in

Desa Wisata Kepulauan Samosir Desa Huta Tinggi

Sumber Gambar: Google Maps @Hermanto Tobing

Desa Wisata Huta Tinggi merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pangururan, Kecamatan Samosir dan ditetapkan menjadi salah satu Desa Wisata melalui Keputusan Bupati Samosir Nomor 372 Tahun 2019 Tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Samosir. Produk yang diunggulkan dari desa ini adalah Paket Wisata berbasis kearifan lokal yang dijual dan dipasarkan tidak hanya kepada wisatawan domestic tetapi juga sampai ke mancanegara.

Memiliki Home Stay Yang Unik

Sumber Gambar : Instagram @dewihutatinggi

Buat kalian yang ingin menginap di Desa Wisata yang satu ini kalian akan disuguhkan pengalaman unik dengan menginap Rumah Adat khas Suku Batak. Rumah – rumah ini adalah rumah yang dulunya sudah ditinggalkan dan kemudian dimanfaatkan kembali sebagai objek wisata dalam bentuk Home Stay.

Rumah adat yang juga disebut sebagai Rumah Bolon ini memang memilki corak ukiran yang sangat unik di dinding bagian depan. Rumah ini sendiri berbentuk rumah panggung dengan pintu berkusen rendah sehingga membuat para pengunjung harus menunduk ketika melewati pintu. Desain ini sendiri bukan tanpa makna, dalam budaya suku Batak desain pintu ini menunjukan rasa hormat tamu kepada pemilik rumah sebelum masuk ke dalam rumah.

Rumah Bolon sendiri tidak memiliki kamar sehingga para pengunjung akan melihat ruangan luas dengan dua Kasur tanpa sekat sama sekali. Pengunjung juga tidak akan menemukan perabotan seperti kursi ataupun meja. Sebagai gantinya pengunjung dapat duduk di atas tikar khas suku Batak yang terbuat dari anyaman daun pandan.

Dengan setingan unik seperti ini maka kalian akan merasakan pengalaman yang otentik ketika kalian menginap di Home Stay ini.

Kegiatan Yang Di Tawarkan

Desa ini menawarkan paket wisata yang bertemakan kehidupan masyarakat suku Batak yang tingal di Kawasan Desa Wisata ini. Jika kalian berminat untuk merasakan kehidupan sehari – hari dari warga Batak yang tinggal di sini sepertinya paket ini tidak boleh kalian lewatkan. Adapun kegiatan yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

1. Memerah Dan Mengolah Susu Kerbau

Sumber Gambar: @pixabay

Desa Huta Tinggi memang terkenal dengan hewan kerbau, kalian bisa menemukan hewan yang satu ini hampir disetiap sudut desa. Maka tidak heran kalau salah satu atraksi di Desa Huta Tinggi ini ada hubungannya dengan hewan yang telah menjadi Ikon Desa ini. Atraksi ini akan menjadi yang pertama dilakukan karena untuk memerah susu kerbau harus dilakukan di jam 06.00 WIB sampai jam 07.00 WIB untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebelum nantinya diberikan kepada sang anak.

Buat kalian yang tidak pernah memerah susu jangan khawatir karena kalian akan ditemani oleh warga lokal yang bertugas selain mengajarkan, menerangkan tetapi juga menjaga keamanan kalian ya. Setelah susu diperah kalian juga dapat mengikuti proses pengolahan makanan atau hidangan khas Batak bernama Dali Ni Horbo. Olahan ini berbentuk seperti keju yang nantinya akan dimakan dengan nasi putih.

2. Memainkan Alat Musik Tradisional

Sumber Gambar : @Creative Commons/Ikhlasul Amal

Ketika kalian sampai di Desa Huta Tinggi ini kalian akan disambut dengan alunan music tradisional khas Batak yang dimainkan oleh remaja – remaja desa. Nah, musik ini dimainkan menggunakan alat music tradisional suku Batak yang dimana kalian juga bisa ikut memainkannya. Kalian akan diajarkan untuk memainkan musik penyambutan tamu dengan alat musik tradisional mereka selain tentu saja kalau kalian memilih untuk menjadi penikmat saja ya.

3. Memetik Buah Kopi Dan Juga Mengupas Jagung

Sumber Gambar : @Shutterstock/Somchai_stock

Desa ini terkenal dengan komoditi Kopi dan juga Jagung yang dikelola oleh masyarakat setempat. Buat kalian yang tertarik kalian bisa juga merasakan pengalaman untuk memanen buah kopi langsung dari pohonnya satu pengalaman yang tidak bisa kita rasakan di kota – kota besar tentunya. Selain itu juga kalian bisa mengupas jagung milik penduduk bersama dengan warga Desa Huta Tinggi ini.

Area perkebunan juga terletak tidak jauh dari penginapan sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk sampai di kebun kopi ini dan melakukan aktivitas memanen.

Itulah Desa Huta Tinggi desa wisata yang terletak di Pulau Samosir, desa yang tidak hanya indah tetapi juga unik. Jadi buat kalian yang bingung mau kemana lagi pas liburan sepertinya desa yang satu ini bisa jadi salah satu alternative yang tidak akan mengecewakan kalian.