OUR NETWORK

Paling Keren Di Sawahlunto, Inilah Indahnya Batu Runciang. Selfie Addict Wajib Kesini!

Source Image: Instagram @kakasilungkang

Halo, sahabat Wisato.id pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah wisata unik yang baru baru ini tengah hits di kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Wisata apa itu? Namanya adalah Batu Runciang. Sesuai namanya, nama runciang dalam bahasa Minang artinya adalah runcing.

Nah, bagi anda yang ngaku selfie addict, dan senang berburu spot instramable jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi kawasan wisata ini, deh. Dijamin pasti keren banget. Supaya anda semakin tertarik dan yakin pergi ke tempat wisata ini, berikut kami sajikan secara lengkap informasi terkait Batu Runciang

Akses Lokasi


Akses menuju lokasi ini tidak terlalu sulit dibandingkan jalan ke Danau Biru Sawah Lunto sebab jalan ke Batu Runciang posisinya tepat berada di tepi Jalan Raya Lintas Sumatera yaitu di samping Jalan Puskesmas Silungkang yang berdekatan langsung dengan jembatan.

Dari jalan tersebut anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer lagi saja untuk menuju Batu Runciang. Sebagai saran, sebaiknya gunakan kendaraan beroda dua saja sebab jalanannya terbilang cukup sempit sehingga kurang ideal untuk dilintasi mobil. Selain itu 500 meter sebelum menuju lokasi, jalannya dipenuhi oleh banyak batu kerikil. Kendati demikian, jika anda ingin tetap membawa mobil pribadi silahkan saja namun harus tetap ekstra hati-hati.

Sumber: Instagram @kakasilungkang

Dikarenakan baru dibuka sebagai destinasi wisata tahun 2016 lalu dan belum ada kesepakatan dari pemerintah setempat untuk memungut biaya masuk ke Batu Runciang, jadi anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Kecuali biaya parkir,

Biaya parker untuk sepeda motor Rp. 2000 dan untuk mobil  Rp. 3000.

Keindahan Menawan Batu Runciang

Sumber: Instagram @rio_warham

Saat berada di Batu Runciang anda akan menemukan banyak sekali batu kapur (karst) dengan berbagai ukuran yang sebagiannya memiliki ujung meruncing. Bahkan ada pula batuan andesit berukuran raksasa, dan tingginya mencapai 30 meter, loh. Bebatuan  tersebut terbentuk secara alami sejak jutaan tahun silam.

Nah, untuk sampai keatas anda harus memanjatnya. Beberapa batu bisa dipanjat dengan mudah, namun ada pula yang membutuhkan keahlian khusus. Maka dari itu pilihlah batu yang secara logika bisa anda panjat dengan gampang.

Saat berhasil berada di atas batu, coba edarkan mata anda pada sekililing. Dalam beberapa detik saja, anda pasti akan dibuat takjub dengan pemandangan menawan yang terpotret oleh mata.

Sumber: Instagram @ballerano20

Anda  bisa melihat Jalan Lintas Sumatera yang dipadati oleh kendaraan yang lalu lalang, menikmati keindahan Kota Sawahlunto yang seolah dibingkai oleh hamparan hijau bukit-bukit, serta menghirup udara segar yang mampu membuat bibir anda tersenyum.

Di ketinggian inilah anda bisa mengabadikan moment baik itu sendiri, bersama teman-teman maupun pasangan. Banyak, loh, pasangan yang foto berdua dengan background di atas Batu Runciang. Tidak hanya keren, namun bisa menghadirkan nuansa romantis tersendiri.

Sumber: Instagram @geoparksawahlunto

Kawasan Batu Runciang pun kerap dijadikan tempat bagus untuk wisatawan yang hobi panjat tebing. Puas-puasin, deh, di tempat ini. Seperti yang disinggung di atas beberapa batu di sana memang lebih diperuntukkan bagi mereka yang memiliki keahlian khusus alias untuk yang hobi panjat tebing.

Sumber: Instagram @geoparksawahlunto

Jika berhasil ditaklukan, tentunya akan ada rasa puas tersendiri, dong. Terlebih lagi semakin tinggi bebatuan yang dipanjat, semakin menakjubkan juga pemandangan yang terpotret dari atas bebatuan tersebut.

Oh, ya, sebagai wisatawan milenial yang cerdas, jangan lupa membuat caption yang informatif tentang Batu Runciang saat mengunggah foto hasil jepretan ke social media, ya. Supaya objek wisata ini semakin terkenal lagi.

Menurut Walikota Sawahlunto mereka menyebutkan bahwa kawasan Batu Runciang akan terus dilakukan penataan sehingga lebih banyak lagi menarik pengunjung.

Sumber: Instagram @bams_nektar

Selain itu diuraikan pula akan ada rencana pelatihan songket Silungkang di kawasan Batu Runciang. Diharapkan dari rencana pelatihan tersebut, masyarakat di kawasan ini, dapat menumbuhkan industry rumah tangga yang bisa mendukung pariwisata.

Jadi nantinya wisatawan yang berkunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan Batu Runciang saja, melainkan juga bisa membeli buah tangan Songket Silungkang yang dibuat oleh masyarakat setempat.

Wah, kita doakan semoga berjalan dengan lancar, ya. Nah, sahabat wisato.id itulah ulasan lengkap terkait Batu RunciaNg di kota Sawahlunto sumatera barat. Catat alamatnya, jika ada waktu senggang jangan lupa mampir ke tempat wisata keren ini.

Semoga bermanfaat.

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…