OUR NETWORK

Mengintip Kesejukan Air Terjun Kasaka di Pedalaman Hutan Buton

Sumber Gambar: festivaljalanjalan.com

Alam Indonesia selalu menjanjikan pesona yang menawan, terutama keindahan di pesisir. Hal itu tidak lepas dari kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Namun, keindahan alam Indonesia juga tidak hanya tentang pantai, karena masih banyak pesona yang bisa dijumpai di Bumi Pertiwi, mulai dari gunung, danau, goa, hingga air terjun. Ngomong-ngomong soal air terjun, di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Buton Selatan, ada Air Terjun Kasaka yang memiliki pesona alam luar biasa, ditambah dengan udara yang sejuk.

Lokasi Air Terjun Kasaka

Sumber: festivaljalanjalan.com

Dilihat secara administratif, Air Terjun Kasaka berada di Kelurahan Lakambau, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Apabila datang dari Kota Baubau, para pengunjung masih harus menempuh perjalanan selama 40 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai Desa Lakambau. Sesampainya di sana, perjalanan harus dilanjutkan dengan cara berjalan kaki kurang lebih selama 40 menit.

Walaupun tidak memakan waktu selama berjam-jam, namun di sinilah tantangan yang sesungguhnya. Para pengunjung akan dihadapkan pada jalan setapak yang masih berupa tanah, membelah hutan belantara yang masih alami. Sesekali juga harus menyusuri tepian sungai untuk sampai di Air Terjun Kasaka.

Air Terjun Kasaka yang Unik

Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan, setibanya di lokasi para pengunjung akan langsung disuguhi dengan panorama alam yang cantik. Air Terjun Kasaka tidak memiliki debit air yang terlalu besar, tingginya juga mungkin hanya sekitar 5 meter, namun yang membuatnya terlihat unik adalah bentuknya yang menyerupai jamur raksasa. Bagian atas air terjun terlihat lebih luas, sementara bagian yang di bawahnya lebih ramping.

Tepat di bawah guyuran air terjun terdapat kolam alami dengan air yang terlihat jernih dan begitu menyegarkan. Suasana yang masih alami, berpadu dengan suara burung dan serangga hutan yang saling bersahut-sahutan, akan memberikan ketenangan batin tersendiri. Air Terjun Kasaka juga masih sepi pengunjung, selain karena lokasinya yang berada di dalam hutan, kurangnya promosi serta kondisi air terjun yang belum dikelola secara maksimal juga menjadi alasan yang lainnya. Namun, kondisi itu lah yang membuat Air Terjun Kasaka sangat cocok bagi mereka yang memang ingin menenangkan diri, jauh dari hingar bingar kehidupan di perkotaan, yang terkadang sangat menjenuhkan.

Cara Terbaik Menikmati Keindahan Air Terjun Kasaka

Berkunjung ke Air Terjun Kasaka belum lengkap jika tidak merasakan kesegaran dan kesejukan air di kolamnya, Tenang, kolam tersebut tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk para pengunjung yang memang tidak bisa berenang. Mereka juga bisa naik ke atas air terjun melalui bebatuan yang berada di samping kanan dan kiri.

Apabila tidak membawa baju ganti, duduk-duduk bersantai di tepi kolam air terjun juga bisa menjadi pilihan. Oh ya, pengunjung juga bisa memanfaatkan keindahan alam Air Terjun Kasaka sebagai landscape foto. Dijamin, hasilnya bakal instagramable!

Harga Tiket Masuk

Sumber: pariwisataku.com

Sampai saat ini para pengunjung belum akan ditarik biaya tiket masuk untuk menuju ke Air Terjun Kasaka, karena memang destinasi wisata alam ini belum dikelola secara resmi. Oleh sebab itu, di sana juga belum ditemukan fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung, termasuk toilet. Tidak ditemukan juga warung-warung sederhana yang menjual makanan, sehingga mengharuskan wisatawan untuk membawa perbekalan sendiri dari rumah.

Tidak Ada Penginapan, Berkemah Pilihan Terbaik

Lokasinya yang berada di pedalaman hutan membuat wisatawan tidak akan menemukan tempat penginapan di Air Terjun Kasaka. Pilihan terbaik untuk bermalam di Air Terjun Kasaka adalah dengan cara mendirikan tenda. Tidak perlu khawatir soal lahan, karena tidak jauh dari Air Terjun Kasaka terdapat lahan kosong yang bisa digunakan untuk membangun beberapa tenda dome. Akan tetapi, para pengunjung juga harus mempersiapkan tenda dan peralatan penunjang lainnya sebelum berkemah di sekitar Air Terjun Kasaka, karena di lokasi juga tidak ditemukan tempat penyewaan alat-alat outdoor.

Bagaimana, apakah tertarik menghabiskan waktu libur di Air Terjun Kasaka? Untuk kamu yang mengaku sebagai pecinta alam, rasanya berkunjung ke Air Terjun Kasaka adalah suatu keharusan. Dijamin, kamu tidak akan menyesal berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…