in

Menikmati Kedamaian Krueng Lampoh Lada di Pidie Jaya

Sumber: Instagram@ahlulfikri_

Apa yang kamu ketahui tentang Aceh? Mungkin salah satu jawabannya adalah bencana dahsyat di awal abad ke-21, yaitu tsunami Samudera Hindia yang menewaskan lebih dari 200 ribu korban jiwa. Bencana yang diawali dengan gempa dahsyat 9 magnitudo itu memuluhlantahkan Aceh, menghancurkan ribuan rumah dan bangunan, dan juga menerjang beberapa negara tetangga seperti Thailand, Sri Lanka, hingga merembet pula ke benua Afrika. Ya, itu lah Aceh yang dulu, dan kini provinsi yang menyandang status sebagai Daerah Istimewa itu sudah berbenah, kehidupan perekonomian sudah mulai kembali normal, begitu pula dengan kegiatan pariwisatanya.

Setelah 16 tahun berlalu, kini mulai banyak ditemukan destinasi wisata baru di Bumi Serambi Mekkah. Akan tetapi hingga saat ini pantai masih menjadi destinasi wisata favorit di daerah Aceh, hal yang lumrah karena kondisi geografisnya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan Laut Andaman di sebelah utara. Namun, apabila sudah mulai bosan dengan wisata pantai, kini saatnya kamu mencoba destinasi wisata lainnya yang berada di Aceh. Krueng Lampoh Lada nampaknya bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan atau hari besar nasional.

Lokasi Krueng Lampoh Lada

Sumber: tempatwisataseru.com

‘Krueng’ adalah Bahasa Aceh, yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti sungai. Sesuai dengan namanya, Krueng Lampoh Lada berada di Desa Lampoh Lada yang berada di Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Krueng Lampoh Lada sendiri hanya berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Pidie Jaya, atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit. Sementara dari ibu kota Aceh, Banda Aceh, jarak ke Krueng Lampoh Lada masih sekitar 110 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 10 menit.

Memang cukup jauh dari ibu kota provinsi Aceh, namun bagi mereka yang memang ingin mencari ketenangan dan kedamaian, Krueng Lampoh Lada mungkin bisa menjadi pilihan. Akses menuju ke lokasi juga sudah cukup baik dengan jalanan yang beraspal, hanya saja jelang sampai krueng jalanan masih banyak yang rusak. Hal yang wajar sebenarnya, karena memang Krueng Lampoh Lada berada di pedesaan.

Daya Tarik Krueng Lampoh Lada

Berbicara soal tempat wisata tentunya tak lengkap apabila tak membahas mengenai daya tariknya. Nah, di Krueng Lampoh Lada ini sendiri yang menjadi daya tariknya adalah suasananya yang masih sangat alami dan sunyi. Terasa sangat damai, jauh dari keriuhan kota, apalagi polusi dari kendaraan bermotor. Air di krueng tersebut juga sangat jernih, bisa menggoda siapa saja untuk segera menceburkan diri di dalamnya. Krueng Lampoh Lada juga cukup unik, karena mayoritas dipenuhi dengan bebatuan dengan formasi yang menarik.

Cara Terbaik Menikmati Keindahan Krueng Lampoh Lada

Sumber: tempatwisataseru.com

Kondisi Krueng Lampoh Lada yang tak terlalu dalam membuatnya tak cocok sebagai tempat untuk berenang. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa bermain air di sana, menikmati kesegaran air di krueng. Apabila tak ingin basah-basahan, duduk di atas bebatuan yang berada di tepian sungai juga bisa menjadi pilihan. Tak perlu terlalu banyak berfoto selfie, karena kedamaian dan keasrian alam yang disuguhkan oleh Krueng Lampoh Lada bisa membuatmu lupa akan dunia media sosial.

Fasilitas di Krueng Lampoh Lada

Tidak ada fasilitas yang memadai di Krueng Lampoh Lada, karena memang wisata ini belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah setempat. Tidak banyak traveller yang mengetahui tempat ini, kurangnya promosi dan minimnya informasi mungkin menjadi salah satu alasannya. Hal yang sangat disayangkan sebenarnya, padahal sebenarnya Krueng Lampoh Lada memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Pidie Jaya.

Di sana kamu juga tidak akan menemukan para penjual minuman atau pun makanan ringan. Oleh sebab itu, sebelum berkunjung ke Krueng Lampoh Lada kamu harus mempersiapkan bekal dari rumah atau mungkin membelinya di tengah-tengah perjalanan.
Bagaimana, apakah kamu tertarik? Walau pun fasilitasnya masih cukup minim, namun kamu dijamin tidak akan menyesal berkunjung ke Krueng Lampoh Lada. Langsung saja ke sana, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam.