in

Air Terjun Angan Tembawang, Pesona di Tengah Hutan Kalimantan

Source Image: Instagram @rdu_an

Lagi-lagi soal Kalimantan, pulau yang menjadi rumah bagi ribuan hektar hutan tropis. Namun sayangnya, Kalimantan tak lagi bisa tersenyum seperti dulu, karena tubuhnya mulai dipenuhi luka, hutan hijau yang dulu menyelimutinya kini mulai dirusak dan kayu gelondongan pun bertebaran di mana-mana. Belum lagi maraknya kasus deforestasi, yang merubah wilayah hutan menjadi areal perkebunan kelapa sawit. Orang utan yang dulu hidup bahagia di pedalaman hutan Kalimantan kini mulai kehilangan tempat tinggal, pun demikian dengan burung dan anggrek hutan yang mulai langka. Sungai-sungai di Kalimantan juga sudah mulai tercemar, berwarna kuning kecoklatan akibat semakin maraknya aksi penambangan emas illegal.

Namun di Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat, masih ada salah satu sungai yang memiliki air jernih dan suasana yang sangat menyegarkan. Ya, namanya adalah Sungai Angan Tembawang, atau yang kemudian juga disebut dengan Riam Angan Tembawang, yang kini mulai dijadikan sebagai destinasi wisata baru ramah keluarga. Bagaimana, apakah kamu pernah ke sana?

Lokasi Sungai Angan Tembawang

Sumber: Instagram @multisiahaan

Sungai Angan Tembawang berlokasi di Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Dari ibu kota Kalimantan Barat, Kota Pontianak, kira-kira masih 3 jam perjalanan darat untuk bisa sampai di Sungai Angan Tembawang. Tempat wisata ini mudah dijangkau, karena hanya terletak 8 km dari Jalan Poros Tengah Kalimantan.

Para pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju ke lokasi, karena 90 persen jalan sudah teraspal, hanya 3 hingga 4 km jelang sampai lokasi yang masih berupa jalanan berbatu dan tanah merah. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua, mereka bisa memarkirkan kendaraannya tepat di sekitar lokasi wisata. Sementara mereka yang menggunakan kendaraan roda empat, masih harus berjalan sekitar 1 km, karena jalan yang cukup sempit.

Suasana Alam yang Damai

Sumber: Instagram @vtono80

Layaknya di pedalaman hutan, suasana di sekitar Sungai Angan Tembawang juga sangat syahdu, begitu sejuk dengan banyaknya pohon-pohon besar yang menjadi pelindung. Suara burung dan serangga hutan yang saling bersahut-sahutan membuat suasana semakin menarik. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, deforestasi di sekitar Sungai Angan Tembawang juga mulai nampak, kini banyak para penduduk yang mulai menanam kelapa sawit di areal hutan.

Air Terjun di Sungai Angan Tembawang

Sumber: Instagram @artawivia_

Di lokasi, para pengunjung bisa menyusuri tiga tingkat Riam Angan Tembawang. Di tingkat pertama, para pengunjung bisa melihat riam yang menyerupai sebuah danau, dengan air yang cukup tenang dan sangat jernih. Sementara di tingkat kedua, kurang lebih kondisinya sama seperti di tingkat pertama, hanya saja kolamnya lebih lebar. Sementara di tingkat ketiga ada sebuah air terjun dengan bentuk yang cukup menarik, walau pun tidak terlalu tinggi.

Sumber: Instagram @vtonoeighty

Apabila tidak ingin basah-basahan, masih ada beberapa aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di Riam Angan Tembawang. Memancing menjadi salah satu aktivitas yang cukup diminati, atau mungkin duduk-duduk bersantai di atas bebatuan sungai juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di sana.

Berkemah di Riam Angan Tembawang

Sumber: Instagram@wndwleniaaa

Yang lebih menariknya lagi, kamu juga bisa berkemah di Riam Angan Tembawang. Menikmati suasana hutan, ditambah dengan kesegaran air dan bercengkrama bersama rekan atau pun keluarga tercinta bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan. Para pengunjung yang akan berkemah di Riam Angan Tembawang juga tidak akan dikenakan biaya tambahan, hanya saja mereka harus membawa peralatan dari rumah, karena belum tersedia tempat penyewaan peralatan outdoor di sekitar lokasi.

Fasilitas

Walau pun nama Riam Angan Tembawang tidak begitu popular, namun tempat wisata yang satu ini sudah mulai banyak didatangi para wisatawan, terutama saat hari libur. Selain karena suasana dan pemandangan alam yang menawan, lengkapnya fasilitas di Riam Angan Tembawang juga menjadi alasan lainnya. Di sana sudah terdapat toilet atau kamar bilas, warung penjual makanan, dan beberapa spot foto yang cukup instagenik.

Bagaimana, apakah kamu tertarik? Pokoknya dijamin kamu gak bakal menyesal berkunjung ke Riam Angan Tembawang, apa lagi untuk kamu yang mengaku sebagai pecinta alam. Namun selalu ingat, jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.