OUR NETWORK

Rindu yang Tersimpan di Danau Biru Parta

Source Image: Instagram @ekiferdian19

Alam Kalimantan tidak akan pernah berhenti menyuguhkan cerita, mulai dari hutannya yang mulai rusak akibat pembalakan liar, sungainya yang mulai tercemar, hingga banyaknya bekas galian tambang yang dibiarkan terbengkalai tanpa adanya upaya rehabilitasi lahan. Ya, itulah alam Kalimantan yang mulai rusak, namun di sisi lain bekas area tambang yang ditinggalkan juga bisa membentuk sebuah danau yang cukup cantik.

Di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Banjar, di sana banyak terdapat bekas galian tambang yang kini bertransformasi menjadi tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Danau Biru Parta (Paring Tali), atau yang biasa juga disebut dengan Danau Biru Pengaron.

Lokasi Danau Biru Parta

Sumber: Instagram @sar.haryadi

Secara administratif, Danau Biru Parta terletak di Desa Paring Tali, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Jaraknya dari ibu kota Kalimantan Selatan, Banjarmasin, sekitar 80 km dengan waktu tempuh rata-rata sekitar 2 jam perjalanan darat. Akses menuju ke Danau Biru Parta sudah cukup bagus, sehingga memungkinkanmu menuju ke sana dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik itu roda dua atau pun empat.

Apabila datang dari Banjarmasin, rute yang bisa ditempuh adalah menuju ke pasar Martapura dengan jarak sekitar 35 km, kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Simpang Empat dengan jarak 30 km. Setelah itu, kamu akan menemukan jalan persimpangan menuju ke Pengaron, pilih jalur belok ke kanan sejauh 5 km hingga kembali bertemu dengan simpang empat. Dari persimpangan tersebut, ambil jalur belok ke kiri menuju jalan pertambangan, karena memang danau Biru Pengaron berada di sekitar areal pertambangan. Apabila ambil jalur ke kanan, kamu akan menemukan jembatan besi, dan apabila lurus akan menuju ke Desa Pengaron.

Pesona Danau Biru Parta

Sumber: Instagram @sar.haryadi

Seperti namanya, danau ini memiliki air yang berwarna biru jernih, hasil dari pembiasan sinar matahari. Danaunya memang tidak terlalu luas, namun pemandangan yang disuguhkan bisa menghipnotis siapa saja yang datang mengunjunginya. Di sekeliling danau terdapat tebing-tebing berwarna coklat kemerahan, yang membuatnya semakin terlihat menawan dan sedap di pandang mata. Apabila melemparkan pandangan lebih jauh, kamu akan melihat hutan belantara khas Kalimantan, lengkap dengan pepohonan yang berdaun lebat.

Sumber: Instagram @sar.haryadi

Di dalam danau hidup ikan seluang berbagai ukuran, yang mengindikasikan bahwa air danau ini bersih dan terbebas dari pencemaran limbah. Walau pun tampak bersih dan terlihat menyegarkan, kamu dilarang berenang di Danau Biru Parta, karena memang danau ini cukup dalam. Para wisatawan biasanya hanya memanfaatkan Danau Biru Parta sebagai latar belakang foto. Saking cantiknya, danau yang satu ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pra-wedding.

Fasilitas Danau Biru Parta

Sumber: Instagram @s3trip_pekanbaru

Danau Biru Parta masih dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat, sehingga fasilitasnya pun terkesan apa adanya. Namun di sana sudah terdapat beberapa warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan, yang bisa menjadi teman penunda lapar. Terdapat pula tempat parkir yang cukup luas, yang mana setiap pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Harga Tiket Masuk Danau Biru Parta

Untuk bisa menikmati keindahan Danau Biru Parta, setiap pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Bagaimana, sangat bersahabat di kantong bukan?

Tips Berkunjung ke Danau Biru Parta

Sumber: Instagram @ekiferdian19

Apabila berkunjung di kala musim penghujan, kamu dituntut untuk lebih berhati-hati, terutama beberapa km jelang sampai di lokasi. Jalanan tambang yang masih berupa tanah merah akan terasa lembek apabila terkena air hujan, sehingga bisa membuat roda kendaraanmu selip. Sementara di saat musim kemarau, jalanan menuju ke lokasi akan sangat berdebu, hasil dari lalu lalang truk yang mengangkut hasil tambang. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membawa masker, gunakan juga sunblock untuk melindungi kulitmu dari teriknya sinar matahari. Bisa juga membawa topi atau pun kaca mata hitam, demi tetap menjaga penampilan sekaligus untuk berlindung dari panasnya sinar matahari.

Nah, menarik bukan? Dari pada harus berlibur ke luar kota yang membutuhkan lebih banyak uang, tidak ada salahnya coba mengeksplor wisata di dalam daerah, seperti Danau Biru Parta.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…