OUR NETWORK

Menyelami Pesona Goa Kristal di Kota Kupang

Source Image: goodnewsfromindonesia.id

Lagi-lagi soal Nusa Tenggara Timur, provinsi yang selalu menyuguhkan cerita dan kisah menarik bagi siapa saja yang datang berkunjung. Budaya lokal yang masih kental, keramahan penduduknya, hingga keindahan bentang alamnya, membuat Nusa Tenggara Timur kini mulai menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Banyak objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi, untuk kemudian dituliskan dalam sebuah kenangan yang indah. Di sana kamu bisa menemukan deretan pantai eksotis yang tercecer, air terjun dengan suasana yang damai dan menentramkan, hingga goa-goa yang unik.

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Dari sekian banyak wisata alam yang ada di Nusa Tenggara Timur, salah satunya adalah Goa Kristal. Keindahan dan keunikan goa yang satu ini membuatnya sangat layak untuk dimasukkan ke dalam daftar kunjunganmu di Nusa Tenggara Timur, terutama di Kota Kupang.

Lokasi Goa Kristal

Sumber: Instagram @the_kulawi_group

Goa Kristal terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, kira-kira sekitar 30 menit perjalanan atau 20 km dari pusat Kota Kupang. Untuk menuju ke lokasi, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Dari pusat Kota Kupang, ambil arah menuju ke Pelabuhan Bolok, hingga menemukan Pos Polisi Air Pelabuhan Bolok. Dari sana, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki sekitar 500 meter menuju ke mulut goa.

Sumber: Instagram @indonesiatimurku_

Waktu terbaik untuk berwisata di Goa Kristal adalah ketika siang hari, karena pada saat itu sinar-sinar matahari akan menerobos celah-celah goa untuk menerangi bagian dalam Goa Kristal. Meskipun berkunjung pada siang hari, para pengunjung harus membawa senter, karena tidak banyak cahaya matahari yang bisa masuk ke dalam goa, ditambah lagi ada beberapa bagian yang curam dan licin.

Tempat Penyembunyian Senjata Jepang

Sumber: mytrip.co.id

Selain menyajikan keindahan alam, Goa Kristal juga menjadi saksi bisu atas perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Dikisahkan dari penduduk setempat, pada masa perang kemerdekaan Goa Kristal sering dijadikan tentara Jepang sebagai tempat untuk menyembunyikan persenjataan mereka. Lokasinya yang tersembunyi dan jauh dari pemukiman menjadi alasan utamanya.

Pesona Goa Kristal

Sumber: Instagram @ntie.chan

Sesampainya di dalam Goa Kristal, para wisatawan akan langsung disambut dengan stalagtit dan stalagmit yang begitu mempesona. Ditambah lagi keberadaan kolam alami di dalam Goa Kristal, yang membuat para pengunjung semakin betah untuk berlama-lama di sana. Uniknya, kolam alami di Goa Kristal berasa asin, walau pun sebenarnya berair tawar. Adanya rasa asin di kolam Goa Kristal tak lepas dari masuknya air laut melalui beberapa celah goa. Saat siang hari, warna air kolam akan berubah menjadi hijau kebiruan, karena terkena pantulan sinar matahari yang masuk menerobos melalui celah-celah goa.

Sumber: Instagram @kiki_djaffar

Menurut pemandu wisata, Goa Kristal dulunya juga dinamakan Goa Cermin. Hal itu terjadi karena keberadaan dinding-dinding goa yang menyerupai kristal, dan bisa memantulkan bayangan bagaikan cermin. Hanya saja kemudian kristal-kristal yang ada di dalam Goa Kristal perlahan menghilang, karena banyaknya para pengunjung yang mengambilnya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tiket Masuk Goa Kristal

Walau pun memiliki pesona dan keunikan yang tiada duanya, para wisatawan tidak akan dipungut biaya untuk masuk ke dalam Goa Kristal. Bagi para wisatawan yang menggunakan jasa pemandu dari penduduk lokal, mereka hanya diminta untuk membayar seikhlasnya, tanpa ada patokan tarif tertentu. Biasanya para pemandu akan menjelaskan seluk beluk Goa Kristal, dan tempat-tempat terbaik untuk disinggahi oleh para wisatawan.

Fasilitas Goa Kristal

Sumber: Instagram @sadewoz

Karena belum dikelola secara resmi, tidak ada fasilitas di Goa Kristal. Tidak akan ditemukan warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan, sehingga para wisatawan harus mempersiapkan perbekalan dari rumah, atau membelinya di tengah-tengah perjalanan menuju ke Goa Kristal. Di lokasi juga belum ditemukan toilet, yang seharusnya menjadi fasilitas utama di tempat wisata. Namun para wisatawan bisa menggunakan toilet milik warga setempat.

Begitulah sekelumit cerita tentang Goa Kristal, wisata murah meriah di Nusa Tenggara Timur. Langsung saja siapkan hari liburmu, pergi ke Kota Kupang dan nikmati keindahan alam di Goa Kristal, yang tidak akan kamu temukan di tempat lainnya.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…