in

Danau Cermin, Keindahan Surga Yang Tersembunyi Di Tabalong

Danau Cermin
Danau Cermin

Danau Cermin yang biasa dikenal dengan sebutan Danau Sampalang ini berada di Tabalong, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Danau yang cukup berukuran kecil ini sangat menyimpan keindahan alam seperti surga yang tersembunyi. Keindahannya akan membuat siapapun yang berkunjung seperti terhipnotis dengan pemandangan yang disuguhkan. Dulu danau ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas, namun begitu danau ini sudah terkenal di dunia maya, danau ini menjadi incaran para traveller.

Danau ini berada di pelosok daerah, sehingga anda akan jarang sekali menjumpai resort atau penginapan di daerah sekitar danau ini. Danau ini terletak di tengah-tengah hutan tropis di Kalimantan, sehingga keasriannya masih sangat terjaga. Bahkan tempat ini belum mendapatkan perhatian dari Pemerintah setempat sehingga pengelolaannya masih sangat minim. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang sangat ingin jauh dari keramaian dan ingin mendapatkan ketenangan.

Sumber: superadventure.co.id

Namun bagi anda yang ingin menghabiskan malam di danau ini, anda bisa mendirikan tenda disekitar danau. Tentu saja anda harus mendapatkan izin terlebih dulu dari penduduk setempat, hal ini bertujuan untuk keamanan dan keselamatan anda jika tiba-tiba ada kejadian yang tidak diinginkan. Anda tidak perlu takut atau sungkan jika ingin meminta tolong kepada penduduk setempat, karena penduduk setempat sangat ramah dan baik. Bahkan jika anda takut untuk camping di danau, anda bisa meminta beberapa penduduk setempat untuk menemani anda.

Keindahan Danau Yang Tiada Duanya

Sumber: hipwee.com

Jika bisa mendapatkan sebuah gelar, mungkin Danau Cermin akan mendapatkan gelar danau tercantik yang ada di Kalimatan Timur, bahkan di Indonesia. Hal ini dikarenakan air yang ada di danau ini memang benar-benar bening dan sangat jernih. Anda bahkan bisa melihat pemandangan yang ada dibawah air dari atas perahu atau dari tepi danau. Asal mula kata cermin pada danau ini didasari oleh beningnya air danau yang bahkan bisa digunakan untuk bercermin.

Sumber: wisatapangandaran2017

Karena letaknya yang berada di tengah-tengah hutan, danau ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang sangat hijau. Selain itu, di sekitar danau anda juga akan menjumpai beberapa batu-batu besar yang ada ditepi danau. Anda bisa duduk diatas batu untuk bersantai menikmati keindahan yang disuguhkan. Anda juga bisa berenang di danau ini, namun bagi anda yang tidak bisa berenang di kedalaman, anda bisa bermain air ditepian danau. Segarnya air bisa anda nikmati membasahi tubuh anda, selain itu air di danau ini menurut penduduk setempat juga bisa diminum karena kejernihannya. Setiap tegukan dari air danau ini akan melepaskan dahaga anda berkat perjalanan jauh yang sudah anda tempuh.

Keunikan Danau Cermin Yang Menjadi Daya Tarik

Sumber: travelcuy.com

Selain keindahan yang dimilikinya, danau ini juga memilik beberapa fakta yang sangat unik. Jika biasanya sebuah danau terbuat dari air tawar, danau ini justru memiliki dua jenis air. Danau Cermin memiliki air tawar dan juga air asin yang biasanya ada di laut. Karena keunikannya ini, danau ini sangat terkenal dan sangat membuat para pecinta alam penasaran untuk mengunjungi danau ini untuk memuaskan rasa penasarannya tersebut. Sepertinya hanya di danau ini anda akan menjumpai dua jenis air yang berbeda.

Karena memiliki dua jenis air yang berbeda, danau ini juga memiliki dua jenis biota yang berbeda. Anda mungkin akan heran jika melihat di danau ini terdapat biota air tawar dan biota air laut. Ekosistem yang diciptakan di danau ini sangat unik, terdapat dua jenis air dan dua jenis biota yang ada di dalamnya. Karena memiliki keindahan dan keunikan yang sangat langka, anda bahkan bisa melakukan snorkeling dan diving di danau ini. Danau Cermin seolah-seolah memberikan anda sensasi berlibur yang sangat lengkap. Anda bisa menikmati ketenangan danau dan keindahan kehidupan di air seperti di laut.