in

Daya Tarik Pantai Sumur Tiga Aceh

Pantai Sumur Tiga adalah tempat wisata historical yang penuh dengan keindahan alam pantai yang sangat rindang. Tempat wisata tersebut merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Sabang, Aceh. Ada berbagai macam spot dan wahana yang membuat pengunjung merasa sangat nyaman dan leluasa untuk menghabiskan waktu di tempat wisata tersebut.

Lokasi Pantai Sumur Tiga

Sumber: Instagram @demitra.atashi_lubis

Pantai Sumur Tiga berada di Jl H Agus Salim, Iem Meulee, Ie Meulee, Sukajaya, Sabang. Kota Sabang dikenal sebagai salah satu tempat yang mempunyai akses jalan yang sangat bagus. Hal tersebut tentunya dengan keberadaan berbagai destinasi wisata unggulan yang menjadi favorit wisatawan.

Sabang sendiri juga merupakan salah satu wilayah Indonesia yang menjadi jajaran tempat incaran wisatawan, seperti Jogja dan Bali. Sebagai penunjang akses, ada berbagai macam transportasi yang dapat mengantarkan wisatawan ke destinasi yang hendak dituju.

Sumber: Instagram @demitra.atashi_lubis

Sehingga meskipun letak dari lokasi pantai cukup jauh dari bandara, para wisatawan tidak akan kesulitan dalam perjalanan. Hal tersebut membuat wisatawan merasa nyaman serta tetap mempertahankan citra dari Sabang sebagai kota wisata.

Daya Tarik Pantai Sumur Tiga Sabang

Faktor yang menjadikan Pantai Sumur Tiga menjadi salah satu destinasi wisata favorit adalah adanya berbagai macam sudut pandang untuk mengeksplorasi pesona dari pantai tersebut. Sehingga dengan banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan para pengunjung pun, menciptakan suasana serta kesan tersendiri.

Hal tersebut tentu membuat pengunjung tidak mudah merasa bosan. Serta dalam seharian penuh belum cukup untuk mengeksplorasi pantai sumur tiga.

Berikut ini adalah daya tarik dari Pantai Sumur Tiga :

  • Kondisi laut yang sangat sempurna

    Sumber: ksmtour.com

Air laut di Pantai Sumur Tiga sangat jernih. Sehingga nampak berwarna biru. Warna biru laut pun bukan hanya sekedar warna biru. Ada yang menarik dari warna laut. Untuk warna laut di bagian paling tepi, berwarna putih. Warna putih pun tercipta dengan kumpulan gelombang yang terhempas ke bibir pantai.

Kemudian tepat di bagian tengah laut berwarna biru. Kondisi laut yang masih berwarna biru menandakan bahwa laut tersebut belum tercemar sama sekali dan dapat dipastikan sangat jernih. Sementara warna laut yang paling dasar berwarna navy atau biru tua.

Sumber: disbudpar.acehprov.go.id

Ketiga warna tersebut berhasil menciptakan gradasi yang sangat apik dan mempesona. Sedangkan warna dari pasir yang sangat putih, semakin menambah kesan natural.

  • Jajaran pohon kelapa

    Sumber: Instagram @nicoirlanda

Jajaran pohon kelapa yang tumbuh secara subur dan menjulang tinggi, membuat suasana pantai menjadi sangat rindang. Umumnya, suasana pantai selalu identik dengan panas namun percikan air laut dan desiran ombak membuat suasana pantai tidak terasa panas. Sayangnya hal tersebut tidak dapat mampu menciptakan suasana pantai yang sejuk seperti pegunungan.

Sumber: Instagram @herman.io

Keberadaan dari jajaran pohon kelapa yang berada di area Pantai Sumur Tiga dapat memecahkan suasana pantai yang identik dengan panas. Pohon tersebut menjadi faktor utama menciptakan udara yang sangat sejuk.

  • Terumbu karang

    Sumber: Instagram @ewin46

Di beberapa bagian pantai dipenuhi dengan jajaran batuan karang yang besar. Ada yang terletak di tepi laut, bibir pantai hingga di daratan. Batu karang juga menjadi spot yang menarik dari pantai tersebut. Serta membuat view dan karakter pantai yang lebih kompleks dan sempurna.

