in

Pantai Koloudju, Eksotisme di Laut Awu NTT

Source Image: Instagram @stef.vedo

Pernah berkunjung ke Nusa Tenggara Timur? Bagi kamu yang mengaku pecinta travelling, rasanya kurang lengkap apabila belum berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, karena di sana banyak keindahan alam yang bisa kamu temui dan tidak akan bisa dijumpai di tempat lainnya. Beberapa wisata alam di Nusa Tenggara Timur bahkan telah mendunia dan menjadi ikon dari pariwisata Indonesia, sebut saja Pulau Komodo, Pulau Padar, serta Pulau Rinca dengan pemandangan eksotis dan habitat komodo dragon yang langka. Kemudian ada juga Goa Cermin, goa unik yang berasal dari dasar laut dan kemudian terangkat ke daratan melalui proses selama jutaan tahun. Selain itu ada juga Pantai Pink dengan keunikan pasirnya. Ya, setidaknya itulah beberapa wisata terkenal di Nusa Tenggara Timur.

Namun satu yang pasti, Nusa Tenggara Timur masih memiliki sejuta keindahan alam lainnya yang tersembunyi. Banyak pantai eksotis di pelosok daerah yang belum terjamah, seperti halnya Pantai Koloudju di Pulau Sawu, yang terlerak di tengah-tengah Laut Awu. Lokasinya yang terpencil membuat pantai ini masih belum banyak didatangi wisatawan, tapi percayalah dengan keindahan yang ditawarkannya.

Lokasi Pantai Koloudju

Sumber: Instagram @caterinetadon

Secara administratif, Pantai Koloudju masuk ke dalam Desa Menia, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya sangat jauh dari ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang, karena terletak di pulau yang berbeda. Bagi warga Kupang, tidak ada cara lain menuju ke sana kecuali dengan menumpangi perahu menuju ke Pulau Sawu, karena tidak ada rute penerbangan menuju ke sana. Akan tetapi, akses jalan menuju ke Pantai Koloudju cukup mudah, yang mana sebagian besar sudah teraspal dengan mulus.

Pesona Pantai Koloudju

Sumber: Instagram @stef.vedo

Setibanya di Pantai Koloudju, para wisatawan akan langsung disambut dengan angin semilir khas laut lepas. Di Pantai Koloudju, para pengunjung juga bisa menemukan pasir yang cukup lembut, dan bebatuan kecil yang berwarna-warni. Dari kejauhan, gradasi laut di Pantai Koloudju terlihat sangat eksotis, berwarna biru kehijauan yang disebabkan oleh keberadaan karang di dasar laut. Di tepi pantai juga banyak pepohonan yang tumbuh berjejer rapi, seakan siap menjadi payung bagi para pengunjung dari teriknya sinar matahari.

Sumber: Instagram @caterinetadon

Pantai Koloudju memiliki kontur yang cukup landai, sehingga para wisatawan bisa dengan bebas bermain air di tepian. Ombak di sana juga tidak terlalu besar, karena pantainya berhadapan dengan Laut Awu, bukan Samudera Hindia yang memang terkenal dengan keganasan ombaknya. Suasana sunset di Pantai Koloudju juga sangat menawan. Oleh sebab itu, banyak muda-mudi memilih untuk menghabiskan waktu sore mereka di pantai yang satu ini.

Melihat Lumba-Lumba dan Paus dari Dekat

Sumber: victorynews.id

Laut Awu menjadi salah satu habitat dari hewan mamalia air, seperti paus dan lumba-lumba. Apabila ingin berjumpa dengan mereka, kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk mengantarkanmu sedikit ke tengah laut. Pada akhir tahun 2019 yang lalu, warga sekitar Pantai Koloudju sempat dihebohkan oleh 17 paus yang terdampar di pantai, di mana 10 paus akhirnya berhasil diselamatkan dan dikembalikan ke laut, sementara sisanya harus mati. Hal itu seakan membuktikan bahwa perairan Pantai Koloudju memang menjadi habitat dari paus dan lumba-lumba.

Aktivitas di Pantai Koloudju

Sumber: Instagram @caterinetadon

Selain bermain air dan melihat paus atau lumba-lumba, masih banyak aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan di Pantai Koloudju. Kamu bisa berkemah di sana, menikmati eksotisme alam yang dianugrahkan Tuhan di Bumi Pertiwi. Selain itu, duduk-duduk di sekitar pantai sambil minum air kelapa muda juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di Pantai Koloudju. Untuk kamu yang hobi selfie, Pantai Koloudju menawarkan banyak landscape yang instagramable. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membawa kamera beresolusi tinggi sebelum berkunjung ke Pantai Koloudju.

Fasilitas di Pantai Koloudju

Fasilitas di Pantai Koloudju bisa dibilang tidak memadai, karena memang pantai yang satu ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat. Kamu akan kesulitan untuk menemukan warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan, sehingga harus mempersiapkan segala perbekalan dari rumah.