OUR NETWORK

Menyambangi Pantai Batu Ruso Di Desa Tabuyung – Sumatera Utara

Apakah anda ingin berwisata pantai namun tidak mau dipenuhi oleh kebisingan? Di Sumatera Utara anda bisa menemukan pantai seperti ini, salah satunya di Pantai Batu Ruso. Hihi, Unik, ya,namanya?

Pantai ini masih tergolong tidak terlalu banyak pengunjung. Jadi anda bisa menikmati suasana pantai dengan jauh lebih nyaman dan tenang, bahkan terasa seperti pantai pribadi. Yuk, kita intip apa saja surga keindahan yang terdapat di pantai ini.

Pesona Pantai Batu Ruso

sumber: Instagram @jalansumatera

Pantai Batu Ruso terletak  di Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandalin Natal, Provinsi Sumatera Utara. Pantai ini memiliki suasana yang begitu sejuk dan menenangkan. Ombaknya tidak terlalu besar jadi aman untuk berenang ataupun sekedar bermain air.

Pohon kelapa berjejer di sekitar pantai, jika berminat anda bisa naik dan menikmati air kelapa segar langsung dari pohonnya. Anda bisa duduk dibawah pohon sambil menelanjangi dengan bebas keindahan Pantai Batu Ruso sembari menikmati hiliran angin sepoi-sepoi dan suara debur ombak yang merdu.

Sumber: Instagram @mawansyarif

Beberapa wisatawan yang menyambangi pantai ini, kerap membawa bekal dan menggelar tikar supaya bisa makan bersama keluarga atau teman-temannya sambil menikmati panorama pantai. Pantai Batu Ruso memiliki banyak karang yang indah sehingga anda bisa berjalan ke tengah lautan. Di karang-karang inilah wisatawan biasanya mengabadikan moment dengan berfoto.

sumber: Instagram @tyy1296_sagytarius-
sumber:Instagram @viabatubara

Kekaguman pada Pantai Batu Ruso pun akan semakin tak terelakkan ketika anda berada di banana boat tersebut. Saat melihat langit biru yang tua, anda akan merasa begitu kecil dan jika melempar pandangan pada bibir pantai maka terlihat dari jauh wajah Pantai Batu Ruso yang menawan lengkap dengan dedaunan pada pohon kelapa yang bergerak kesana kemari tertiup angin.

Jika pergi ke pantai ini jangan lupa untuk membawa drone atau kamera digital yang bagus, ya. Sebab banyak sekali spot foto yang bisa dibidik seperti batu besar yang konon katanya muncul pasca badai hebat yang terjadi di Pulau Batu Ruso, jembatan sekitar pantai, dan yang paling keren adalah ketika moment sunset dan sunrise.

Sumber: Instagram @yaniibatubara99

Yup, dua moment inilah yang paling menakjubkan di Pantai Batu Ruso. Sunset-nya tampak begitu cantik ditengah langit berwarna jingga. Anda akan melihat sang surya seolah tenggelam ditelan lautan dan suasana langit perlahan berubah kian orange dan akhirnya berganti menjadi malam. Begitupula dengan moment sunrise-nya, matahari yang muncul dari ufuk timur pantai menghadirkan suasana yang sangat mengagumkan.

sumber: Instagram @ikhlas_siregar07

Beberapa wisatawan bahkan mengambil moment ini untuk membuat video timelapse, karena memang sunrise di Pantai Batu Ruso sangat keren.

Sejarah Penamaan Batu Ruso

Sumber: Instagram @echopurba

Apakah anda penasaran kenapa pantai ini memiliki nama Batu Ruso? Usut punya usut ternyata ada sejarahnya, loh.

Pada zaman penjajahan Belanda dulu, hidup sebuah keluarga yang sangat harmonis. Mereka dikaruniai seorang anak perempuan yang sangat ayu bernama Gadih Rancak. Kala itu di Sumatera Utara berkuasa seorang Demang yang ditunjuk oleh Belanda dengan kekuasaan otoriter. Dengan kekuasaanya tersebut Demang ingin menjadikan Gadih Rancak sebagai istrinya. Namun, Gadih Rancak menolak sebab dia belum cukup dewasa dan tidak mencintai Demang

Karena ditolak terus menerus dan Demang ingin memaksa tetap menikah dengan Gadih Rancak, akhirnya disusunlah sebuah rencana untuk menculik Gadih Rancak. Namun sayangnya rencana tersebut bocor. Gadih rancak mengetahui rencana busuk yang akan dilakukan komplotan Demang kepadanya. Akhirnya dia melarikan diri ke sebuah pulau. Dimana pulau tersebut terdapat banyak rusa.

Suatu hari terjadilah badai hebat yang sangat dahsyat dan menenggelamkan pulau tersebut. Gadih Rancak ikut tenggelam bersama pulau itu. Pasca tenggelamnya pulau kemudian muncul sebuah batu besar hingga akhirnya masyarakat setempat menamakannya Batu Ruso.

sumber: Instagram @anggavidiprayudi

Nah, jadi batu besar yang sering dijadikan spot foto di pantai adalah batu yang dimaksud dalam sejarah tersebut. Akhirnya dinamakanlah Pantai Batu Ruso.

Sekian, ulasan terkait Pantai Batu Ruso di Sumatera Utara. Pantai elok ini wajib sekali masuk list liburan anda, jika memang ingin menghabiskan waktu untuk menikmati pantai tanpa terganggu padatnya lautan manusia. Dijamin, deh, penat pun akan langsung hilang.

Salam.

Comments

Loading...