  • Lapangan

Di Pantai Sumur Tiga tersedia berbagai macam jenis lapangan yang dapat digunakan secara bebas oleh pengunjung. Bahkan pihak pengelola pun juga menyediakan berbagai kebutuhan untuk olahraga seperti bola. Lapangan yang tersedia identik dengan jenis olahraga yang menggunakan bola. Misalnya lapangan futsal, lapangan volley dan lain – lain. Dengan adanya aktivitas olahraga, membuat hubungan antar pengunjung lebih akrab.

  • Water sport

Di area Pantai Sumur Tiga, pengunjung diizinkan melakukan aktivitas di air. Pengunjung dapat bermain air dengan berjalan ke arah laut serta water sport. Sebagai tempat wisata air, water sport bukan menjadi hal yang canggung. Sayangnya ada beberapa pantai yang tidak diperkenankan untuk aktivitas water sport. Penyebabnya adalah kondisi laut yang tergolong ekstream, dengan gelombang dan arus yang deras.

Tetapi di pantai ini pengunjung dapat leluasa untuk beraktivitas water sport. Bahkan pihak pengelola telah menyediakan jasa sewa untuk water sport. Jenis water sport yang dapat dilakukan di pantai sumur tiga meliputi swimming, banana boat, surfing dan lain – lain.

  • Eksplorasi kehidupan bawah laut

    Sumber: jejakpiknik.com

Dengan kondisi air laut yang cukup jernih, membuat laut di Pantai Sumur Tiga memungkinkan untuk dieksplorasi. Untuk menunjang eksplorasi kehidupan bawah laut, pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam keperluan, mulai dari diving hingga snorkeling. Peralatan yang tersedia sangat dijamin aman dan tidak membahayakan.

Pengunjung pun juga mendapatkan seorang pemandu yang akan mengantarkan ke bagian laut yang mempunyai sudut eksotis untuk dieksplorasi. Pemandu juga akan memastikan serta mengutamakan keselamatan setiap pengunjung yang berpartisipasi dalam diving maupun snorkeling.

  • Pusat seafood

Di kompleks wisata Pantai Sumur Tiga terdapat sebuah resto yang merupakan pusat olahan seafood di wilayah tersebut. Bahan utama dalam pengolahan seafood sangat terjamin fresh dan merupakan hasil penangkapan para nelayan terbaru. Olahan seafood juga sangat beragam dan mempunyai cita rasa otentik Aceh. Namun di pusat seafood tersebut juga menyediakan menu olahan lokal diluar Aceh, bahkan olahan western. Jenis olahan seafood yang tersedia antara lain nasi goreng seafood, berbagai macam olahan udang, ikan, cumi – cumi dan lain – lain.

  • Japanese Three Wells castle

Japanese three Wells castle adalah spot utama dari pantai sumur tiga dan sekaligus menjadi nama dari destinasi wisata alam ini. Japanese Three Wells castle adalah sebuah bangunan kuno peninggalan kolonial Jepang. Bangunan kuno tersebut adalah sebuah benteng pertahanan dari Jepang. Bangunan tersebut masih berdiri dengan kokoh walaupun telah berumur lebih dari 1/2 abad. Namun kondisi bangunan kuno terlihat sangat kusam karena tidak terawat.

Di dalam benteng, terdapat 3 buah sumur yang sangat fenomenal dan unik. Ketiga sumur tersebut mempunyai satu persamaan akan karakter air yang bukan merupakan karakter air laut. Hanya terletak beberapa meter dari tepi laut, membuat hal tersebut cukup mustahil dan langka.

Sumur yang dibangun di area pantai, pasti akan berisi air laut dan bukan air tawar.
Sumur pantai yang berisi dengan air tawa, merupakan fenomena alam yang sangat langka. Jadi sangat tidak mengherankan jika ketika sumur menyita perhatian.

Bahkan menjadi ikon dari destinasi wisata pantai sumur tiga. Walaupun ketiga sumur tersebut berisi dengan air tawar, kondisi air masing – masing sumur memiliki karakter rasa yang berbeda. Ada yang mempunyai rasa manis, asam dan tawar.

  • Free destinasion

Hal ini adalah daya tarik utama dari Pantai Sumur Tiga. Di destinasi wisata tersebut, pengunjung hanya akan mengeluarkan akomodasi sesuai dengan kebutuhan, mulai dari sewa fasilitas pantai serta kuliner.