OUR NETWORK

Mengintip Lukisan Aneh di Goa Kontilola yang Pernah Dihuni Alien

Sumber: Suara.com

Kehidupan manusia prasejarah selalu menarik untuk dibahas. Selain keunikannya, manusia prasejarah juga sering kali menuangkan kreatifitas seninya di dinding-dinding goa. Entah dengan apa mereka melukis, namun yang menjadi ciri khas lukisan purba adalah letaknya yang berada di atap-atap goa, jauh dari jangkauan manusia normal. Di Indonesia pun banyak goa-goa yang menyimpan lukisan prasejarah, salah satunya di Goa Kontilola, Wamena. Namun anehnya, lukisan di Goa Kontilola justru mirip seperti alien, sehingga memunculkan dugaan bahwa goa ini dulunya pernah dihuni makhluk luar angkasa.

Lokasi Goa Kontilola

Sumber: Instagram @limsyahrul

Goa ini berada di Lembah Baliem, yang secara administratif berada di Wamena, Papua. Dari pusat Kota Wamena, para wisatawan harus melakukan perjalanan kurang lebih selama satu jam untuk sampai di Desa Suku Dani. Perjalanan bisa menggunakan kendaraan roda empat dengan 4 penggerak atau 4WD, mengingat beratnya medan di Papua yang belum sepenuhnya jalan teraspal mulus.

Sumber: Detik

Sesampainya di Desa Suku Dani, perjalanan dilanjutkan menuju ke perbukitan Lembah Baliem yang cukup terjal. Di sini lah tantangan yang sesungguhnya akan dimulai, di mana langkah akan terasa lebih berat dan keringat akan mengucur deras di sepanjang perjalanan. Akses yang belum memadai ditambah hutan belantara dengan medan yang terjal, membuat wisatawan harus menyewa pemandu untuk menemaninya menuju ke Goa Kontilola.

Kondisi di Dalam Goa Kontilola

Sumber: Instagram @meniksuyani

Sesampainya di Goa Kontilola, wisatawan akan disambut dengan mulut goa yang cukup luas, lengkap dengan stalagmit dan stalagtit yang menghiasi. Berjalan beberapa langkah masuk ke dalam goa, wisatawan akan menemukan ruangan yang cukup luas, mirip seperti aula. Udara dingin, lembab, dan gelap adalah pemandangan yang didapati ketika menginjakkan kaki di aula pertama. Berjalan beberapa meter ke dalam goa, wisatawan akan menemukan aula yang kedua. Di sini lah, lukisan mirip alien itu berada.

Diduga Pernah Dihuni Alien

Sumber: Kompas

Berbeda dari lukisan manusia purba pada umumnya yang menggambarkan diri mereka sendiri, lukisan di atap-atap Goa Kontilola justru memiliki bentuk yang aneh. Lukisan tersebut mirip seperti manusia, namun dengan kepala yang gundul seperti mengenakan helm dan hanya memiliki empat jari. Lukisan manusia tersebut juga memiliki telinga yang berbentuk lonjong, jauh berbeda dari bentuk telinga manusia pada umumnya.

Sumber: Boombastis.com

Ada beberapa lukisan alien yang ada di Goa Kontilola, yang mana lukisan tersebut diduga adalah pasangan pria dan wanita. Dugaan itu muncul karena ada beberapa lukisan alien di Goa Kontilola yang digambarkan memiliki dua lingkaran kecil di bagian dadanya, mirip seperti payudara wanita. Sementara lukisan yang lainnya tidak memiliki lingkaran di bagian dadanya.

Kerajaan Kelelawar

Sumber: Mongbay

Pesona lainnya dari Goa Kontilola adalah keberadaan ratusan bahkan ribuan kelelawar yang mendiaminya. Ketika sore hari, kelelawar akan keluar dari Goa Kontilola untuk mencari makan setelah tidur sepanjang hari. Semakin ke dalam goa, wisatawan akan menjumpai kelelawar dalam jumlah yang semakin banyak. Bahkan kotoran mereka sampai menggunung di dasar goa, dan menciptakan bau yang tak sedap.

Sungai Bawah Tanah yang Penuh Misteri

Di dalam Goa Kontilola juga terdapat aliran sungai bawah tanah. Namun, sampai saat ini sungai bawah tanah tersebut sama sekali belum terjamah oleh manusia. Masyarakat setempat meyakini bahwa di sungai bawah tanah Goa Kontilola dihuni oleh makhluk misterius yang belum pernah dijumpai manusia.

Sumber: Suara.com

Itulah ulasan singkat mengenai Goa Kontilola, lengkap dengan lukisan misteriusnya yang sampai saat ini belum bisa terpecahkan. Namun, ada beberapa peneliti yang meyakini bahwa lukisan di Goa Kontilola adalah lukisan manusia purba, seperti yang terdapat di beberapa goa lainnya di Nusantara. Hanya saja ketiadaan teknologi pada masa itu membuat mereka menggambar dengan kemampuan yang seadanya. Sementara itu, lokasi lukisan yang berada di atap goa dengan ketinggian belasan meter dari permukaan tanah, itu dilakukan oleh para manusia prasejarah sebagai wujud penghormatan kepada nenek moyang mereka. Mereka beranggapan bahwa semakin tinggi lukisan maka penghormatan yang mereka berikan akan semakin besar.

Bagaimana, tertarik berlibur ke Goa Kontilola? Jaga serta kelestarian alam Indonesia untuk warisan bagi anak cucuk di masa mendatang.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…