OUR NETWORK

Menyingkap Fakta Menarik Jembatan Gentala Arasy, Jembatan Khusus untuk Pejalan Kaki di Jambi

Sumber Gambar: indonesiana.id

Jembatan Gentala Arasy itulah sebutannya. Sebuah jembatan unik sekaligus merupakan Icon khas Kota Jambi.

Beberapa kota di dunia banyak yang memiliki jembatan khusus untuk pejalan kaki. Di negara kita sendiri, jarang ada jembatan yang dibuat khusus dengan tujuan demikian. Hanya di Kota Jambi lah jembatan dengan fungsi tersebut ada, yaitu di Jembatan Gentala Arasy .

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengenal lebih dekat dan menyingkap fakta menarik di balik kemegahan Jembatan Gentala Arasy . Tidak perlu berlama-lama, yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasan utamanya.

Fakta Jembatan Gentala Arasy

Sumber Gambar: daelpos.com

Tahukah anda,  pembangunan untuk jembatan ini menghabiskan anggaran sebesar 88,7 milyar, loh. Pembangunanannya berlangsung selama 3 tahun. Barulah pada tanggal 28 Maret 2015, jembatan ini akhirnya dibuka untuk umum dan diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Model Jembatan Gentala Arasy mirip seperti jembatan gantung dilengkapi dengan dua tiang penyangga dan konstruksinya terbuat dari beton. Jembatan Gentala Arasy memiliki bentuk yang meliuk-luk. Jika anda melihatnya dari kejauhan akan kentara sekali menyerupai huruf S.

Sumber Gambar: Instagram @dianasasa

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa jembatan ini memang hanya dikhususkan untuk pejalan kaki saja. jadi anda tidak perlu takut lagi akan terserempet motor atau mobil, karena dijembatan ini tidak akan menemukannya. Anda pun bisa berjalan di Jembatan Gentala Arasy dengan lebih leluas disisi manapun termasuk di tengah jembatan. Hihi.

Oh, ya, Jembatan Gentala Arasy juga dapat dibilang memiliki peranan yang sangat krusial. Kenapa? Sebab menjadi penghubung antara pasar lama Jambi yang selalu ramai dengan aktivitas dengan pemukiman penduduk di seberang Sungai Batang Hari Nah, dulunya sebelum ada jembatan ini, jika ingin sampai kesebrang masyarakat disana biasanya naik ketek. Apa, sih ketek itu? Ketek adalah kapal kayu kecil dengan mesinnya yang berbunyi tek tek tek. Mungkin itulah kenapa disebut dengan ketek. Transportasi ini masih ada sampai dengan sekarang

Jembatan Gentala Arasy membentang luas sepanjang 503 meter dengan lebarnya 4,5 meter. Tingginya sendiri 60 meter, jadi wajar jika potretnya sangat gagah dan mewah. Saat weekend banyak sekali muda-mudi yang menggunakan jembatan ini untuk berolahraga seperti lari pagi atau pun jogging.

Sumber Gambar: pegipegi.com

Pemandangan sore harinya pun sangat istimewa. Sunset yang terlihat dari atas jembatan tampak menawan, dan dijamin akan membuat anda berhenti melangkah sejenak untuk menikmati panorama tersebut. Moment inilah yang paling Instagramable dan wajib untuk diabadikan.

Jika anda terus berjalan keujung jembatan maka akan menemukan bangunan setinggi 80 meter. Bangunan tersebut bernama sama yaitu Menara Gentala Arasy.  Menara ini mempertontonkan barang-barang peninggalan dari masa lampau. Luasnya tidak terlalu besar, anda bisa mengitarinya sekitar 10 sampai 15 menit saja.

Menara ini juga kerap dijadikan sebagai wisata edukasi oleh para pelajar sekolah untuk mengenal sejarah di Kota Jambi. Di menara ini pun terdapat bioskop mini, dimana sering diputar film-film khas Jambi seperti tentang perkembang islam di Kota Jambi, suku anak dalam dan masih banyak lagi

Sumber Gambar: Instagram @sefiin

Apabila lapar, maka di ujung Jembatan Gentala Arasy anda pun bisa menemukan berbagai macam pertokoan serta kuliner liezat. Anda bisa mencicipi banyak makanan khas Jambi seperti tekwan, ikan baung goreng, gulai kepala kakap dan masih banyak lagi. Jembatan Gentala Arasy pada malam hari juga terlihat semakin menarik, loh. Lampu-lampunya akan menyala dan membuat  jembatan ini tampak terlihat begitu megah.

Pada malam hari inilah biasanya sangat ramai terutama oleh muda-mudi. Mereka nongkrong dengan teman-temannya sembari menikmati secangkir kopi dan cahaya lampu warna warni yang menghiasi Jembatan Gentala Arasy . Suasana malam pun terasa semarak, hangat dan menyenangkan.

Sumber Gambar: Instagram @suluhpandu

Sayangnya nih, di Jembatan Gentala Arasy tidak disediakan tong sampah. Jadi jangan heran jika anda menemukan banyak sekali sampah yang berserakan disana sehingga sedikit menggerus keindahan Jembatan Gentala Arasy . Mudah-mudahan kedepannya segera dibenahi,ya, oleh pemerintah setempat.

Tapi sebenarnya sebagai pengunjung yang bijak mau ada atau tidak ada tempat sampah, tetap tidak boleh membuang sampah sembarangan baik itu di jembatan atau membuangnya ke sungai. Hal ini tidak hanya untuk menjaga keindahannya saja, melainkan juga supaya udara dan lingkungan pun tidak tercemar. So, saran dari kami sembari menunggu pembenahan dari pemerintah setempat, jika anda datang ke tempat ini sebaiknya membawa kantong plastik.Berjaga-jaga apabila habis makan atau minum, sampahnya tidak dibiarkan berserakan apalagi dibuang asal saja.

Nah, itulah berbagai fakta menarik dan potret Jembatan Gentala Arasy buat anda yang sedang berada di Jambi jangan sampai tidak mampir ke jembatan ini, ya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…