in

Desa Nateh, Keindahan Alam Yang Sangat Asri

Sumber: Instagram @aspiani1234

Nateh merupakan salah satu nama Desa yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Desa ini tepat berada di Kecamatan Batang Alai Timur, kawasan desa ini sudah terkenal sebagai lokasi tujuan wisatawan lokal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa objek wisata yang ada di Desa ini, keindahan alam yang dimilikinya dinilai sangat memukau. Dengan berkunjung ke Desa ini, anda akan seperti sebuah peribahasa “Sekali mendayung, dua pulau terlewati”. Karena anda dapat menikmati dan menjelajahi seluruh objek wisata yang ada di Desa Nateh ini.

Desa yang berada di Kecamatan Batang Alai Timur ini menawarkan beberapa objek wisata yang sangat menarik, diantaranya dalah Pegunungan Meratus, Goa, dan juga Sungai. Di Desa ini tidak hanya terdiri dari satu Goa dan Sungai saja. Melainkan terdapat beberapa Goa dan Sungai yang bisa anda pilih untuk menjadi tempat tujuan anda. Anda bisa mengunjungi Desa ini menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua karena jalan menuju Desa sudah menggunakan aspal meskipun terdapat beberapa bagian yang berlubang.

Desa Nateh ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak sekali sungai yang masih memiliki air jernih dan lingkungan yang sangat bersih bebas dari sampah-sampah seperti yang ada di Daerah lain. Hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri dari Desa ini sebagai salah satu Desa Wisata yang ada di Kalimantan Selatan.

Beberapa Objek Wisata Unggulan Di Desa Nateh

Jika anda memutuskan untuk berkunjung ke Desa Nateh, anda akan memiliki beberapa pilihan untuk tempat tujuan anda. Beberapa objek wisata tersebut terdiri dari Goa Berangin, Goa Kukup, Goa Sawar, dan Sungai Batang Alang. Keindahan ornamen Goa yang terdiri dari stalaktit dan stalaknit dipercaya penduduk setempat menjadi saya tarik wisatawan lokal untuk berkunjung. Desa ini akan ramai dikunjungi pada saat hari libur.

Sumber Gambar: Google Mpas @Maulida Santy

Namun Sungai Batang Alang menjadi objek wisata yang paling sering dikunjungi. Hal ini dikarenakan anda bisa menikmati beragam aktivitas di sungai ini. Anda bisa mengikuti kegiatan arum jeram menyusuri sungai yang sangat memacu adrenalin. Selain itu bagi anda yang tidak begitu menyukai kegiatan yang menantang seperti arum jeram, anda bisa bersantai-santai di tepi sungai. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk piknik bersama dengan keluarga, anda bisa menyantap hidangan yang anda bawa dari rumah sembari menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Anda juga bisa bermain air atau berenang di tepian sungai karena arusnya tidak deras.

Sumber Gambar: Google Mpas @nurul farida

Karena banyaknya kunjungan dari wisatawan, membuat penduduk setempat memanfaatkan momen tersebut untuk mendukung perekonomian daerahnya. Mulai dari mengelola objek wisata sampai dengan menyediakan berbagai macam fasilitas untuk para wisatawan yang berkunjung. Meskipun penduduk sekitar sangat minim tentang pengalaman pendidikan, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk terus berkarya dan memajukan nama daerahnya.

Keindahan Alam Yang Akan Dijadikan Objek Pertambangan

Sumber Gambar: Google Mpas @cuplis haluus

Keindahan alam dari Desa Nateh ternyata akan dijadikan objek pertambangan yang akan membuat kawasan desa ini akan rusak. Kabarnya, beberapa perusahaan tambang tengah berencana untuk mengekploitasi Desa ini sebagai lahan pertambangan. Hal ini tentu saja menyebabkan penduduk desa tidak terima dan menolak keras rencana tersebut. Penduduk setampat sangat menentang rencana tersebut karena khawatir kawasan yang semula sangat asri akan berubah seketika menjadi daerah pertambangan yang akan menyebabkan kerugian bagi para penduduk sekitar. Selain itu kelestarian alam yang ada selama ini juga akan terancam rusak. Sungai-sungai yang jernih dikhawatirkan akan menjadi keruh dan tercemar. Oleh karena itu para penduduk sangat berharap bahwa rencan tersebut gagal.