in

Danau Laut Tadu, Danau Air Tawar di Nagan Raya Aceh

Source Image: yopiefranz.com

Berbicara mengenai Aceh memang tidak pernah ada habisnya, terutama mengenai keindahan alamnya. Karena memang provinsi yang berada paling ujung barat Indonesia ini memiliki begitu banyak wisata alam yang menawan dan mengagumkan. Semua yang indah itu ada di Aceh, begitu banyak orang mengatakannya.

Mulai dari gunung, pantai, air terjun, hingga danau yang cantik ada di Aceh. Jadi kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata yang menarik ketika berkunjung ke Aceh. Tinggal menyesuaikan budget dan pilih objek wisata yang terdekat. Nah, bicara soal keindahan Aceh, kali ini akan dibahas mengenai salah satu destinasi wisata yang menjadi ikon dari kabupaten Nagan Raya, yakni Danau Laut Tadu.

Lokasi Danau Laut Tadu

Sumber: peminjam.com

Bagi kamu yang berasal dari luar Aceh, saya rasa nama destinasi wisata yang satu ini cukup asing di telingamu. Padahal Danau Laut Tadu adalah salah satu destinasi wisata favorit warga Aceh, yang diapit oleh enam desa sekaligus di Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya.

Tidak sulit untuk menemukan destinasi wisata yang satu ini, karena akses jalan sudah memadai ditambah dengan banyaknya petunjuk arah yang bisa mengantarkan para wisatawan untuk bisa sampai ke lokasi. Bagi yang datang dari ibu kota Aceh, Banda Aceh, maka mereka harus menempuh perjalanan sejauh 287 km atau dengan waktu tempuh selama 5 jam 37 menit. Namun bagi yang datang dari ibu kota Nagan Raya, Suka Makmue, maka mereka hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 36 km atau dengan waktu tempuh 48 menit dalam keadaan lalu lintas normal.

Pesona Danau Laut Tadu

Sumber: wisatalah.com

Begitu sampai di lokasi, para wisatawan akan langsung disambut dengan pemandangan alam yang mengagumkan. Sebuah danau air tawar yang cukup luas dengan diapit pegununungan hijau yang tinggi menjulang. Suasana sejuk dan damai pun akan langsung menghampiri para wisatawan begitu turun dari kendaraan dan beranjak menuju ke lokasi danau.

Sejauh mata memandang kamu akan disuguhkan perpaduan warna hijau dari lebatnya pepohonan dan air danau yang jernih dengan warna biru kehijauan. Suasana tenang dan damai yang berpadu dengan udara sejuk akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di sana.

Aktivitas di Danau Laut Tadu

Sumber: Instagram @cut_noe88

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Danau Laut Tadu, di mana salah satunya adalah berenang. Namun perlu diperhatikan, bahwa danau ini cukup dalam, sehingga jangan coba-coba untuk menceburkan diri di dalamnya bagi yang tidak bisa berenang. Namun bagi yang bisa berenang, menceburkan diri ke Danau Laut Tadu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Air di Danau Laut Tadu juga cukup dingin dan menyegarkan, sehingga mampu menghipnotis para pengunjung untuk betah berlama-lama di sana.

Bagi yang hobi memancing, kamu juga bisa melakukannya di Danau Laut Tadu. Karena danau yang satu ini memiliki sumber daya ikan yang cukup melimpah. Hanya saja untuk memancing kamu harus membawa semua peralatannya dari rumah, karena di sekitar danau masih belum ditemukan tempat penyewaan perlengkapan pancing.

Selain itu, duduk bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan dan suasana danau yang damai nan menenangkan juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di sana, terlebih jika ditemani dengan secangkir kopi dan orang tercinta.

Fasilitas di Danau Laut Tadu

Meskipun memiliki pemandangan yang indah, namun fasilitas di Danau Laut Tadu masih belum begitu memadai. Para wisatawan sering kali kesulitan untuk menemukan toilet dan mushalla di sekitar Danau Laut Tadu. Akan tetapi pihak pemerintah sudah menyadari akan besarnya potensi wisata yang dimiliki oleh Danau Laut Tadu, sehingga pada tahun 2020 mendatang pemerintah kabupaten Nagan Raya dipastikan bakal menggelontorkan biaya sebesar 2,1 miliar rupiah untuk pengembangan wisata Danau Laut Tadu, termasuk untuk membangun fasilitas penunjang.

Bagaimana, sudah memiliki angan-angan untuk menghabiskan waktu liburan di sana? Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri, percayalah bahwa Indonesia juga memiliki banyak pemandangan alam yang sangat indah. Salah satunuya adalah Danau Laut Tadu, danau air tawar yang berada di Nagan Raya.

Geomedia - JFK 2022