OUR NETWORK

Menikmati Keindahan Jawa Tengah Dari Puncak Gunung Sindoro Via Sigedang

Sumber Gambar: adventrave.blogspot.com

Gunung Sindoro dengn ketinggian 3153 Mdpl, menjadi salah satu titik pendakian terfavorit. Hampir seluruh pendaki di seluruh Indonesia sudah pernah mendakinya. Ada beberapa titik pendakian yang bisa dipilih. Kali ini, kami akan mencoba menikmati jalur Sigedang yang konon mempunyai jalur yang sangat indah karena melewati perkebunan teh Tambi.

Disini, kamu harus mengikuti segala aturan yang ada. Salah satunya adalah dilarang membawa tisu basah. Jangan main-main soal aturan ini ya. Bila kamu turun dan ketahuan terdapat sampah tisu basah. Bisa-bisa kamu akan didenda sebesar 1 juta rupiah lho. Hal ini berlaku di semua Basecamp pendakian Gunung Sindoro.

Menuju Basecamp Sigedang atau Tambi

Sumber Gambar: infosindorosumbing.wordpress.com

Basecamp Tambi terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Menuju ke tempat ini pun tidak terlalu sulit. Kamu bisa masuk melalui Terminal Mendolo, Wonosobo. Kamu bisa naik bus yang mengarah ke Dieng. Selanjutnya, turun di pertigaan Rejosari. lalu, naik ojek seharga 20 ribu sampai 30 ribu rupiah.

Bagi kamu yang tidak ingin repot waktu pulang. Kamu bisa memakai jasa tour and travel dengan harag 600 ribu rupiah sudah untuk pulang pergi. Waktu terbaik untuk mendaki adalah pagi hari sekitar pukul 8 pagi. Dengan estimasi 6 jam pendakian, kamu bisa melihat sunset, milky way, dan sunrise.

Untuk harga simaksinya sendiri mencapai 10 ribu rupiah. Ditambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu rupiah per malam bagi yang membawa kendaraan bermotor. Bagi yang membawa mobil, akan dikenalan biaya 10 ribu rupiah per malam.

Menuju Pos 1, Pos 2, Pos 3

Sumber Gambar:i Instagram @alfindy_reno

Menuju ke Pos 1 kamu akan disuguhkan dengan jalanan menuju ke daerah perkebunan teh. Di pintu masuk kebun teh itulah pos pertama, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit. Disini, kamu bisa menikmati shelter yang cukup besar dan biasanya dimanfaatkan untuk melepas lelah.

Bagi yang mau menghemat tenaga dan waktu. Kamu bisa naik jasa ojek untuk bisa sampai di Pos 1 harganya hanya 20 ribu saja. Kamu bisa menghemat hampir 45 menit. Dari sini, kamu sudah dimanjakan dengan kegagahan Gunung Sindoro yang tampak menjulang tinggi.

Semangat 45 biasanya masih berkobar sehingga, banyak yang langsung menlanjutkan perjalanan menuju pos selanjutnya dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit. Menuju pos 2, kamu belum akan masuk hutan. Bila kamu rombongan lebih disarankan untuk naik kendaraan pickup sampai ke pos ini. Harganya 200 ribu sampai 300 ribu untuk pulang pergi.

Sumber Gambar: pendakiindonesia.com

Bila naik ojek 75 ribu untuk pulang pergi. Walau terasa mahal tetapi, waktu pendakian akan relatif singkat, Lumayan bukan menghemat 2 jam 50 menit. Jadi, kamu bisa langsung menuju ke Pos 3. Berjalan sekitar 15 menit kamu akan tiba di patok besi, yang merupakan perbatasan antara perkebunan warga dengan hutan.

Menuju ke pos 3 dengan tanjakan yang cukup melelahkan bakal kamu hadapi, waktu perjalanannya kurang lebih 1 jam 10 menit. Dengan menggunakan pick up sampai di Pos 2, tenaga kamu masih cukup mampu menaklukkan pos 3. yang merupakan kawasan area terbuka dengan ketinggian 2490 Mdpl. Biasanya, banyak pendaki yang akan mendirikan tenda disini.

Menuju Pos 4, Ladang Batu, Sabana

Sumber Gambar: wanadri.or.id

Menuju ke pos 4 jalur akan semakin menanjak, kamu perlu waktu 120 menit untuk bisa menaklukanya. Dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju sabana yang menjadi tempat camping paling disarankan. Tetapi, kamu harus melewati Ladang batu selama 80 menit hingga akhirnya sabana selama 40 menit.

Di jalur ini adalah jalur paling sulit yang harus kamu lalui. Karena, tanjakannya akan sangat menyenangkan dengan sudut kemiringan sudah mencapai 60 derajat. Trek licin berupa tanah dan bebatuan. Kalau tidak hati-hati kamu bisa terjatuh. Tetapi, setelah sampai sabana, perjuangan kamu seakan sudah selesai. Menuju puncak kamu tidak akan disuguhkan dengan trek yang sama, lebih landai.

Pesona Puncak

Sumber Gambar: ariewitantra.com

Menuju puncak kamu akan disuguhkan dengan kawasan kawah yang sudah mati namanya adalah segoro wedi. Kemudian, berjalan 10 menit kamu sudah sampai di Puncak Sindoro. Kemegahan Gunung Sumbing yang mengesankan dan penampakan Gunung Merbabu menjadi hal yang patut diperjuangkan.

Kesimpulan

Gunung Sindoro Via Sigedang memang mengesankan. Pesona kebun tehnya, dan jalur tanjakan yang menguras tenaga memberikan sebuah pengalaman yang berbeda. Apalagi, puncak yang sangat mengesankan dengan pemandangan yang diberikan. Jadi, sudah siap mendaki melalui jalur ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…