bisa mencoba outbond di Taman Berani untuk melatih keberanian si buah hati dengan hanya membayar biaya tambahan sebesar 10 ribu rupiah. Di sana terdapat gardu pandang, yang bisa dinaiki oleh anak-anak dengan melewati tangga yang terbuat dari bambu dan tali.

Untuk orang dewasa, bisa mencoba Adrenalin Games yang tak lain adalah wisata outbond dengan tantangan yang cukup ekstrem. Terdapat beberapa wahana yang bisa dicoba oleh pengunjung, seperti flying fox hingga jembatan tali. Kali ini harganya tiketnya bermacam-macam, tergantung dengan wahana apa yang ingin dicoba. Akan tetapi, semakin ekstrim wahana yang ingin dicoba, maka biayanya juga semakin mahal karena lebih banyak peralatan keselamatan yang dibutuhkan. Wahana yang paling diminati adalah Flying Fox Lembah, karena para pengunjung akan meluncur dari ketinggian sekitar 70 meter dengan panjang lintasan kurang lebih 110 meter. Untuk bisa menikmati Flying Fox Lembah setiap pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 18 ribu rupiah.

Bermalam dan Berkuda di Umbul Sidomukti

Sumber: Instagram @ragentar_outbound

Apabila masih kurang puas menikmati keindahan Umbul Sidomukti, pihak pengelola juga telah menyiapkan camping ground di area outbond, yang di mana lokasinya sedikit berada di puncak bukit, dengan membayar biaya tambahan sebesar 18 ribu per orang. Tidak perlu khawatir apabila tidak membawa perlengkapan camping, karena di sana juga disediakan persewaan alat-alat outdoor dengan harga 45 ribu rupiah untuk dome berkapasitas 3 orang, 5 ribu rupiah untuk matras, dan 8 ribu rupiah untuk sleeping bag.

Apabila ingin menikmati Umbul Sidomukti dengan cara yang berbeda, para pengunjung juga bisa mencoba berkuda dengan membayar biaya sebesar 50 ribu rupiah untuk durasi 30 menit. Jika belum mahir berkuda, ada pemilik kuda yang siap untuk mendampingimu.
Bagaimana, apakah tertarik berkunjung ke Umbul Sidomukti? Jadi Umbul Sidomukti bukan hanya tentang kolam renang bernuansa alam, namun banyak terdapat wahana seru lainnya yang bisa dicoba untuk membuat kesan yang manis.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…