in

Menyimak Keajaiban Alam Papua, Pasir Putih di Puncak Pegunungan Lembah Baliem

Sumber Gambar: Foto by Rcky Martin

Tak perlu diragukan lagi, Papua memiliki begitu banyak bentang alam yang mempesona dan memanjakan mata. Bahkan, banyak juga fenomena alam yang terlihat ajaib terjadi di Bumi Cendrawasih ini. Tak masuk di akal sehat, namun fenoeman alam itu benar-benar terjadi di sana. Dari sekian banyak keajaiban alam di tanah Papua, salah satunya adalah Bukit Pasir Putih. Bagaimana, apakah kamu tahu soal tempat yang satu ini? Tak terlalu dikenal memang, namun yang pasti Bukit Pasir Putih memiliki bentang alam yang mempesona sekaligus unik. Yuk, kita berkenalan dengan tempat wisata yang satu ini!

Lokasi Bukit Pasir Putih

Sumber: Instagram@wamenabeautiful

Secara administratif, Bukit Pasir Putih berada di Desa Aikima, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Dari pusat Kota Wamena, traveler hanya butuh melakukan perjalanan selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai di Bukit Pasir Putih. Perjalanan yang singkat, tapi sangat memanjakan pandangan mata, karena akan melewati lembah hijau dengan deretan pegunungan yang mengelilingi. Kondisi alam itu lah yang akan membuat para traveler serasa berpetualang di dunia yang berbeda.

Bukit Pasir Putih yang Unik

Sumber: Travel Blog Evi Indrawanto

Setelah melalui perjalanan singkat, kini saatnya menikmati keajaiban Bukit Pasir Putih. Ya, tak berlebihan jika menyebut tempat ini sebagai suatu keajaiban alam, karena hamparan pasir putih yang biasanya ditemukan di pantai, di tempat ini para traveler justru akan menemukannya di puncak bukit. Bukit Pasir Putih ini berada di salah satu sisi bukit berumput hijau yang mengelilingi Lembah Baliem. Hal ini membuat Bukit Pasir Putih terlihat kontras bila dilihat dari udara.

Sumber: Instagram@margarethbanne

Tak sampai di situ, ditempat ini traveler juga bisa melihat bebatuan terjal mirip batu karang yang seolah-olah muncul dari atas permukaan pasir dan menjalar hingga ke punggung bukit, yang menandakan seolah-olah dulunya tempat ini adalah lautan. Benar-benar ajaib! Di berbagai sisi bebatuan juga nampak tumbuh beberapa rerumputan hijau yang seakan menjadi penghias dibalik hamparan pasir putih yang mengkilat.

Mitos Dibalik Keberadaan Bukit Pasir Putih

Sumber Gambar: Instagram @astridsj

Meskipun sampai saat ini tak diketahui secara pasti asal-usul keberadaan pasir putih di puncak bukit dengan ketinggian 1600 mdpl tersebut, namun berbagai teori telah bermunculan. Salah satu teori lokal mengatakan bahwa konon pasir putih di Lembah Baliem tersebut berasal dari sumber mata air di sekitar yang mengalir dan menghasilkan garam. Meskipun sulit dipercaya, namun sumber mata air penghasil garam memang berada tak jauh dari lokasi Bukit Pasir Putih. Apakah teori tersebut benar adanya? Hanya alam yang bisa menjawabnya.

Aktifitas di Bukit Pasir Putih

Sumber Gambar: Instagram @mithawmx

Aktifitas yang paling menarik di Bukit Pasir Putih adalah coba mendaki hingga ke puncak bukit, dan melihat bentang alam di sekitarnya. Traveler pasti akan kagum dengan keajaiban alam yang satu ini, hamparan pasir putih di tengah-tengah padang rumput hijau Lembah Baliem. Selain itu, berswafoto juga bisa menjadi pilihan yang selanjutnya, karena akan sangat disayangkan berkunjung ke tempat secantik ini jika tak dibadikan dalam sebuah bingkai foto untuk kenang-kenangan di masa yang akan datang. Tak perlu khawatir, banyak spot cantik dan mempesona yang bisa dimanfaatkan sebagai latar belakang foto terbaikmu di Bukit Pasir Putih.

Tips Menuju ke Bukit Pasir Putih

Sebelum berkunjung ke sana, pastikan traveler membawa persediaan bekal makanan dan minum yang cukup, karena di sana tak akan ditemukan warung, mengingat lokasinya yang berada di tengah-tengah Lembah Baliem. Jangan lupa persiapkan pakaian hangat, karena meskipun berkunjung di siang hari dengan sinar terik matahari, udara di Bukit Pasir Putih tetap akan terasa sejuk karena lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 1600 mdpl.

Yuk, Berkunjung ke Bukit Pasir Putih!

Sumber Gambar: Instagram @mithawmx

Dengan keindahan dan keajaiban yang dimilikinya, tak ada salahnya teman traveler menjadikan Bukit Pasir Putih sebagai destinasi wisata untuk mengisi akhir pekan atau hari libur. Tunggu apa lagi, segera siapkan perjalananmu ke Wamena, terutama ke Lembah Baliem, untuk menikmati keajaiban alam bernama Bukit Pasir Putih.

Tetap jaga kelestarian alam. Jangan merusak, mengambil, atau membunuh apa pun di tempat wisata. Selamat Berlibur!!!