in

Menikmati Keindahan Gunung Merbabu Via Jalur Pendakian Wekas

Sumber Gambar: Google Maps @Alif Bagus

Gunung Merbabu mempunyai beberapa jalur pendakian yang tersebar di tiga Kabupaten. Magelang, Boyolali, dan Semarang. Nah, salah satu tempat paling diminati para pendaki di Kabupaten Magelang adalah Jalur Wekas. Dimana, tempat ini mempunyai trek yang cukup ramah dan pemandangan yang elok

Diantara semua jalur, Wekas merupakan jalur terpendek untuk bisa mecapai Puncak Kenteng Songo yang merupakan puncak tertinggi di Merbabu.  Walaupun begitu, untuk bisa mendaki gunung melalui jalur ini. Kamu tetap harus berolahraga terlebih dahulu. Agar, kaki dan seluruh badan tidak terasa pegal-pegal setelah mendaki.

Menuju ke Basecamp Wekas

Menuju ke Basecamp ini kamu bisa menuju ke Magelang dan turunlah di Pasar Sapi. Setelah itu, kamu bisa naik ojek untuk sampai di titik awal pendakian. Untuk uang simaksinya kamu akan ditarik 10 ribu rupiah saja. Ditambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu rupiah.

Di Basecamp ini, fasilitas juga sudah cukup banyak. Meliputi colokan listrik, warung, tempat istirahat, kamar mandi. Setelah mengisi data diri rombongan, kamu bisa memulai pendakian menuju ke Puncak Merbabu.

Menuju ke Pos 2, dan Pos Tugu Perbatasan

Satu hal yang unik di jalur pendakian Wekas adalah tidak adanya pos 1. Jadi, setelah dari basecamp kamu bisa berjalan langsung menuju ke Pos 2. Sebenarnya bukan tidak ada pos 1, tetapi pos ini dinonaktifkan. Karena, untuk bisa menuju ke pos ini, kamu harus mendaki jalur yang sangat ekstrim.

Sumber Gambar: Google Maps @Fauziyah Nur Aini

Jadi, pihak pengelola mencoba mencari jalur baru yang langsung menuju ke Pos 2. Dengan jalur yang lebih ramah. Jalur yang harus kamu lalui adalah ladang warga. Setelah 30 menit, barulah kamu masuk ke hutan dengan pemandangan pohon pinus yang mengesankan. Nah, menuju ke Pos 2 sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam 15 menit. Waktu yang cukup lama karena, jalurnya memutar.

Di pos 2, kamu bisa melihat area yang cukup luas. Kamu bisa mendirikan tenda disini. sekedar menikmati camilan dan air minum. Setelah pos 2, kamu akan tiba di pos tugu perbatasan. Waktu yang cukup singkat bukan. Dimana, pos ini merupakan perbatasan antara Kabupaten Boyolali dengan Semarang.

Sumber Gambar: Google Maps @Arya the Sneakerhead Pirate

Di pos ini pula kamu akan bertemu dengan para pendaki yang memilih jalur pendakian via Thekelan dan Cunthel menuju ke pos ini membutuhkan waktu 75 menit saja. Jalurnya berupa hutan dan semak-semak. Tidak ada percabangan jalan. Jadi, kamu tinggal berjalan lurus saja. Maka, kamu akan tiba di pos ini.

Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Rifdy Febrian

Dari Pos tugu ini kamu bisa menuju ke arah puncak. Tetapi, sebelumnya kamu harus melewati pos helipad dan juga kawah mati. Setelah itu baru kamu akan menemukan pertigaan. Kamu bisa memilih mau ke puncak syarif atau ke Puncak Ondo Rabte.

Kalau mau pergi ke Puncak Kenteng Songo. Pilihlah jalur menuju ke Ondo Rabte terlebih dahulu. Baru, kamu bisa melewati jurang setan yang juga melewati sebuah kawah dengan sebuah tali yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Menuju ke puncak melalui Wekas kamu tidak akan menemukan sumber mata air sedikit pun. jadi, diharapkan kamu membawa sendiri minuman dari bawah. Sesampianya di Kenteng Songo, kamu bisa menemukan sebuah tugu dan juga area yang cukup luas. Kamu juga bisa lho memilih area ini sebagai tempat camp kamu.

Puncak selanjutnya adalah Trianggulasi yang hanya berjarak 30 menit saja. Turun sebentar lalu berjalan lurus dan menanjak menuju ke trianggulasi. Menarik sekali bukan jalur via Wekas yang bisa membawamu ke hampir semua Puncak Merbabu.

Kesimpulan

Gunung Merbabu via Wekas menjadi perjalanan yang mengesankan. Tidak ada sumber mata air yang bisa kamu temukan. Tetapi. waktu tempuh yang relatif singkat. Pesonanya memang memukau setiap pendaki yang berkunjung ke sini. Jangan lupa, untuk berhati-hati saat mendaki Merbabu. GUnung ini terkenal memiliki badai yang dahsyat.

Bahkan kekuatan Badainya lebih mengerikan lho. Usahakan untuk memilih tempat yang benar-benar nyaman untuk camping. Selain itu, kawasan ini lebih sering terdapat kabut. Jadi, panorama matahari terbit adalah sebuah keberuntungan yang akan kamu dapatkan bila bisa menyaksikan keindahannya.