in

Pulau Karimata, Surganya yang Turun di Kalimantan

Sumber Gambar Dari Instagram @amazingborneo.id

Indonesia mempunyai banyak sekali pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sebagian besar dihuni oleh manusia, hewan, dan pepohonan yang membuatnya semakin mengesankan untuk dikunjungi. Salah satu kawasan tersebut yang juga bisa dikatakan sebagai surganya Indonesia adalah Kepulauan Karimata.

Keindahannya memang tidak bisa dibandingkan dengan kepulauan yang lain. Masyarakatnya juga sangat ramah. Sehingga, betah berlama-lama di tempat ini. Bahkan, ada banyak event yang diselenggarakan disini lho. Jadi, sayang sekali bila ke Kalimantan tidak menyempatkan waktu berkunjung ke tempat ini.

Mengenal Kepulauan Karimata

Sumber: Instagram @hanya_chebonk

Kepulauan Karimata sendiri mempunya 3 pulau besar yang bisa kamu kunjungi dan nikmati. Tidak hanya sampai disitu saja, ada juga 60 pulau kecil yang cukup mengesankan dengan berbagai keindahan yang ditawarkan. Mulai dari diiving, snorkeling, mancing, atau menikmati senja romantis yang sulit dilupakan.

Disini, hanya mempunyai 3 Desa saja, dimana sebagain besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Tidak heran bila hampir banyak kapal yang berlalu lalang dan bersandar disini. Bagi kamu yang ingin membeli ikan ini, kamu bisa langsung mengunjungi para nelayan selesai melaut. Harganya murah dan jaminan ikannya sangat segar, enak untuk dimasak apa pun yang kamu mau.

Sumber: Instagram @uti_heriansyah

Tidak cukup dengan pemandangannya saja yang indah dan membuat kamu terpukau. Tempat ini juga mempunyai penduduk asli atau suku yang harus kamu kunjungi. Mereka adalah Suku Galang yang mempunyai adt istiadat dan budaya yang cukup kental, bisa kamu pelajari dan juga nikmati selama menjelajah tempat ini.

Cara Menuju ke Kepulauan Karimata

Sumber: Instagram @hanya_chebonk

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Pulau Karimata, satu-satunya alat transportasi yang bisa kamu gunakan adalah Laut dan itu Kapal. Ada dua pelabuhan yang bisa kamu jadikan sebagai akses masuk. Bisa melalui Pelabuhan Kakap atau juga Ketapang.

Bila kamu memilih Pelabuhan Kakap, menuju ke Pelabuhan kamu bisa masuk melalui Bandara Supadio. Bila tidak ingin repot harus berpindah alat transportasi kamu bisa menggunakan kapal laut dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, atau Tanjung Mas Semarang.

Sumber: Instagram @ifairuzzabadi

Dari Pelabuhan Kakap kamu bisa naik kapal barang yang menganggkut beberapa kebutuhan bahan pokok. Waktu yang ditempuh mulai dari 8 jam hingga 10 jam lamanya. Kapal ini akan singgah, di berbagai pulau di Kepulauan Karimata. Bila melalui Ketapang, kamu bisa naik kereta apai terlebih dahulu, kemudian jalan kaki kurang lebih 7 menit dari Stasiun Ketapang.

Dari Banyuwangi menuju ke Kepulauan Karimata kurang lebih 12 jam sampai 16 jam. Tergantung bagaimana kondisi laut. Jadi, persiapkan benar perbekalan kamu ya. Agar tidak habis di jalan.

Pesona Wisata Kepulauan Karimata

Sumber: Instagram @dewo.satriyo

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bila Kepulauan Karimata mempunyai keindahan bawah laut yang mempesona. Bahkan, kamu bakal dibuat terkejut dan enggan untuk berkedip. Pemandangan karang , ikan-ikan kecil yang mengesankan bisa kamu nikmati. tumbuhan lautnya pun sangat banyak dan beragam.

Dari segi fauna yang ada disini, tidak hanya ikan kecil saja. Ada pula Duging, Kura-Kura Gading serta Tuntong.  Bagi kamu yang ingin berkemah dan menyantap ikan-ikan yang lezat, kamu bisa mencoba memancingnya.

Sumber: Instagram @uti_heriansyah

Ada banyak spot memancing yang bisa kamu pilih. Atau, kamu juga bisa ikut para nelayan yang sedang berlayar pada malam hari. Jangan lupa bawa semua perlengkapannya semua sendiri dari rumah. Karena, disini belum disediakan sewa tempat untuk memenuhi semua kebutuhan kamu.

Jangan disangka, pulau ini tidak punya Gunung ya. Di tempat ini ada Gunung cabang yang merupakan puncak tertinggi dari Pulau Karimata. Biasanya, bila sabtu minggu tiba, banyak pendaki dari luar Pulau Karimata akan mencoba menikmati keindahannya dari atas sini.

Sumber: Instagram @arumayurei

Di kepulauan Karimata sendiri juga banyak berdiri warung-warung yang menyediakan berbagai macam menu makanan khas yang harus kamu coba. Hampir semuanya adalah olahan ikan yang pastnya nikmat dan lezat. Dengan harga mulai dari 20 ribuan saja. Cukup murah bukan?

Kesimpulan

Sumber: Instagram @arumayurei

Kepulauan Karimata adalah bagian dari Kalimantan yang tidak bisa terpisahkan. Panoramanya memang menjajikan. Bagiakan sebuah patahan surga yang jaraknya cukup jauh dan melelahkan. Jadi, sebelum pergi kesini, persiapkan semuanya terlebih dahulu. Kalau begitu, kapan kamu sap menjadikan tempat ini sebagai daftar wirsata kamu.