OUR NETWORK

Pulau Pigago, Kepingan Surga Eksotis di Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi dengan bentang alam yang cukup menawan, terutama pantai. Karena memang provinsi yang beribu kota di Padang ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah selatan. Tidak hanya itu, di Sumatera Barat juga banyak terdapat pulau eksotis dengan pantai berpasir putih yang cantik. Oleh sebab itu, berkunjung ke Sumatera Barat tidak akan lengkap jika kamu tidak mampir ke salah satu pantai atau bahkan pulau yang ada di sana.

Dari sekian banyak pulau yang ada di Sumatera Barat, kamu wajib mencoba berkunjung ke Pulau Pigago. Pulau cantik dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang tenang. Penasaran dengan Pulau Pigago? Simak ulasan yang berikut ini.

Lokasi Pulau Pigago

Sumber: Instagram@upiak_pasaman

Secara administratif Pulau Pigago terletak di Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Untuk bisa ke sana para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bahkan angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, para pengunjung yang datang dari kota Padang bisa menumpangi Bus AKDP Air Bangis-Padang (PP) dengan jarak sekitar 256 km atau dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Meskipun harus melalui perjalanan yang panjang, namun para pengunjung dipastikan tidak akan pernah merasa bosan karena di sepanjang perjalanan akan disuguhi oleh pemandangan alam yang cukup menawan.

Sumber: Instagram@rifkadejavu

Setelah sampai di Air Bangis, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan menuju ke dermaga untuk selanjutnya menumpangi perahu menuju ke Pulau Pigago. Menurut informasi ongkos untuk menyebrang dari Air Bangis ke Pulau Pigago adalah sekitar 15 hingga 30 ribu rupiah.

Pesona Pulau Pigago

Sumber: Instagram@airbangisdotcom

Setelah sampai di Pulau Pigago, para pengunjung akan langsung disambut dengan pemandangan alam yang eksotis berupa pantai berpasir putih dengan deretan pohon kelapa dan mangrove sebagai hiasannya. Pulau ini dikelilingi oleh lautan biru bersih dengan ombak yang tenang, karena memang ganasnya ombak Samudra Hindia sudah terhalang oleh gugusan Pulau Tanahmasa yang berada di seberang. Kontur pantai di Pulau Pigago juga cukup landai sehingga sangat cocok untuk tempat bermain air dan berenang.

Sumber: Instagram @dearypasbar

Di sekitar Pulau Pigago juga terdapat beberapa terumbu karang yang cukup cantik, sangat cocok untuk kamu para pecinta bahari. Dengan pemandangan alam yang disuguhkan, kamu dijamin akan betah berlama-lama di pulau seluas 40 hektar tersebut.

Aktivitas di Pulau Pigago

Sumber: Instagram@insaniitiaraa

Dengan kondisi yang seperti demikian, kamu pun bisa dengan bebas bermain air atau pun berenang di sekitar pantai Pulau Pigago. Kamu juga bisa snorkling menikmati keindahan terumbu karang di Pulau Pigago. Namun untuk snorkling kamu harus mempersiapkan semua peralatan dari rumah, karena memang di sana masih belum tersedia tempat penyewaan alat snorkling.

Sumber: Instagram @airbangisdotcom

Jika tidak ingin basah-basahan, bersantai dan berselfie ria di Pulau Pigago juga bisa menjadi pilihan yang pas. Pulau Pigago yang tak berpenghuni dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan bisa membuatmu dengan leluasa mencari spot foto yang eksotis tanpa harus terganggu oleh lalu-lalang para pengunjung atau penduduk pulau.

Fasilitas di Pulau Pigago

Meskipun memiliki panorama alam yang indah dan menawan, namun bisa dibilang fasilitas di Pulau Pigago masih sangat terbatas. Karena memang pulau ini tidak berpenghuni, jadi di sana kamu masih akan kesulitan untuk menemukan toilet atau bahkan ruang ganti pakaian. Di sana juga tidak ada warung penjual makanan atau pun minuman, sehingga kamu harus mempersiapkan semua bekal sejak awal atau sebelum menyebrang ke Pulau Pigago.

Sumber: Instagram @ardianmaulid

Meskipun fasilitasnya kurang memadai, namun dengan pemandangan alam yang disuguhkan bisa dibilang bahwa Pulau Pigago adalah salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi di Sumatera Barat. Karena itu, segera siapkan waktu liburanmu untuk berkunjung ke pulau cantik yang satu ini.

Tapi ingat, selalu jaga ekosistem alam dan juga kebersihan pulau agar keindahan Pulau Pigago tak akan lekang oleh zaman dan masih bisa dinikmati oleh generasi penerus.

Harga Tiket Masuk Pulau Pigago

Sampai saat ini masih belum ditemukan informasi yang akurat mengenai harga tiket masuk ke Pulau Pigago. Untuk kamu yang mengetahui informasi mengenai harga tiket masuk ke Pulau Pigago bisa tulis di kolom komentar di bawah ini.

Comments

Loading...