OUR NETWORK

Tugu Gerhana Matahari, Tugu Paling Iconic di Palu

Source Image: Instagram @nandito_tour

Provinsi Sulawesi Tengah memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik untuk dieksplore. Tidak hanya pantai, air terjun, dan danau, provinsi ini juga memiliki obyek wisata khusus yang dibuat untuk moment tertentu. Salah satunya yaitu Tugu Gerhana Matahari.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda, untuk mengenal lebih dekat dan tahu lebih banyak terkait Tugu Gerhana Matahari. Tidak perlu berlama-lama, yuk, langsung saja kita masuk pada pembahasan selengkapnya.

Maksud Pembuatan Tugu Gerhana Matahari

Sumber: Instagram @chandrikaekalarasati

Ya, Tugu Gerhana matahari memang tidak dibuat asal untuk menambah deretan panjang destinasi wisata di Sulteng, namun dibuat untuk menyaksikan sebuah moment langka saat itu. Moment gerhana matahari total yang akan melintas.

Tugu Gerhana Matahari berada di anjungan nusantara tepatnya di sekitar Pantai Teluk Palu.  Tugu ini diresmikan tanggal 9 maret 2016. Tingginya sekitar 7 meter. Pada bagian puncaknya memiliki bentuk seperti matahari.

Sumber: Instagram @vendikoagow

Adapun alasan kenapa Teluk Palu dipilih sebagai tempat dibangunnya Tugu Gerhana Matahari hal ini karena lokasi tersebut sangat strategis, dan merupakan lokasi utama untuk mengamati gerhana matahari total di Sulawesi tengah, pada tahun 2016 silam.

Bahkan, nih, saat moment langka tersebut banyak sekali wisatawan mancanegara yang datang ke Palu dan diminta untuk membubuhkan tanda tangan pada monument dalam rangka peresmian. Pada moment tersebut selain Sulawesi Tengah, gerhana matahari total juga melintasi kawasan Sumatera dan bagian selatan Kalimatan serta Maluku Utara.

Kokoh Walau Sempat di Terjang Bencana

Sumber: Instagram @ndatabee

Anda masih ingat ada peristiwa apa pada september tahun 2018 silam? Ya, bencana gempa bumi, tsunami dan likuefaksi kembali melanda Kota Palu, Sulawesi Tengah. Banyak sekali nyawa yang menjadi amukan dari bencana tersebut. setidaknya ada sekitar 55 ribu rumah hancur, dan 11 ribu unit fasilitas rusak serta 7 ribu unit lainnya hilang alias musnah disapu bencana dahsyat itu.

Palu saat itu benar-benar berduka. Kehilangan dimana-dimana menjadi tangisan tak terelakan bagi mereka yang shock akibat ditinggal oleh orang terdekat, kerugian pun juga tidak bisa dikesampingkan, banyak tempat hancur sehingga menimbulkan defisit yang tidak sedikit.

Namun tahukah anda, salah satu obyek wisata yang tidak terlalu mengalami kerusakan parah yaitu Tugu Gerhana Matahari. Tugu ini tetap berdiri kokoh. Sebagiannya memang ada yang rusak, namun tidak terlalu parah. Setelah kejadian tersebut tugu ini pun langsung diperbaiki, supaya terlihat bagus seperti semula.

Keindahan Tugu Gerhana Matahari

Sumber: Instagram @nandito_tour

Walau namanya Tugu Gerhana Matahari, namun tentu saja tidak hanya ramai dikunjungi kala fenomena alam itu muncul, ya, hihi. Hari biasa, pun tetap banyak yang mengunjunginya. Namun, biasanya puncak keramaian pengunjung terjadi di hari libur atau pun weekend.

Jadi jika anda kebetulan sedang berada di Palu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tugu ini. berfotolah bersamanya di beberapa titik spot. Hasilnya dijamin bagus dan membuat anda tersenyum. Bagikan informasi terkait tugu ini beserta alasan pembuatannya, supaya mereka yang belum tahu menjadi tahu, dan akhirnya peminat yang ingin mengunjungi Tugu Gerhana Matahari pun semakin banyak.

Di sekitaran tugu ini juga sering dijadikan tempat nongkrong. Mereka menghabiskan waktu untuk mengobrol bersama teman di tempat ini. Apalagi jika saat bulan suci Ramadhan, warga yang ngabuburit di area tugu sangatlah banyak. Ya, selain sambil menunggu langit berubah gelap, para pengunjung pun bisa sekalian berwisata kuliner. Banyak pedagang kaki lima berjualan disini. Aneka makanan dan minuman yang dijual pun dibanderol dengan harga terjangkau.

Sumber: Instagram @chafrederica

Moment ini akan terasa semakin menyenangkan, tatkala langit telah beratapkan senja dan matahari mulai meredup karena akan pulang keperduannya. Suasana di Tugu Gerhana Matahari berubah menghangat dan membawa kebahagiaan tersendiri.

Sekian ulasan mengenai Tugu Gerhana Matahari. Sebuah tugu yang sangat iconic di Palu, Sulawesi Tengah. Apabila anda sedang senang menjajal berbagai obyek wisata yang ada di Sulteng maka jangan sampai tempat wisata ini, tidak masuk list kunjungan anda, ya.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu kembali pada pembahasan tempat wisata yang lebih menarik berikutnya. Hanya di wisato.id

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…