in

Melihat Sumedang Dari Puncak Gunung Tampomas Via Cibeureum

Sumber Gambar dari Instagram @abank.pendaki

Gunung Tampomas memiliki ketinggian 1684 Mdpl. Menjadi salah satu dari sekian banyak gunung di Jawa Barat yang harus kamu coba.  Jalurnyanya memang menyenangkan, ditambah dengan pemandangan alam yang sangat mengesankan. Salah satu trek yang harus kamu coba adalah Via Cibeureum.

Dari jalur ini, kamu bisa menempuh jaraka 4 jam sampai 8 jam. Waktu yang hampir sama bila kamu mendaki Gunung merbabu. Hanya saja, di merbabu ketinggiannya bisa mencapai 2000 mdpl lebih. Dengan kata lain, jalanan Tampomas menjadi salah satu trek yang bagus untuk pendaki pemula seperti kamu.

Menuju Ke Basecamp Ciebeureum

Menuju ke Basecamp Cibeureum tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan kereta api dan turun di stasiun Rancaekek. Kemudian, lebih disarankan menggunakan carter mobil menuju ke Pos Ciebeureum. Untuk harga simaksinya sendiri hanya 5 ribu rupiah saja per pendaki. Di tambah lagi dengan uang parkir 5 ribu rupiah per kendaraan.

Setelah mengisi data para pendaki, kamu bisa memulai pendakian menuju ke atas. salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kebutuhan logistik berupa makanan dan minuman yang ada. Apalagi, bagi kamu yang ingin menginap dan menikmati malam di Tampomas.

Jalur Pendakian

Sumber Gambar: Instagram @tampomas.boga.carita

Perjalanan pertama kamu bisa menikmati jalur penambangan pasir Cibeureum dengan menggunakan ojek yang sudah disediakan di pos ini. Karena, kalau kamu jalan kaki, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam. Jadi, untuk menghemat tenaga, lebih disarankan untuk menggunakan ojek ini dengan harga 20 ribu rupiah bila menggunakan ojek. Tetapi, untuk pickup kamu harus membayar 200 ribu rupiah.

Perjalanan dilanjutkan masuk hutan dengan waktu hanya 30 menit saja kamu sudah bisa masuk ke pos 1. Setelah melewati pos 1, kamu akan disuguhkan dengan jalur yang cukup menanjak. Menuju ke pos 2, kamu akan disuguhkan dengan jalur yang lebih menyenangkan.

Banyak pohon-pohon tumbang yang membuatmu harus berjalan merangkak atau melompatinya. Menariknya rute ini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam kata-kata yang membuat kamu lebih bisa mensyukuri apa yang ada. sampai di pos 3, biasanya para pendaki akan berhenti untuk waktu yang cukup lama.

Di pos ini banyak pendaki yang memulai membuka semua bekalnya. Rasa capek sudah bisa kamu nikmati. Nafas mulai tak menentu dan kaki sudah mulai berdenyut. Waktu istirahat yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam lamanya.

Naik ke pos 4, kamu bisa menikmati perjalanan yang semakin terjal dengan bebatuan yang akan menjadi trek nan mengesankan. Di pos ini juga kamu akan bertemu dengan beberapa pendaki yang mendaki via Narimbang. Pos ini adalah pos terakhir menuju ke Puncak Sahyiang taraje

Puncak

Sumber Gambar: Google Mpas @D.Antoni Dion Antoni

Puncak menjadi sesuatu hal yang memang harus kamu raih. Karena, disini kamu bisa menikmati pesona indahnya Kabupaten Sumedang. Di puncaknya sendiri pula kamu bisa mendirikan tenda. Menikmati lampu-lampu yang hidup di bawah. Atau juga melihat bintang-bintang yang mengesankan di atas.

Tetapi sebelum bisa menikmati pemandangan ini, kamu harus mendaki dengan bebatuan yang cukup besar. Memanjat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Perjalanan dari pos 4 ke puncak ini pun bisa menempuh waktu hampir 2 jam. Bagi kamu yang masih berada di pos 4, setidaknya kamu bisa bangun pukul 3 pagi agar tidak melewatkan keindahan dari sang fajar.

Sumber Gambar: Google Mpas @INTA PRAJA

Ada hal yang harus kamu perhatikan pula, dimana Tampomas bila dimusim kemarau memiliki suhu dingin yang bisa mencapai 1 derajat lho. Jadi, usahakan bawa jaket atau selimut tebal agar kamu tidak terkena hipotermia. Pesona puncaknya memang bisa dikatakan juara dengan pemandangan matahari terbit yang seakan tidak pernah bisa kamu lupakan sedikit pun.

Kesimpulan

Gunung Tampomas, menjadi salah satu keindahan yang tidak bisa kamu lewatkan. Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah sampah yang kamu bawa. Jangan lupa untuk kamu bawa lagi ke bawah agar Gunung Tampomas tetap bersih dan menarik tanpa adanya sampah sedikit pun.

Jadi, kapan nih kamu akan naik ke Gunung Tampomas melalui Ciebereum. Walaupun sulit. Namun, tidak ada yang tidak mungkin, Jangan lupa untuk menyempatkan waktu mendaki ke Puncak Tampomas ya.