OUR NETWORK

Objek Wisata Air Terjun Hamindrai Selalu Bikin Rindu Kesana

Sumber: Instagram @albertosilaban

Air Terjun Hamindrai terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Air terjun ini merupakan salah satu diantara puluhan objek wisata yang ada di Kabupaten Tanah Laut. Kabupaten Tanah Laut berperan sangat penting bagi perkembangan Provinsi Kalimantan Selatan, terutama di sektor pariwisatanya. Hal ini dikarenakan setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Laut pasti memiliki beberapa objek wisata, jika dijumlahkan ada sekitar 78 objek wisata yang tersebar di masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Laut.

Karena terletak di Kecamatan Bajuin, Air Terjun Hamindrai  hanya berjarak kurang lebih sejauh 16 kilometer jika diukur dari Kota Pelaharai. Letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota membuat air terjun ini sebagai salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung. Bagi penduduk yang tinggal di sekitar objek wisata air terjun ini, menjadikannya sebagai tempat favorit untuk menghilangkan rasa jenuh dan menghabiskan waktu berlibur karena tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga yang lebih.

Sumber: Instagram @aris.lina

Keindahan pemandangan alamnya akan membuat para pengunjung selalu ingin kembali ke tempat ini. Karena keindahannya tersebut, air terjun ini menjadi salah satu dari 5 objek wisata yang paling menawan di Kabupaten Tanah Laut. Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada, anda hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp 10.000 saja.

Keindahan Air Terjun Yang Menawan

Air terjun merupakan salah satu objek wisata yang sangat cocok bagi para pecinta alam. Bukan hanya karena pemandangannya saja, akan tetapi perjalanan menuju ke air terjun dinilai sebagai salah satu hal yang menambah daya tarik dari objek wisata tersebut. Hal ini dikarenakan mayoritas pecinta alam sangat menyukai objek-objek wisata dengan jalur yang bisa tergolong menantang. Oleh karena itulah Air Terjun Hamindrai juga sering dikunjungi oleh beberapa klub pencinta alam untuk melaksanakan kegiatan penjelajahan dan lain-lain.

Sumber: Instagram @albertosilaban

Meskipun anda perlu melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, namun anda tidak perlu khawatir karena akses untuk bisa sampai ke air terjun tergolong cukup mudah. Karena jalur yang cukup mudah, anda bahkan bisa mengajak anak-anak jika anda menginginkan untuk berlibur bersama keluarga dengan suasana yang berbeda. Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, anda akan dapat menyaksikan keindahan air terjun dengan panorama pegunungan hijau yang semakin menambah daya tarik dari air terjun ini. Selain itu, suara gemuruh air disertai dengan angin yang berhembus akan memberikan ketenangan dan kesejukan. Lelah yang anda rasakan akan menghilang dan terbayarkan dengan segala yang disajikan di air terjun ini.

Sumber: Instagram @albertosilaban

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 22 meter dengan tingkatan air yang terdiri dari 3 susun. Disini anda bisa melakukan beberapa aktivitas seperti berenang, tracking, hiking, climbing, dan tentunya berfoto-foto bersama dengan keluarga ataupun teman-teman anda. Banyak sekali spot foto yang akan anda temui di sekitar air terjun, bahkan di perjalanan menuju air terjun anda akan menjumpai beberapa tempat yang sangat cocok untuk diabadikan.

Kawasan Air Terjun Yang Dimanfaatkan Sebagai Ekowisata

Selain menjadi objek wisata, Air Terjun Hamindrai ini juga dimanfaatkan sebagai kawasan Ekowisata. Hal ini dikarenakan di Kawasan air terjun ini terdapat beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang melimpah, salah satunya adalah burung, monyet, dan tanaman anggrek hutan. Karena kekayaan yang dimiliki sangat beragam, pengelola akhirnya memutuskan untuk menjadikan air terjun ini sebagai ekowisata. Dengan harapan dengan mengunjungi objek wisata ini, para pengunjung akan mendapatkan manfaat lain selain keindahan alamnya. Salah satu diantaranya adalah kesadaran untuk melestarikan lingkungan sekitar agar ekosistem selalu terjaga dan mendapatkan pengetahuan lainnya yang terkait dengan kelestarian alam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…