OUR NETWORK

Ngarai Sianok, Destinasi Wisata Favorit di Sumatera Barat

Tidak akan ada habisnya membahas tentang keindahan Sumatera Barat. Karena memang provinsi yang satu ini dianugrahi dengan keindahan alam yang menawan dan bahkan beberapa di antaranya tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Oleh sebab itu, berkunjung ke Sumatera Barat tidak akan lengkap jika kamu tidak mampir untuk menikmati keindahan alamnya.

Sumber: Instagram @deddyhuang

Banyak alternatif pilihan untuk menghabiskan liburan akhir pekanmu di Sumatera Barat, mulai dari pantai, air terjun, danau, gunung, hingga ngarai. Nah, berbicara soal ngarai, di Sumatera Barat ada salah satu ngarai yang cukup terkenal, yakni Ngarai Sianok. Sudah pernah ke Ngarai Sianok? Kalau belum mari kita mengenal terlebih dahulu mengenai Ngarai Sianok dengan membaca ulasan yang berikut ini.

Lokasi Ngarai Sianok

Sumber: Indonesiakaya

Secara administratif Ngarai Sianok berada di Bukittinggi, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk menuju ke sana para pengunjung yang datang dari Kota Padang harus menempuh perjalanan sejauh 97 km atau dengan waktu tempuh selama 3 jam. Namun jauhnya jarak tidak akan terasa karena para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menawan dari Taman Nasional Kerinci Seblat selama di perjalanan. Kondisi jalan yang sudah cukup baik memungkinkan para pengunjung untuk datang ke Ngarai Sianok dengan mengendarai kendaraan roda empat.

Pesona Ngarai Sianok

Sumber: Instagram @jajang7510

Setibanya di Ngarai Sianok, pengunjung akan langsung disuguhkan oleh lukisan Tuhan yang begitu menawan. Ngarai ini sendiri membentang sejauh 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang sampai Nagari Sianok Enam Suku, dengan ketinggian tebing mencapai 100 meter lebih dan lebar celah sekitar 200 meter.

Menurut penelitian, Ngarai atau Lembah Sianok ini terbentuk karena turunnya sebagian lempeng bumi sehingga membentuk patahan yang cukup curam. Patahan di ngarai ini disebut menjadi bagian dari Patahan (Sesar) Semangko yang membelah Pulau Sumatera menjadi dua bagian, yang memanjang dari Aceh sampai ke Teluk Semangka di provinsi Lampung. Tidak hanya Ngarai Sianok, Patahan Semangko juga membentuk Pegunungan Bukit Barisan yang terkenal mengagumkan tersebut. Ngarai Sianok sendiri wujud visual yang paling nyata dari aktivitas pergerakan lempeng bumi (tektonik) di Pulau Sumatera ini. Proses terbentuknya patahan menghasilkan sebuah daerah yang subur dengan panorama alam yang indah nan mengagumkan.

Sumber: Instagram @ojikulup

Ngarai Sianok sendiri disebut juga dengan Lembah Pendiam. Karena memang Ngarai Sianok menyuguhkan suasana yang sepi nan damai, jauh dari keramaian atau pun kebisingan. Didukung dengan udara yang masih sejuk dan menyegarkan, serta suara gemericik aliran air sungai dan kicauan burung membuat siapa saja dijamin akan betah berlama-lama di tempat yang satu ini. Pokoknya kamu dijamin tidak akan kecewa ketika berkunjung ke Ngarai Sianok.

Aktivitas di Ngarai Sianok

Sumber: www.indonesiakaya.com

Dengan pemandangan alamnya yang cantik, duduk bersantai sembari menikmati keindahannya dirasa sudah cukup untuk menghabiskan waktu di sana bersama keluarga tercinta. Jika kamu ingin melihat keindahan Ngarai Sianok secara keseluruhan, kamu bisa melihatnya dari Taman Panorama. Untuk kamu yang hobi berswafoto, berkunjung ke Ngarai Sianok juga bisa menjadi pilihan yang pas, mengingat di sana kamu akan menemukan banyak spot foto yang Instagramable. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyiapkan ruang penyimpanan yang besar sebelum berkunjung ke Ngarai Sianok.

Fasilitas di Ngarai Sianok

Sumber: Instagram @agreederza

Lokasinya yang cukup strategi dengan pemandangan yang cantik, bukan hal yang mengherankan jika di sana kamu akan menemukan banyak villa dan hotel. Harga sewanya pun bervariasi, tergantung dengan lokasi dan vasilitas yang ditawarkannya. Di sana juga terdapat banyak warung yang menjual aneka makanan khas padang atau pun minuman sebegai pelepas dahaga. Jika ingin menikmati lebih banyak menu khas Sumatera Barat, kamu bisa coba mampir ke warung makan yang banyak berada di Pasar Lereng, yang di mana lokasinya tidak terlalu jauh dari ngarai.

Tiket Masuk Ngarai Sianok

Sumber: Instagram@zulfitriadi_syamsir

Menurut informasi, untuk bisa menikmati keindahan Ngarai Sianok hanya dipatok tiket seharga 4 ribu rupiah. Bagaimana, cukup murah bukan?

Jadi tunggu apa lagi, segera siapkan hari liburmu untuk berkunjung ke Ngarai Sianok atau yang bisa disebut juga dengan Lembah Pendiam. Dijamin akan memberimu pengalaman yang mengesankan, terlebih datang dengan keluarga atau pun orang tercinta.

Comments

Loading...