in

Objek Wisata Air Terjun Lanjung Bapayung, Tapin

Air Terjun Lanjung Bapayung
Air Terjun Lanjung Bapayung

Bagi kamu yang sangat menyukai objek wisata air terjun, kamu wajib mengunjungi Kabupaten Tapin. Disini kamu akan menjumpai air terjun yang memiliki pesona yang tidak ada habisnya. Terletak di Provinsi Kalimantan Selatan yang memang dipenuhi dengan hutan yang memiliki jutaan kekayaan alam didalamnya membuat Kabupaten ini menjadi salah satu Kabupaten yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur. Di Kabupaten Tapin kamu bisa mengunjungi salah satu air terjun yang menjadi wisata unggulan di kawasan ini, air terjun tersebut adalah Air Terjun Lanjung Bapayung yang terletak di Desa Piani.

Air terjun ini mempunyai keindahannya tersendiri yang membuatnya menjadi salah satu objek wisata air terjun yang menjadi unggulan bagi Kabupaten Tapin. Jika kamu ingin mengunjunginya, akan lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan roda dua dibandingkan dengan menggunakan kendaraan roda empat karena akan lebih mudah dan tidak perlu kebingungan saat sedang menemui jalanan yang cukup sempit. Selain itu kamu juga bisa dengan mudah melewati medan dengan jalanan yang berlubang jika kamu mengendarai sepeda motor.

Objek wisata air terjun memang sangat cocok untuk dikunjungi beramai-ramai, apalagi dengan teman-teman. Dengan beramai-ramai kamu tidak akan merasakan lelah karena perjalanan yang cukup memakan waktu dan tenaga. Kamu bisa menikmati perjalan sembari bercanda gurai dengan teman-temanmu sehingga tanpa terasa kamu sudah sampai di tempat tujuan.

Ciri Khas Air Terjun Lanjung Bapayung

Sumber Gambar: Instagram @sarwani_ahmad02

Air Terjun Lanjung Bapayung ini terletak di tengah-tengah hutan sehingga akan memberikan suasana yang sangat asri dan alami. Saat perjalanan kamu akan menjumpai beberapa spot yang sangat menarik untuk diabadikan. Letaknya yang berada di tengah-tengah hutan rimbun akan memberikan kesejukan dan kesegaran bagi siapapun yang berkunjung. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang sangat cocok untuk mendapatkan ketenangan.

Salah satu ciri khas dari Air Terjun Lanjung Bapayung ini terletak pada air terjunnya yang bertingkat. Meskipun sudah ada banyak air terjun yang bertingkat, namun tingkatan di air terjun ini berbeda dan unik. Tingkatan yang tidak terlalu tinggi akan memberikan nuansa yang sangat tenang didukung dengan pemandangan hutan yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang dan hijau.

Tips Untuk Berkunjung Ke Objek Wisata Air Terjun

Jika kamu memutuskan untuk memilih objek wisata air terjun sebagai tempat tujuanmu menghabiskan masa liburan maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar perjalananmu lancar dan tidak akan merasa kesulitan. Beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Bawa perlengkapan secukupny

Jika kamu akan berwisata ke air terjun, maka kamu hanya perlu membawa barang-barang yang nantinya akan berguna di dalam perjalanan dan saat tiba di tempat tujuan. Adapun barang-barang yang perlu kamu bawa diantaranya adalah baju untuk ganti saat kamu ingin berenang atau bermain air di air terjun, makanan dan minuman secukupnya agar kamu tidak membawa beban yang berat saat perjalanan, dan obat-obatan seperti obat merah betadine atau plester luka untuk berjaga-jaga jika kamu terpeleset.

  1. Pastikan tidak meninggalkan sampah sedikitpun

Bawalah sebuah plastik kresek dengan ukuran yang besar jika kamu ingin menghabiskan waktu lebih lama di air terjun. Jangan sampai kamu mencemari air terjun dengan sampah-sampah yang kamu bawa. Kita harus membiasakan diri untuk turut melestarikan dan menjaga alam sekitar.

  1. Pastikan cuaca mendukung

Hal terakhir dan sangat penting ada perhatikan cuaca saat kamu hendak pergi ke air terjun. Jika kamu berkunjung pada saat musim hujan, kamu wajib untuk berhati-hati. Hal ini dikarenakan jalanan akan menjadi licin dan air terjun akan memiliki kapasitas air yang mungkin saja tiba-tiba akan meluap dan menghasilkan arus yang deras.

Beberapa hal diatas merupakan tips bagi kamu yang ingin berkunjung ke Air Terjun Lanjung Bapayung. Hal terpenting adalah hormatilah adat dan istiadat masing-masing daerah, jangan sampai kamu melanggar tradisi yang ada sehingga mungkin kamu akan merasakan akibatnya. Selain itu jangan pernah membuang sampah secara sembarangan yang nantinya akan merusak keindahan dan ekosistem yang ada.