OUR NETWORK

Menikmati Pasir Pantai di Danau Biru Tambak Padi

Source Image: zainalhakimmsc.blogspot.com

Seiring berjalannya waktu, alam Kalimantan Selatan mulai rusak karena tangan-tangan jahil manusia. Ratusan hektar hutan harus hancur akibat pembalakan liar, sungai-sungai menjadi keruh berwarna kecoklatan akibat penambangan emas secara illegal, pun demikian dengan kegiatan penambangan pasir yang pastinya juga akan merusak lingkungan. Oleh sebab itu, tidak banyak wisata alam yang bisa ditemui di Kalimantan Selatan, karena memang alam yang sudah mulai rusak.

Namun, di salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan, tepatnya Kabupaten Banjar, di sana terdapat sebuah wisata alam yang cukup menarik, namanya Danau Biru Tambak Padi. Pemandangan yang disajikan juga cukup unik, berupa danau dengan air yang berwarna biru cerah.

Lokasi Danau Biru Tambak Padi

Sumber: the-tanginas.blogspot.com

Sama seperti namanya, danau yang satu ini berada di Desa Tambak Padi, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Jaraknya cukup dekat dari ibu kota Kalimantan Selatan, Banjarmasin, kira-kira 28 km dengan waktu tempuh 45 menit hingga 1 jam perjalanan darat. Akses jalan menuju ke lokasi sudah cukup bagus, lebar dan teraspal dengan mulus, hanya sekitar 10 km jelang sampai Danau Biru Tambak Padi jalanan masih bergelombang dan belum teraspal. Di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan alam khas Kalimantan Selatan, berupa hutan belantara dan areal persawahan yang hijau.

Asal Usul Danau Tambak Padi

Danau Biru Tambak Padi tidak tercipta secara alami atau karena proses alam, melainkan bekas areal penambangan pasir yang sudah ditinggalkan tanpa adanya upaya rehabilitasi lahan. Kubangan bekas galian tambang itu kemudian terisi oleh air hujan, hingga akhirnya terbentuk seperti danau.

Pesona Danau Tambak Padi

Sumber: zainalhakimmsc.blogspot.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, danau ini tampak unik karena memiliki air yang berwarna biru. Di bagian tepi danau yang tidak terlalu dalam, airnya berwarna biru muda dan berwarna biru tua di bagian tengah atau yang paling dalam. Air danau yang berwarna biru disebabkan oleh adanya pantulan sinar matahari, dan terlihat sangat jernih karena bagian dasar danau berupa pasir putih layaknya sebuah pantai. Di bagian tepi danau kedalamannya hanya sekitar 1 meter, dan yang paling dalam kira-kira 4 meter yang berada di bagian tengah.

Sementara itu, di sekeliling Danau Tambak Padi terdapat hutan belantara, yang membuatnya semakin mempesona. Adanya hutan di sekitar Danau Tambak Padi juga bisa membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di sana, mereka bisa memanfaatkan lebatnya hutan sebagai tempat berteduh dari teriknya sinar matahari.

Aktivitas Menarik di Danau Tambak Padi

Sumber: Instagram @jimmy_cung

Kondisinya yang tidak terlalu dalam, membuat para pengunjung bisa berenang di Danau Tambak Padi. Adanya pasir putih di bagian tepi danau membuat tempat yang satu ini layaknya sebuah pantai di tengah-tengah daratan Kalimantan, yang terkenal akan lebatnya hutan belantara. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba kesegaran air Danau Tambak Padi?

SUmber: Instagram @fulltimeball90

Apabila tidak ingin basah-basahan, kamu juga bisa mencoba berkeliling danau dengan menggunakan perahu kelotok atau speed boat. Namun yang pasti, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa mengelilingi Danau Tambak Padi.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Danau Tambak Padi

Sumber: the-tanginas.blogspot.com

Sampai saat ini Danau Tambak Padi masih dikelola secara mandiri oleh warga setempat, sehingga fasilitasnya pun masih seadanya. Untuk bisa menikmati keindahan Danau Tambak Padi, para pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang. Harga yang cukup bersahabat di kantong.

Tips ke Danau Tambak Padi

Sumber: the-tanginas.blogspot.com

Ada baiknya tidak berkunjung ke Danau Tambak Padi saat musim penghujan, karena beberapa km jalan yang belum teraspal akan membuat ban kendaraanmu selip, sehingga kamu dituntut untuk memperlambat laju kendaraan agar tidak terpeleset. Sementara saat terik atau ketika musim kemarau, jangan lupa siapkan masker, karena jalanan akan sangat berdebu akibat lalu–lalang truk pengangkut pasir di sekitar lokasi.

Nah, dari pada harus jauh-jauh berwisata ke luar kota, tidak ada salahnya memanfaatkan destinasi wisata yang ada di dalam daerah, salah satunya dengan mengunjungi Danau Tambak Padi. Wisata murah yang ramah keluarga, di sana kamu juga bisa merasakan suasana pantai lengkap dengan air yang berwa kebiruan dan pasir putih yang lembut.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…