OUR NETWORK

Pulau Menjangan, Destinasi Wisata Tersembunyi di Bali

Source Image: yukpiknik.com

Jantung Pulau Bali terus berdetak, menghadirkan kehidupan yang ramah dan menawan untuk setiap wisatawan. Bali seakan tidak segan untuk menghadirkan setiap keindahan alam yang mereka miliki, mulai dari pantai, deretan pegunungan, danau, air terjun, hingga goa. Dari sekian banyak wisata di Bali, tentu yang paling menarik adalah pantai, karena memang Pulau Bali dikelilingi oleh lautan luas dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Sumber: Instagram @yukbanyuwangi
Source Image: yukpiknik.com
Source Image: yukpiknik.com

Salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan di Bali adalah Pulau Menjangan. Selain memiliki banyak pantai eksotis, di Pulau Menjangan kamu juga bisa menikmati keindahan taman bawah laut dengan cara snorkeling. Di sana ada juga kumpulan menjangan, atau sejenis rusa liar yang cukup lucu.

Lokasi Pulau Menjangan

Sumber: Instagram @nemone13

Pulau Menjangan terpisah dari daratan Bali, tepatnya berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat, yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Dari pusat kota Denpasar, Pulau Menjangan jaraknya masih sangat jauh, sekitar 3 jam perjalanan.

Sumber: anekatempatwisata.com

Dari Denpasar, mulailah perjalanan menuju ke Pelabuhan Gilimanuk, yang berada di Bali bagian barat dengan menggunakan bus umum. Sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk, kamu masih harus melanjutkan perjalanan menuju ke Labuan Lalang dengan lama perjalanan sekitar 15 hingga 20 menit dengan angkutan umum. Harga sewa kapal dari Labuan Lalang menuju ke Pulau Menjangan adalah sekitar 300 hingga 400 ribu rupiah untuk sekali jalan, dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit.

Pesona Pulau Menjangan

Sumber: Instagram @maxbratsun

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, saatnya kamu sampai di Pulau Menjangan. Sesuai dengan namanya, ‘Menjangan’, pulau ini pun dihuni oleh banyak rusa liar yang jinak dan lucu. Selain itu, Pulau Menjangan juga memiliki pasir putih yang cantik, berpadu dengan air laut yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan.

Sumber: manusialembah.com

Adanya gradasi warna di pantai Pulau Menjangan adalah tak lain karena adanya banyak plankton di dasar laut, ditambah dengan banyaknya terumbu karang yang tumbuh subur dan menjadi rumah bagi ikan yang berwarna-warni.

Snorkeling di Pulau Menjangan

Sumber: Instagram @sunrisebanyuwangi

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat keindahan taman bawah laut Pulau Menjangan dengan cara snorkeling atau pun diving. Bahkan banyak yang menyebut alam bawah laut Pulau Menjangan adalah salah satu spot diving terbaik di dunia, yang mampu menyedot banyak wisatawan asing. Yang menariknya lagi, di sekitar Pulau Menjangan juga terdapat palung laut, yang bisa dijelajahi oleh para penyelam untuk melihat lebih jauh keindahan taman bawah lautnya. Banyaknya terumbu karang di sekitar Pulau Menjangan juga tak lepas dari statusnya sebagai pusat penangkaran terumbu karang di Taman Nasional Bali Barat.

Sumber: Instagram @gregorylens

 

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan maksimal taman bawah laut Pulau Menjangan di tengah-tengah lautan luas, bisa juga menyewa perahu atau boat dengan tarif 400 hingga 600 ribu rupiah per hari. Apabila tidak membawa peralatan selam, para wisatawan juga bisa menyewanya di sekitar pulau dengan tarif 40 hingga 50 ribu rupiah per orang.

Harga Tiket Masuk Pulau Menjangan

Walau pun memiliki pemandangan yang cukup mempesona, Pulau Menjangan masih belum banyak diminati oleh para wisatawan lokal. Bagi kamu yang ingin mengeksplor Pulau Menjangan, akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 2.500 rupiah per orang ditambah biaya asuransi sebesar 4 ribu rupiah. Sementara untuk wisatawan mancanegara, mereka akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 400 ribu rupiah per orang plus asuransi.

Fasilitas di Pulau Menjangan

Sumber: Instagram @pl.menjangan

Sebagai salah satu destinasi wisata menyelam terbaik di dunia, fasilitas di Pulau Menjangan sudah sangat lengkap. Mulai dari kios penyewaan alat-alat snorkeling dan selam, toilet, hingga gazebo sebagai tempat untuk beristirahat. Di sekitar Pulau Menjangan juga terdapat beberapa penginapan dengan harga yang sangat bersahabat di kantong, bahkan ada yang hanya bertarif di bawah 100 ribu rupiah per malam untuk kapasiras 2 orang. Beberapa penginapan murah di Pulau Menjangan antara lain Mami In Home Stay, Exotic Menjangan, Banyuwedang Homestay, hingga The Barari Villas.

Bagaimana, menarik bukan? Langsung saja siapkan hari liburmu untuk segera berwisata menikmati eksotisme pantai dan keindahan taman bawah laut Pulau Menjangan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…