in

Menikmati Keindahan Bogor Dari Puncak Gunung Salak Via Tajurhalang

Sumber Gambar dari Instagram @iimhs

Gunung Salak dengan ketinggiannya mencapai 2211 Mdpl memang tampak mengesankan untuk didaki. Walaupun, semua pendaki pun mengerti bahwa gunung ini mempunyai hal mistis yang cukup menyerapkan. Namun, keindahannya mengalahkan rasa takut itu sendiri.

Kali ini, kami akan mencoba naik puncak Salak melalui jalur Tajurhalang. Pendakian dari sini memang terlalu terkenal. Banyak pendaki yang enggan melalui jalur ini. Padahal, pesonanya tidak kalah dengan yang lain lho. Penasaran, apa saja yang akan kami temui di jalur pendakian ini. Mari kita lanjutkan perjalanannya di bawah ini.

Menuju ke Basecamp Tajurhalang

Menuju ke Basecamp ini, kamu bisa naik KRL terlebih dahulu menuju stasiun Bogor. Kemudian, bisa naik angkot atau lebih baik sewa angkot bila datang dengan rombongan banyak. Biasanya tarif yang harus kamu bayar kurang lebih 450 ribuan untuk pulang pergi. Atau kamu bisa mendapatkan harga sekitar 700 ribuan untuk pulang pergi.

Di tempat ini memang belum tersedia basecamp yang mumpuni. Sehingga, lebih disarankan menggunakan transportasi umum dari pada kendaraan pribadi. Untuk perizinan kamu bisa menghubungi kepala desa setempat. Setelah mendapatkan izin dengan pendataan lengkap barulah kamu bisa naik ke atas. Menikmati pesona Puncak Salak Via Tajurhalang.

Jalur Pendakian

Awal jalur pendakian kamu tidak akan menemukan jalur yang sulit, lebih landai dengan melintas perkebunan warga. Barulah beberapa menit sebelum masuk hutan, kamu bisa menikmati jalur yang cukup rapat dengan pepohonan ilalang yang cukup menghalangi. Jalannya cukup sempit hanya bisa ditempuh untuk satu orang saja.

Setelah masuk pos 1, kamu masih akan menikmati jalur yang menanjak dengan beberapa pepohonan yang cukup rapat. Nah, disini juga kamu bisa melewati pepohonan yang tumbang.

Salah satu tantangan di jalur pendakian ini adalah banyaknya jalur yang hampir mirip-mirip. Oleh karena itu, kamu harus jeli ikuti jalur tanah yang ada. Tidak ada pos yang bisa kamu temukan. Jadi, disarankan untuk beristirahat bila memang kamu sudah merasa lelah.

Disini jarang terlihat tempat yang cukup luas. Jadi, bila kamu menemukan kawasan yang bisa untuk 10 orang, lebih baik berhenti dan nikmatilah perbekalan yang sudah kamu bawa. Perjalanan ke atas akan semakin susah dengan jalur yang semakin rapat. Udara sejuk bisa kamu rasakan dengan nafas yang terengah-engah.

Karena jalannya yang memang kecil, kamu harus berbagi dengan pendaki yang mau turun. Jadi, disarankan kamu berhenti. Karena perjalanan turun memang sangat melelahkan dan lebih susah daripada perjalanan naik. Sampai menuju ke puncak kamu tidak akan disuguhkan dengan sumber mata air.

Jadi, usahakan bawa air yang cukup agar tidak kehabisan sampai ke puncak. Perjalanan yang dibutuhkan mencapai 4 jam. Bagi para pemula bisa sampai 6 jam, karena tanjakannya yang harus dilalui cukup tinggi. Bila susah mengatur nafas, rasa lelah akan sangat terasa.

Puncak

Gunung Salak mempunyai 7 puncak yang berbeda. Dimana, di jalur ini kamu hanya bisa mencapai Puncak Salak 6 atau Puncak Mossa yang mempunyai ketinggian 1800 Mdpl. Puncak ini berupa tanah lapang yang bisa untuk mendirikan setidaknya 10 tenda. Bagi kamu yang mempuyai nyali lebih, biasanya dari Puncak Mossa, lanjut menuju ke Puncak 3. Kemudian naik dan sampai di Puncak 1 yang merupakan kawasan tertinggi.

Tetapi, untuk bisa mencapainya diperlukan tenaga ekstra dan kerja keras yang tinggi. Jalurnya bukan hanya mengesankan melainkan sudah mengerikan. Jalur sempit dengan jurang dan angin yang tidak pernah berhenti.

Jalur ini juga mempunyai cerita mistis. Jadi, diharapakn untuk tetap menjaga norma yang ada agar tetap aman selama disini. Bagi kamu yang ingin turun, kamu bisa menempuhnya dengan waktu 2 jam sampai 3 jam 15 menit.

Kesimpulan

Gunung Salak Via Tajurhalang merupakan salah satu jalur pendakian yang harus kamu lalaui. Keindahannya, memang tidak bisa dibandingkan dengan yang lainnya. Panorama yang mengesankan dan pengalaman mendaki yang tidak terlupakan adalah keindahan yang sesungguhnya. Jangan lupa untuk bawa sampahmu kembali dari atas. Jagalah kebersihan, karena semakin bersih gunung akan semakin indah. Jangan lupa menggendakan tempat ini untuk pendakian kamu selanjutnya ya.