in

Nuansa Nostalgia Di Desa Wisata Wisata Kaki Langit

Sumber Gambar: @visitingjogja.com

Desa Wisata Kaki Langit sebuah destinasi wisata yang berada di Dusun Cempuk Desa Mangunan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menawarkan pesona alam dan juga nuansa nostalgia bagi para pengunjungnya. Destinasi wisata andalan Yogyakarta ini memang sedang diburu oleh para traveller karena destinasi wisata yang satu ini memiliki pemandangan yang indah karena memang lokasinya yang tidak jauh dari Hutan Pinus. Apalagi Desa Wisata Kaki Langit ini memiliki banyak spot selfie yang menarik dan juga terdapat berbagai arena hiburan.

Dikelola Secara Mandiri

Sumber Gambar: visitingjogja.com

Desa Wisata Kaki Langit ini tidak hanya indah dan menarik tetapi juga dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat. Hal ini diharapkan agar warga setempat mendapatkan pendapatan lebih sehingga dapat menaikan taraf hidup masyarakat setempat. Objek wisata ini dirintis dengan semangat gotong royong dengan melibatkan masyarakat peduli lingkungan.

Agar Desa Wisata Kaki Langit ini terkelola secara professional, para pengelola membaginya menjadi delapan divisi. Divisi Budaya Langit yang bertugas untuk mengelola bagian Budaya dan juga Seni, Divisi Rasa Langit bertugas untuk mengelola kuliner, Divisi Atap Langit bertugas mengelola penginapan dan homestay, Divisi Karya Langit yang bertugas mengelola hasil kerajinan masyarakat, Divisi Langit Cerdas yang bertugas mengelola warisan budaya leluhur, Divisi Langit Ilalang bertugas untuk mengelola Outbond dan yang terakhir adalah Divis Langit Terjal yang bertugas mengelola wisata ekstrem yang memacu adrenalin.

Pasar Semi dan Homestay Dengan Konsep Limasan

Sumber Gambar: Instagram @ariyanisetyowati

Salah satu atraksi yang paling banyak digemari oleh para pengunjung Desa Wisata Kaki Langit ini adalah Pasar Semi. Dinamakan Pasar Semi karena atraksi yang satu ini hanya buka di hari Sabtu dan Minggu atau hanya buka di waktu weekend saja. Pasar ini sendiri buka dari jam 06.00 wib sampai jam 12.00 wib. Dan untuk berbelanja di sini pihak pengelola menggunakan cara yang cukup unik. Kalian tidak bisa berbelanja di sini menggunakan uang tetapi harus menukarkan dulu uang kalian menjadi koin kayu yang bisa kalian fungsikan sebagai mata uang.

Buat kalian yang menikmati hidangan tradisional pasar yang satu ini wajib kalian kunjungi karena di pasar ini akan banyak jajanan tradisional seperti Wedahng Uwoh, Lotek, Tiwul, Kisak, Nasi Merah hingga berbagai olahan yang terbuat dari Singkong.

Dan buat kalian yang merasa satu hari tidak cukup untuk berada di destinasi wisata indah yang satu ini, kalian bisa menginap di salah satu dari 64 kamar homestay yang sudah disediakan. Homestay yang disediakan juga memiliki konsep yang unik karena menggunakan konseo rumah tradisonal Limasan. Selain itu untuk menambah kesan kepada para wisatawan Desa Wisata Kaki Langit juga menampilkan hiburan tradisional yaitu Gejok Lesung, Ketoprak dan juga Karawitan. Semua hiburan tradisional itu ditampilkan oleh warga setempat tidak hanya itu bagi pengunjung yang mau juga bisa untuk ikut bermain bersama warga.

Pesona Hutan Pinus

Sumber Gambar: @inews.id

Salah satu objek wisata andalan desa wisata ini adalah Hutan Pinus Mangunan. Selain pemandangan indah dan mempesona berbagai fasilitas menarik juga ditawarkan. Sebut saja Gazebo, Gardu Pandang, Musholla, Toilet, Warung Makan, Taman Bunga, Penyewaan Hammock, Camping Site hingga spot foto yang menarik.

Selain menikmati indahnya hutan pinus kalian juga bisa menikmati objek wisata lainnya yang terdapat di hutan pinus ini yaitu Watu Lawang dan juga Slembrang. Buat kalian yang ingin memacu adrenalin, kalian juga bisa mengikuti kegiatan outbond. Kegiatan ini dapat dilakukan minimal 30 orang dengan biaya yang juga sangat terjanggkau.

Tapi kalau ada satu atraksi yang tidak boleh kalian lewatkan adalah jelajah adventure menggunakan jeep wisata. Kalian dapat menyewa jeep dan kemudian kalian dapat berkeliling di destinasi – destinasi wisata di sekitar Hutan Pinus Mangunan ini. Sebagian besar masyarakat sekitar Desa Wisata Kaki Langit berprofesi sebagai pengrajin kayu, sehingga kalian dapat dengan gampang menemukan souvenir yang terbuat dari kayu seperti figura, meja – kursi dan juga kap lampu.