in

Menyambangi Air Terjun Hiyaliyo Da’a dengan Keunikan Tebingnya

Source Image: Instagram @menzto

Gorontalo memiliki pesona alam yang sangat menawan, sehingga akan sangat disayangkan apabila kamu tidak pernah menjelajahi setiap jengkal keindahannya. Provinsi yang baru terbentuk pada tahun 2000 itu dikenal memiliki deretan pesisir yang sangat eksotis karena lokasi geografisnya yang diapit oleh dua lautan luas, Teluk Tomini dan Laut Sulawesi. Selain itu Gorontalo juga memiliki perbukitan lengkap dengan hutannya yang masih ‘perawan’. Nah, dibalik perbukitan itu Gorontalo juga menyimpan beberapa air terjun yang sangat cantik, bahkan memiliki bentuk yang sangat unik seperti Air Terjun Hiyaliyo Da’a. Dikatakan unik karena air terjun ini memiliki tebing yang berundak, berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Dimana Lokasi Air Terjun Hiyaliyo Da’a?

Sumber: jalanwisata.id

Air Terjun Hiyaliyo Da’a atau yang juga dikenal dengan Air Terjun Didingga, karena lokasinya yang berada di Desa Didingga, Kecamatan Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. Akses menuju ke Air Terjun Hiyaliyo Da’a cukup mudah, karena sudah bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua atau pun roda empat, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan dengan trekking melewati hutan lindung yang masih terjaga kealamiannya.

Apabila datang dari pusat Kota Gorontalo, kamu masih harus menempuh perjalanan sejauh 160 km dengan waktu tempuh kira-kira 4 hingga 5 jam perjalanan darat. Lokasinya memang sangat jauh dari Kota Gorontalo, namun pemandangan yang disuguhkan selama di perjalanan berupa perbukitan hijau akan sedikit mengurangi rasa lelahmu dalam berkendara. Kamu juga bisa sesekali menghentikan laju motor untuk duduk-duduk bersantai di tepi jalan sembari menikmati kesejukan alam. Sementara dari pusat Kabupaten Gorontalo Utara, Kwandang, jarak menuju ke Air Terjun Hiyaliyo Da’a sekitar 125 km.

Daya Tarik Utama Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Sumber: travel.dream.co.id

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, setibanya di sana kamu akan langsung disambut dengan suasana alam yang sangat damai, dipenuhi dengan pepohonan rindang yang memberikan ketenangan tersendiri. Selain pesona alamnya, Air Terjun Hiyaliyo Da’a juga akan memanjakan pandangan para pengunjung dengan bentuk tebingnya yang unik. Tinggi air terjun yang satu ini kira-kira sekitar 30 meter dengan tebing berwarna hitam yang berundak, sehingga air yang jatuh dari atas tidak langsung terjun bebas ke dasar melainkan jatuh secara perlahan menciptakan suara gemericik air yang mengalun indah. Di kanan dan kiri air terjun terdapat pepohonan hijau yang seakan menjadi pelengkap dan menciptakan tiga perpaduan warna yang indah, hijau, putih, dan hitam.

Aktivitas Seru di Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Sumber: Instagram @like_gorontalo

Berkunjung ke Air Terjun Hiyaliyo Da’a tidak lengkap apabila kamu belum coba merasakan dinginnya air. Tidak jauh dari air terjun kamu akan menemukan sebuah kolam alami, yang di mana airnya bersumber dari aliran Air Terjun Hiyaliyo Da’a. Di sana kamu bisa berenang sepuasnya, dan akan lebih seru apabila kamu membawa kamera under water untuk merekam segala aktivitasnya di kolam alami Air Terjun Hiyaliyo Da’a. Apabila tidak ingin basah-basahan, duduk-duduk di bebatuan di sekitar air terjun bisa menjadi pilihan.

Oh ya, sebelum berkunjung jangan lupa untuk mempersiapkan kamera beresolusi tinggi dengan ruang penyimpanan yang besar, karena di sana kamu akan menemukan banyak landscape yang sangat cantik. Menghabiskan waktu dengan berfoto ria berlatar belakang Air Terjun Hiyaliyo Da’a bisa membuatmu ketagihan untuk kembali menyambanginya di lain waktu.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Sumber: Instagram @menzto

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun yang satu ini, setiap para pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang. Harga yang sangat bersahabat di kantong, namun hal itu juga selaras dengan fasilitas di sana yang bisa dibilang kurang memadai. Akan tetapi, dengan keindahan dan keunikan yang disuguhkannya, air terjun ini layak untuk menjadi destinasi wisatamu di akhir pekan atau pada hari libur nasional.

Penginapan di Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Lokasinya yang berada di pedalaman hutan lindung membuat Air Terjun Hiyaliyo Da’a tidak memiliki tempat penginapan di sekitarnya. Namun, ada beberapa tempat penginapan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Air Terjun Hiyaliyo Da’a. salah satunya adalah Hotel Hadidjah Abas yang berada di Tolinggula Tengah, sekitar 15 km dari lokasi air terjun.